Bagaimana Caranya Menjadi Seorang SEO Specialist?

Siapa pun yang telah merambah dunia pemasaran digital setidaknya pernah berpikir tentang bagaimana caranya menjadi seorang ahli SEO? Jika anda membaca artikel ini, kemungkinan Anda juga ingin menjadi seorang SEO Specialist. 

Kadang-kadang orang yang tertarik mempelajari Search Engine Optimization (SEO) kewalahan dengan banyaknya konsep yang harus dikuasai untuk menjadi seorang ahli. Menjadi pakar SEO adalah proses yang cukup rumit, tetapi sebenarnya tidak harus seperti itu.

Untuk menghemat berjam-jam, berhari-hari, dan berminggu-minggu dalam menemukan konten berkualitas untuk menjadi spesialis SEO, Anda hanya perlu belajar dengan tepat. 

Apa itu Pakar SEO?

Seperti istilahnya, pakar SEO adalah seseorang yang ahli dalam seluk beluk cara kerja SEO dan cara menggunakannya untuk meningkatkan pengenalan brand di mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Yandex.

Biasanya, spesialis SEO menggunakan kemampuan mereka untuk membuat Jasa SEO Jakarta, bergabung dengan proyek freelance untuk membantu perusahaan meraih pengguna melalui mesin pencari. SEO Specialist juga telah menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. 

Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang profesional SEO?

Apakah seorang SEO Specialist harus bisa pemrograman web? Itulah salah satu pertanyaan yang sering diajukan orang awam. Mendalami dunia SEO, Anda akan menyadari bahwa bekerja dengan SEO lebih dari sekadar menambahkan kata kunci dan mengoptimalkan tag meta di situs web. 

SEO mencakup banyak hal baik on page maupun off page, dari penulisan konten sampai struktur sebuah website. SEO Specialist juga harus terus mengimprove website yang dipegangnya agar semakin baik setiap harinya seperti kecepatan loading dan lain-lain. 

Mengapa Anda harus menjadi Ahli SEO?

Anda dapat meningkatkan traffic situs web Anda dan meningkatkan peringkat SERP di Google.

Inti dari menjadi ahli SEO adalah mengetahui bagaimana membuat situs web Anda lebih ramah terhadap mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Semakin tinggi peringkat SERP, semakin tinggi peluang konversi dan penjualan.

Sebenarnya, Anda dapat menyewa agensi atau jasa seo bulanan untuk menangani SEO situs web Anda. Tetapi selalu menyenangkan dan lebih worth it bila memiliki SEO internal yang dapat membantu bisnis Anda berkembang. 

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tetapi juga mengurangi ketergantungan Anda pada bantuan dari pihak luar.

Mempelajari SEO tidak memerlukan biaya yang mahal

Meskipun sangat penting, mempelajari SEO tidak membutuhkan banyak biaya. Ini sangat membantu bagi orang-orang yang baru dalam dunia pemasaran digital, atau mahasiswa yang baru lulus yang ingin menambahkan keterampilan baru ke profil mereka sebelum memasuki dunia kerja.

Anda tahu apa yang harus dicari saat mempekerjakan seseorang untuk SEO

Akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami strategi SEO dan istilah pemasaran digital lainnya jika Anda sendiri adalah pakar SEO. Karena itu, mempekerjakan eksekutif SEO lain atau agen SEO untuk menangani SEO situs web Anda juga menjadi langkah mudah.

Seringkali manajer pemasaran pandai membuat konten dan mempromosikannya tetapi mereka tidak begitu paham dengan cara kerja SEO. Belajar SEO sendiri, Anda akan memiliki keuntungan tambahan sebagai manajer pemasaran dan mengelola tim Anda dengan lebih baik.

Bagaimana cara menjadi Pakar SEO?

1. Mempelajari cara kerja mesin pencari

Untuk menjadi ahli SEO, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja mesin pencari. Bahkan jika Anda mungkin mengetahuinya, perbaiki konsep dasar Anda dan kemudian perlahan-lahan dapatkan aspek SEO yang lebih menantang.

Lihat Panduan SEO ini untuk mempelajari cara kerja mesin telusur seperti Google.

2. Memahami dasar-dasar dan istilah SEO

Setelah Anda memahami cara kerja mesin pencari, selanjutnya Anda harus mempelajari berbagai faktor peringkat SEO. Pelajari terminologi SEO, apa yang diharapkan dari SEO, dan biasakan diri Anda dengan berbagai alat pemasaran mesin pencari dan SEO.

Lihat panduan glosarium ini dari Jurnal Mesin Pencari dengan hampir 200 istilah SEO paling umum yang perlu Anda ketahui.

3. Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya?

Sekarang kita sampai pada bagian penting dari SEO yang tentunya lebih dari sekedar kata kunci dan backlink. Sasaran dengan SEO tidak hanya untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas tetapi juga memberikan pengunjung Anda kunjungan yang sepadan dengan waktu mereka. Pengalaman pengguna yang hebat akan membuat orang datang kembali untuk lebih.

4. Cara belajar SEO dengan cara yang benar

Internet penuh dengan pakar SEO yang mengaku dirinya membanjiri ruang online dengan praktik SEO yang tidak terlalu terbaik. Kebanyakan orang yang belajar SEO sendiri menyerah karena banyaknya blog dan artikel untuk dibaca.

Untuk membantu Anda menghindari kesalahan yang saya buat saat belajar SEO, saya telah menyusun daftar Blog SEO Terbaik untuk belajar SEO dan meninjau beberapa kursus dan panduan paling terkemuka sehingga Anda dapat belajar SEO dengan cepat.

5. Menggunakan Alat SEO yang tepat

SEO bukanlah permainan untuk seseorang yang tidak percaya pada data. Dalam praktiknya, Anda akan terbiasa dengan mencari keyword yang tepat, melihat seberapa tinggi volumenya, dan siapa saja yang menjadi pesaing Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu dibekali dengan tools SEO seperti Ahrefs, SEMRush dan lain sebagainya. Jika Anda belum memiliki dana yang cukup, carilah tools gratis untuk membantu pekerjaan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *