5 Tempat Wisata Menarik di Kota Berlin

Berlin adalah ibukota sekaligus kota terbesar di negara Jerman baik dari segi area maupun populasi penduduknya. Kota yang terletak di wilayah timur laut Jerman ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 3,7 juta jiwa yang juga menjadikannya kota terbesar di Uni Eropa. Bersama dengan Hamburg dan Bremen, kota Berlin merupakan kota yang berstatus negara bagian dalam sistem pemerintahan Jerman.

Kota Berlin merupakan salah satu tujuan wisata populer yang terkenal dengan berbagai landmark terkenal. Statusnya sebagai kota tujuan para turis membuat banyak sekali agen wisata merekomendasikan Berlin sebagai salah satu bagian dari paket wisata Eropa yang mereka tawarkan. Berikut adalah beberapa landmark kota Berlin yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara:

Gerbang Brandenburg

Brandenburg adalah sebuah monumen bergaya neoklasik yang dibangun pada abad ke 18 atas perintah kaisar Frederick William II. Pembangunannya dimulai pada tahun 1788 dan selesai 3 tahun setelahnya yaitu pada tahun 1791. Di masa lalu, Brandenburger merupakan salah satu gerbang untuk memasuki kota Berlin pada masa Kekaisaran Prusia. Sepanjang sejarahnya, gerbang ini menjadi saksi berbagai kejadian bersejarah dan sekarang menjadi simbol penting perdamaian dan persatuan di Jerman dan Eropa.

Tembok Berlin

Tembok Berlin adalah sebuah pembatas yang pada masa perang dingin memisahkan antara Berlin Barat dengan Berlin Timur sekaligus Jerman Timur. Pembuatan tembok tersebut didasari perbedaan ideologi yang membuat Jerman terpecah menjadi dua bagian pada masa setelah perang dunia kedua. Dibuat pada tahun 1961 oleh pemerintah Jerman Timur, tembok ini dirubuhkan ketika Penyatuan Jerman pada tahun 1989. Sekarang, beberapa bagian tembok masih tersisa dan diantaranya dijadikan sebagai mural yang salah satunya terkenal dengan East Side Gallery.

Museum Pergamon

Museum Pergamon adalah museum yang berada di Museumsinsel, sebuah pulau yang ada di sungai Spree di tengah kota Berlin. Pergamon dibangun pada tahun 1910 hingga 1930 dan diarsiteki oleh Alfred Messel dan Ludwig Hoffman. Koleksi museum ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Abad Kuno Akhir, bagian Timur Tengah, dan bagian Seni Islam. Disini terdapat monumen seperti Monumen Pergamon, Gerbang Ishtar, Gerbang Miletus, dan Fasat Mshatta yang direkonstruksi ulang dari bangunan aslinya. Rata-rata kunjungan di museum Pergamon tercatat lebih dari 1,1 juta kunjungan per tahun.

Berliner Dom

Katedral Berlin atau Berliner Dom adalah sebuah gereja katedral yang dibangun pada abad pertengahan tahun 1454. Berliner Dom berulang kali mengalami perombakan dari bergaya Renaissance hingga bergaya Neo-renaissance pada tahun 1905. Pada masa perang dunia kedua dan perang dingin bangunan ini ditutup dan dibuka kembali untuk umum pada tahun 1993 setelah mengalami beberapa perbaikan mayor. Para wisatawan dapat menikmati arsitektur kubah pada Berliner Dom. Organ Pipa di dalam Katedral Berlin merupakan karya dari Wilhelm Sauer, seorang pembuat organ pipa terkenal di Jerman.

Reichstag

Salah satu tempat bersejarah sekaligus tempat wisata menarik di kota Berlin adalah Reichstag. Gedung ini awalnya dibangun sebagai tempat untuk sidang parlemen kekaisaran Jerman. Reichstag dibangun pada tahun 1884 dan selesai pada 1894 yang diarsiteki oleh Paul Wallot. Parlemen Kekaisaran Jerman menggunakan gedung tersebut hingga tahun 1933 ketika akhirnya bangunan ini terbakar. Renovasi besar dilakukan tahun 1961-1964 dan 1992-1999 sebelum akhirnya dibuka untuk umum. Wisatawan bisa memasuki Reichstag secara gratis dan melihat pemandangan kota dari bagian kubah kaca di atas gedung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *