Jenis Jenis Energi Baru Terbarukan

Ada beberapa jenis energi baru terbarukan yang saat ini menjadi angin segar bagi kita. Kebutuhan akan energi semakin lama semakin besar namun sumber energi dari bahan bakar fosil sendiri semakin menipis. Sumber energi terbarukan ini kemudian dijadikan sebagai solusi tepat untuk memberikan energi baru pada setiap kebutuhan manusia di bumi. Lalu apa saja jenis energi baru terbarukan tersebut?

Tenaga Surya

Energi pertama ini adalah tenaga surya atau sering disebut dengan tenaga matahari. Tenaga surya ini bisa mengubah energi panas matahari menjadi energi lainnya. Sinar matahari akan ditangkap dan diserap dengan menggunakan solar panel kemudian akan diubah menjadi tenaga listrik.

Tenaga Angin

Energi angin diolah menggunakan kincir angin. Kincir angin ini akan dapat mengubah energi angin menjadi energi listrik dan energi lainnya. Saat ini banyak ladang angin yang dibangun di banyak lokasi untuk menghasilkan energi listrik.

Tenaga Air

Energi air diolah menggunakan turbin atau kincir air. Biasanya nanti pengelolaannya oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air yang bisa mengubah air menjadi energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan kemudian disebut sebagai hidroelektrik.

Energi Pasang Surut

Energi terbarukan selanjutnya adalah energi pasang surut. Saat ini di negara lainnya telah banyak memanfaatkan energi pasang surut untuk menghasilkan energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk menggerakkan penggilingan gandum dan lain sebagainya.

Energi Ombak

Energi ombak sangat cocok dikembangkan di Indonesia karena banyaknya lautan yang ada di Indonesia. Energi ombak juga bisa diubah menjadi sumber listrik yang kemudian digunakan untuk mengaliri listrik ke perumahan warga.

Energi Panas Laut

Energi terbarukan yang terakhir adalah energi panas laut. Air laut sendiri mempunyai perbedaan suhu. Suhu panas dari laut ini kemudian bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan beberapa peralatan yang modern.

Pemanfaatkan energi terbarukan memang akan memberikan dampak baik bagi lingkungan. Sumber energi yang digunakan berasal dari alam sehingga dampak buruk dari penggunaan sumber energi tersebut bisa dihindari. Selain itu energi terbarukan juga jumlahnya tak terbatas sehingga sumber energi ini akan selalu tersedia bagi kita semua. Energi alternatif juga bisa mengurangi dampak pemanasan global yang saat ini membahayakan bumi kita. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis energi baru terbarukan, anda bisa mengakses situs https://www.ptpjb.com/ sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *