Beberapa Tempat Menarik Untuk Dikunjungi Di Venesia

Venesia yang terletak di timur laut Italia merupakan sebuah kota yang dipenuhi dengan berbagai tempat yang menarik. Kota yang terkenal dengan kanalnya ini saling terhubung dengan lebih dari 400 jembatan yang tersebar di penjuru kota. Selain itu, untuk transportasi di dalam kota, Venesia mengandalkan sistem transportasi air yang sangat terkenal yaitu gondola serta perahu lainnya.

Karena banyak tempat menarik disini, mungkin cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan mengelilingi kota sambil menikmati suasana kota yang romantis. Hampir setiap sudut kota yang terdapat banyak kanal ini, wisatawan bisa mendapatkan berbagai hal yang layak diabadikan dalam foto. Selain itu berbagai bangunan indah dengan arsitektur bergaya Renaissance menambah keindahan kota Venesia ini.

Berikut adalah beberapa tempat menarik yang ada di kota Venesia:

Basilika San Marco

Basilika San Marco merupakan sebuah gereja katedral bergaya gothic dan byzantium yang berada di kota Venesia, Italia. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1063 dan saat ini menjadi tempat kedudukan dari Keuskupan Agung Venesia. Gereja katedral ini juga merupakan landmark terkenal kota Venesia yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi turis dari mancanegara.

Grand Canal

Grand Canal atau Kanal Besar Venesia juga merupakan salah satu objek wisata menarik yang ada di kota ini. Kanal ini merupakan salah satu pintu masuk utama kota Venesia yang dilalui berbagai transportasi air termasuk gondola. Di sepanjang kanal terdapat lebih dari 170 bangunan indah yang berasal dari abad ke 13 hingga abad ke 18.

Piazza San Marco

Piazza San Marco adalah alun-alun utama dari kota Venesia yang juga dikenal dengan julukan ruang tamu kota Venesia. Alun-alun ini merupakan tempat berkumpulnya berbagai kegiatan seperti berkumpul, berkeliling, duduk santai, atau hanya sekedar lewat. Tempat ini dikelilingi oleh berbagai bangunan yang menarik termasuk Basilika San Marco di sebelah barat serta Istana Doge.

Istana Doge

Istana Doge juga merupakan salah satu landmark utama dari kota Venesia yang berada di sekitar Piazza San Marco. Pada masa lalu, istana yang dibangun pada tahun 1340 ini berfungsi sebagai tempat tinggal Doge yang memimpin Republik Venesia. Saat ini, istana Doge menjadi sebuah museum yang menyimpan berbagai barang peninggalan dari zaman Republik Venesia.

Jembatan Rialto

Jembatan Rialto adalah sebuah jembatan yang membentang diatas Grand Canal sepanjang 31,8 meter dan lebar 22,9 meter. Proses pembangunan jembatan ini memakan waktu 3 tahun dari tahun 1588 hingga tahun 1591 dan telah mengalami beberapa kali pemugaran. Ponte de Rialto atau jembatan Rialto dalam bahasa Italia adalah salah satu daya tarik wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Lido di Venesia

Lido di Venesia merupakan pulau penghalang yang merupakan kawasan kota Venesia dan berada di laguna Venesia, Italia. Pulau ini menjadi rumah bagi sekitar 20 ribuan penduduk Venesia yang di masa lalu menjadi sebuah markas militer. Sekarang pulau ini menjadi tempat populer yang banyak didatangi serta menjadi tempat penyelenggaraan festival bergengsi yaitu Festival Film Venesia.

Accademia

Accademia atau dikenal dengan Gallerie dell’Accademia adalah sebuah museum dan galeri seni pra-abad ke 19 di kota Venesia. Museum ini berlokasi di dekat Grand Canal dan menyimpan berbagai koleksi lukisan dari abad ke 15 hingga abad ke 18. Salah satu koleksi yang disimpan disini adalah karya dari pelukis terkenal Leonardo da Vinci yang berjudul Vitruvian Man.

Ketujuh tempat tersebut merupakan sebagian dari beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Venesia. Disamping itu, liburan ke Venesia semakin mudah dengan berbagai paket wisata Eropa yang ditawarkan oleh banyak agen travel dan wisata. Beragam paket ditawarkan dengan akomodasi dan transportasi yang lengkap yang membuat berlibur menjadi lebih terencana dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *