Ternyata Inilah Bahan Pembuat Plastik

bahan pembuat plastik

Plastik pasti sering kita jumpai setiap harinya, dan sering digunakan setiap hari pula. Namun taukah kalian bahan-bahan untuk membuat plastik yang sering kita jumpai? Nah, artikel kali ini akan membahas apa saja sebenarnya bahan pembuat plastik dan campuran apa saja yang ada didalamnya.

Bahan Pembuat Plastik

Bahan Pembuat Plastik

Plastik merupakan produk yang dibuat dari berbagai bahan mineral dan organis seperti batu kapur, minyak bumi, gas alam, silica, dan belerang. Tentu saja pada saat proses pembuatan terjadi akan ada beberapa proses lainnya seperti penambahan zat pewarna untuk memberi warna, pelarut, pelumas, atau pun pengisi.

Banyaknya bahan tambahan dan panjangnya proses pembuatan plastik itu sendiri dilakukan untuk menekan harga, meningkatkan keelastisan, kekuatan, dan juga kelenturan. Hal itu tentu akan membuat plastik sulit terurai didalam tanah.

Proses daur ulang plastik sangat perlu dilakukan untuk melestarikan lingkungan. Untuk membantu proses daur ulang plastik tersebut bisa menggunakan mesin pencacah plastik yang tersedia dan dapat dipesan di Rumah Mesin. Dengan bantuan mesin tersebut tentu akan lebih mengefisiensi waktu daur ulang menjadi lebih cepat.

Baca Juga : Usaha Frozen Food Rumahan

Macam Bahan Pembuat Plastik

macam bahan pembuat plastik

1. Bahan Termoseting

Bahan ini merupakan bahan yang punya daya tahan terhadap panas, sehingga sulit untuk meleleh. Termoseitng memiliki kelebihan lain, yaitu bisa dan gampang dibentuk karena mempunyai ikatan silang.

Akan tetapi, bahan ini memiliki kekurangan, karena bahan ini akan sulit untuk disambung kembali ketika sudah tercetak dan pecah. Jika memaksakan untuk dibentuk kembali, bahan ini akan lepas dari ikatan silangnya.

Sifat-sifat dari bahan ini antara lain: Tahan terhadap asam ataupun basa, mudah meleleh jika dipanaskan, pecah jika dibentuk kedua kalinya, kaku dan mudah patah.

Contoh dari Bahan Termoseting :

  • Phenol

Memiliki sifat yang kuat menjadikan bahan ini mudah patah, namun awet dan bisa tahan lama. Produk hasil jadi dari phenol adalah gagang pisau, tutup botol, TV, radio, dan lain sebagainya.

  • Resin Amino

Bahan ini biasa digunakan untuk pemotong sambungan listrik, peralatan listrik lainnya, juga perkakas rumas tangga.

  • Resin Furan

Siapa sangka, bahan yang satu ini dihasilkan dari limbah seperti halnya biji kapas, sepah jagung, dan  lain-lain. Bahan ini digunakan sebagai campuran guna mengeraskan adonan plastik.

  • Silikon

Untuk bahan yang satu ini, pasti kalian sudah sangat sering mendengarnya. Bahan ini digunakan untuk banyak produk karena sifatnya yang sangat elastis dan tahan terhadap suhu dalam jangka waktu yang lama.

  • Ekposida

Bahan ini biasa digunakan sebagai pelindung, seperti halnya pelindung kabel listrik dan bahan campuran cat. Jika diawetkan, bahan ini akan menjadi sangat stabil dan memiliki dimensi yang sangat baik.

Plastik Termoplastik

Sama seperti namanya, bahan ini memang menjadi bahan lain dari plastik selain termoseting. Sayangnya, bahan ini tidak tahan terhadap panas. Bahan ini mudah meleleh dan membeku. Kelebihannya adalah, bahan ini bisa dibuat untuk berbagai macam produk yang berbeda, tergantung dari peleburannya. Bahan ini juga bisa dicetak kembali dengan meleburkannya lagi.

Sifat-sifat yang dimiliki oleh bahan termoplastik adalah: tidak tahan terhadap suhu tinggi atau rendah (meleleh jika dipanaskan dan membeku jika diidnginkan), mudah larut dengan pelarut yang sesuai, struktuk molekulnya bercabang, memiliki titik leleh rendah, dan dapat didaur ulang.

Contoh dari Bahan Termoplastik :

  • Selulosa

Bahan ini diproduksi dari hasil serat kapas dan kayu. Bahan yang cenderung kuat digunakan untuk membuat mainan anak dan perkakas rumah.

  • Polietilen

Bahan ini kedap terhadap air, fleksibel, dan bisa diberi warna. Oleh karena sifatnya, bahan ini digunakan untuk selang air, dot dan botol bayi, pencuci film, dan lain sebagainya.

  • Karet Sintetis

Bahan ini biasa digunakan sebagai sol sepatu, selang, hak sepatu, dan lapisan pelindung. Hal ini dilakukan karena karet sintetis memiliki karakteristik yang tahan terhadap panas (sinar matahari), cairan bumi seperti bensin dan solar.

  • Resin Akrilik

Resin akrilik merupakan bahan yang bisa menembus cahaya dengan baik, mudah dibuat, dan tahan terhadap kelembaban. Bahan ini bisa digunakan sebagai jendela pesawat, alat kecantikan, dan pintu.

Uraian di atas hanyanya sebagian dari bahan pembuat plastik. Masih ada banyak sekali bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat plastik. Untuk itu, selalu simak artikel kami untuk melihat banyak info menarik lainnya. semoga membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *