Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah

Tidak ada yang bisa menolak kacang mete goreng. Pastinya, tidak semua orang pandai untuk mengetahui takaran pas cara goreng mete gurih dan renyah. Namun sebelum itu, apa kamu tau kalau manfaat kacang mete dapat membantu mengurangi peradangan dan menawarkan perlindungan dari penyakit.

Kacang mete bisa diolah dengan cara digoreng maupun dipanggang. Jika tidak memiliki oven, menggorengnya merupakan cara termudah untuk menikmatinya. Tetapi berhati-hatilah jika kamu tidak tau cara goreng kacang mete. Karena kacang mete mudah gosong dan kurang renyah jika tak digoreng dengan benar.

Berikut Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah

1. Rendam Dalam Air Hangat

Sebelum diolah kacang mete harus direndam terlebih dahulu. Karena dengan proses perendaman dapat membantu menghilangkan getah pada kacang mete. Rendamlah kacang mete menggunakan air hangat dan garam selama 15-30 menit. Setelah proses perendaman, angkat dan tiriskan kacang mete lalu diamkan sampai kering.

2. Sangrai Dulu

Dengan cara menggoreng kacang mete tanpa minyak, dapat membuat kacang mete menjadi lebih harum, renyah, dan tahan lama. Disaat menggoreng gunakan api kecil saat menyangrainya agar kacang mete tidak mudah gosong.

3. Bumbui Agar Lebih Gurih

Untuk menambah cita rasanya, kacang mete bisa kamu taburi bumbu sederhana, Kamu bisa membumbuinya dengan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan supaya rasanya lebih gurih.  Jika kamu ingin dengan cita rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabai kering sesuai selera.

4. Dinginkan Sebelum Digoreng

Jika sudah menyangrainya, jangan terburu-buru untuk menggoreng atau dicampur dengan bahan lainnya. Karena kacang mete yang masih panas mudah gosong ketika digoreng atau dipanggang langsung.  Sebaiknya dinginkan terlebih dulu di suhu ruangan supaya kacang mete lebih renyah dan tidak gosong.

5. Goreng Pada Minyak Panas  

Gunakan minyak yang panas dengan jumlah banyak untuk menggoreng kacang mete agar matang merata. Untuk mengetahui kepanasan minyak, cobalah untuk masukkan spatula kayu ke dalam minyaknya. Jika muncul gelembung, berarti minyak itu sudah siap untuk digunakan.  Kacang mete bisa digoreng dalam waktu lima menit. Jangan terlalu lama supaya tidak gosong

6. Tiriskan

Setelah digoreng, kacang mete harus ditiriskan terlebih dahulu. Kamu bisa meniriskannya dalam wadah yang sudah dialasi tisu dapur atau kertas minyak.  Pastikan kacang mete sudah dingin dan kering dari minyak agar tidak mudah melempem dan bau tengik saat disimpan.

Berikut Beberapa Kreasi Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah

1. Resep Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah (Bawang)

cara goreng mete gurih dan renyah

Berikut adalah resep kacang mete bawang disertai dengan cara goreng kacang mete gurih dan renyah

Bahan:

  • 500 gram kacang mete
  • 4 sendok teh bawang putih bubuk
  • garam secukupnya
  • Air

Cara Goreng Mete:

  1. Cuci hingga bersih kacang mete dengan menggunakan air hangat kemudian buang airnya
  2. Masukkan bawang putih bubuk dan garam ke dalam kacang mete. Aduk hingga tercampur merata
  3. Tambahkan air hangat hingga semua kacang terendam air. Diamkan selama 20 menit lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak di wajah menggunakan api kecil. Jika api sudah panas lalu goreng kacang mete. Api yang digunkan hanya api kecil saja agar tidak mudah gosong .
  5. Goreng sambil diaduk sesekali. Pada awal menggoreng kacang mete memang masih terasa empuk bila diaduk. Tetapi, lama kelamaan akan menjadi keras dengan ditandai bunyinya yang nyaring ketika diaduk.
  6. Menggorengnya tidak perlu sampai berwarna golden brown. Cukup berwarna kekuningan saja karena proses pematangan masih berlanjut hingga kacang dingin. Jika sudah agak keras dan kekuningan kacang mete sudah bisa kamu angkat untuk ditiriskan.
  7. Jika sudah ditiriskan langsung diletakkan di atas kertas atau tissue hingga semua minyak terserap dan kering.
  8. Saat minyak sudah terserap dan kacangt sudah dingin, kacang mete bisa disimpan di tempat yang sudah disiapkan. Begitulah cara menggoreng kacang mete agar matang merata dengan tambahan rasa bawang.

2. Resep Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah (Original)

cara goreng mete gurih dan renyah

Tidak semua orang menyukai rasa kacang mete dengan tambahan rasa dan lebih menginginkan rasa aslinya. Berikut adalah resep sekaligus cara menggoreng kacang mete dengan rasa original

Bahan:

  • 1 kg kacang mete mentah
  • Garam
  • Air panas

Cara Goreng Mete:

  1. Cuci kacang mete mengguakan air biasa. Letakkan dalam wadah yang tahan panas. Tuangkan air panas dan 1 sdm garam. Diamkan 15 menit dan tiriskan. Kemudia, siram kembali kacang mete menggunakan air panas lagi lalu tiriskan dan biarkan hingga dingin. Hal ini bertujuan karena air panas berfungsi membuang getah kacang mete yang bisa menyebabkan gatal di mulut atau tenggorokan. Kemudian rendam kacang mete menggunakan air biasa kurang lebih 500 ml dan garam 1 sdm atau sesuai selera dalam waktu 1 jam agar meresap. Apabila bumbu sudah meresap,  kemudian tiriskan kacang mete kurang lebih 30 hingga 45 menit.
  2. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng, masukkan kacang mete. Teknik menggoreng kacang mete agar matang merata yaitu kacang mete harus terendam minyak. Kecilkan api selama menggoreng, jangan lupa aduk-aduk supaya matangnya merata. Goreng kacng sampai berwarna kecoklatan. Angkat, kemudian taruh kacang mete pada tisu agar minyaknya meresap. Apabila kacang mete sudah dingin segera masukkan ke dalam wadah tertutup.

3. Resep Cara Goreng Mete Gurih Dan Renyah (Pedas Manis)

cara goreng mete gurih dan renyah

Kalau ini resep kacang mete pedas manis

Bahan:

  • 500 gram kacang mete
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sdm gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 2 buah putih telur
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Goreng Mete:

  1. Sebelumnya cuci bersih terlebih dahulu kacang mete, kemudian tiriskan dan tepuk-tepuk dengan tisu sampai tidak basah lagi.
  2. Lembutkan bawang putih, dan cabai kemudian campurkan dengan putih telur, gula serta garam. Kemudian aduk bersama dengan kacang metenya.
  3. Diamkan semalaman dengan keadaan digelar atau tidak saling bertumpuk
  4. Goreng dalam minyak menggunakan api sedang hingga matang
  5. Angkat dan tiriskan agar minyak tersaring
  6. Tunggu hingga benar-benar dingin sampai bisa disimpan di toples

Sekian penjelasan mengenai cara goreng mete gurih dan renyah. Semoga bisa membantu, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *