Cara Membuat Es Kopi Kekinian Mudah dan Enak

Es kopi saat ini mulai banyak diminati, tidak hanya kopi panas saja. Hal itu dibuktikan banyaknya kedai kopi yang menjual es kopi. Namun jika kamu ingin membuatnya sendiri, jangan khawatir karena cara membuat es kopi kekinian sangat mudah. Simak terus artikel ini, ya.

Kopi memang menjadi minuman favortit bagi banyak orang. Hal itu disebabkan oleh rasa kopi yang nikmat juga aromanya yang sangat harum dan menggugah selera. Minuman kopi dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti latte, kopi hitam, cappuccino, americano, frappuccino, dan masih banyak lagi.

Kopi sangat cocok jika dicampurkan bersama susu, apalagi ditambah dengan es batu yang akan membuatnya menjadi segar. Susu yang manis dan creamy akan memberikan cita rasa sendiri pada minuman kopi.

Tekstur kopi sangat keras. Untuk mengolahnya, bisa menggunakan mesin pengolah kopi. Selain tidak perlu repot repot dalam mengolah kopi, tentunya akan jauh lebih mudah dan menghemat waktu. Kamu bisa mendapatkan mesin pengolah kopi tersebut di Rumah Mesin.

5 Cara Membuat Es Kopi Kekinian

cara membuat es kopi kekinian

Kopi bisa diminum dalam 2 kondisi, yaitu panas dan dingin. Keduanya sama sama nikmat. Es kopi kadang disukai dan banyak diminum saat siang hari. Daripada membelinya ke kadai kopi, alangkah baiknya jika kamu membuat sendiri es kopi di rumah. Cara membuat es kopi kekinian sangat mudah, lho. Bahan bahannya pun juga sederhana.

Selain bisa menyesuaikan dengan seleramu masing masing, membuat es kopi di rumah tentu saja juga akan menghemat budgetmu. Baiklah, berikut di baawah ini saya akan membagikan 5 resep cara membuat es kopi kekinian.

1. Es Kopi Jeli

Resep es kopi kekinian pertama yang akan kita bahas adalah es kopi jeli. Nikmatnya rasa kopi yang dingin dipadukan dengan jeli rasa kopi yang kenyal tentunya akan memberikan rasa dan sensasi tersendiri dalam meminum minuman kekinian ini. Es kopi jeli sangat mudah dibuat. Di bawah ini adalah cara membuat es kopi jeli.

Bahan Bahan:

  • 1 bungkus jeli bubuk rasa kopi
  • 1500 ml air
  • 700 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram kopi bubuk tanpa ampas
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harys kamu lakukan dalam membuat es kopi jeli adalah menuangkan kopi bubuk dan gula pasir dalam gelas. Setelah itu seduh dengan air panas sebanyak 1,5 liter.
  2. Bagi menjadi 2 bagian dalam elas yang berbeda. Sisihkan 1 gelas untuk dibiarkan dingin dan disimpan ke dalam kulkas.
  3. Sementara untuk gelas satunya lagi, tuangkan isinya dalam panci, lalu masukkan bubuk jeli dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  4. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam suatu wadah dan tunggu hingga jeli kopi mengeras. Jika sudah, potong potong bentuk dadu dengan ukuran yang kecil.
  5. Siapkan segelas kopi yang sudah dikulkas. Masukkan secukupnya jeli kopi ke dalamnya. Dilanjutkan dengan es batu. Kemudian tuangkan susu cair secara perlahan.
  6. Es kopi jeli siap disajikan.
2. Es Kopi Melaka

Jika biasanya membuat kopi menggunakan gula pasir, bagaimana jika suatu kopi menggunakan gula aren sebagai pemanisnya? Pastinya rasanya legit dan tak kalah nikmat dengan kopi yang menggunakan gula pasir.

Selain kedua bahan itu, pada es kopi Melaka juga menggunakan susu sebagai bahan tambahannya sehingga akan memberikan rasa yang creamy pada es kopi ini. Jika kamu tertari untuk mencoba membuatnya, jangan khawatir karena sangat mudah. Berikut akan saya bagikan resep cara membuat es kopi Melaka.

Bahan Bahan:

  • 2 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas
  • 1 ½ sendok makan gula aren cair
  • 200 ml susu cair
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Seduh 2 sendok teh kopi bubuk bersama dengan air panas sedikit saja untuk melarutkan kopi tersebut.
  2. Setelah itu, tambahkan gula aren cair, aduk aduk.
  3. Masukkan es batu secukupnya agar dingin.
  4. Terakhir, tuangkan susu cair ke dalam gelas.
  5. Es kopi Melaka siap disajikan.
3. Dalgona Coffee Dingin

Dalgona coffee dingin memang sempat viral akhir akhir ini. Selain karena rasanya yang enak dan nikmat, penyajiannya juga sangat menarik. Kamu bisa, lho membuat dalgona coffee sendiri di rumah. Karena selain mudah dibuat, dalgona coffe hanya membutuhkan bahan bahan seperti kopi bubuk, susu cair, gula pasir, dan air panas. Langsung saja ini dia cara membuat dalgona coffee dingin.

Bahan Bahan:

  • 2 sendok makan kopi instan tanpa ampas
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan air panas
  • 200 ml susu cair dingin

Cara Membuat:

  1. Pertama tama siapkan 2 sendok makan kopi bubuk dan gula pasir dalam mangkuk. Tuangkan air panas sedikit.
  2. Gunakan sendok untuk mengocok larutan tersebut selama beberapa menit hingga mengembang dan berbentuk busa atau krim yang lembut dan tidak tumpah jika mangkuk tersebut dibalik. Jika kamu tidak ingin ribet, kamu juga bisa menggunakan mixer untuk mengaduknya. Selain cepat, mixer juga akan mempermudah kita.
  3. Tuangkan 200 ml susu cair dingin ke dalam gelas.
  4. Tuangkan juga krim kopi yang sudah kita buat dati diatasnya. Lakukan dengan hati hati agar hasilnya lebih cantik.
  5. Dalgona coffe dingin siap disajikan.
4. Es Cappuccino Cincau

Cappuccino juga merupakan salah satu variasi minuman kopi yang banyak sekali dijual. Kamu bisa menemuinya dengan mudah di kedai kedai kopi seperti Starbuck atau yang lainnya. Namun pada resep kali ini kita akan menambahkan cincau ke dalam es kopi cappuccino ini. Cara membuatnya hampir sama dengan es kopi jeli yang menambahkan potongan jeli ke dalam minuman kopi, hanya saja kali ini diganti dengan potongan cincau.

Kopi yang segar dan nikmat bersatu dengan cincau yang kenyal dan segar. Wow, pasti rasanya enak sekali. Kamu tertarik untuk mencobanya? Tenang saja karena kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Berikut ini adalah resep cara membuat es cappuccino cincau.

Bahan Bahan :

  • 50 gram cincau hitam
  • 1500 ml air panas
  • 1/2 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas
  • 3 sendok makan susu kental manis putih
  • Es batu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama dalam membuat es cappuccino cincau ini adalah menyeduh 1/2 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas dengan 150 ml air panas dan diaduk aduk agar kopinya larut. Sisihkan dan diamkan hingga kopi menjadi dingin.
  2. Selanjutnya tambahkan 3 sendok makan susu kental manis putih ke dalam gelas kopi, aduk aduk agar larut.
  3. Siapkan 50 gram cincau hitam. Potong dadu kecil kecil atau serut cincau tersebut.
  4. Tambahkan es batu dan juga cincau ke dalam gelas.
  5. Es cappuccino cincau siap disajikan.
5. Cold Brew Coffee

Resep es kopi kekinian terakhir yang akan kita bahas adalah cold brew coffe. Minuman ini terbuat dari bahab bahan yang sederhana yaitu kopi bubuk, air, es batu, dan gula cair. Cara membuatnya pun sangat mudah, lho.

Cold brew coffee ini sangat cocok untuk kamu nikmati pada siang hari dimana matahari sedang panas panasnya. Kopi yang dingin bisa langsung menyegarkan kembali tenggorokanmu. Jika kamu tertarik membuatnya, sangat mudah kok. Berikut ini adalah resep cara membbuat cold brew coffee.

Bahan Bahan:

  • 2 sendok teh kopi
  • 200 ml air
  • Gula cair sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama dalam membuat cold brew coffee adalah melarutkan kopi bubuk ke dalam 200 ml air, aduk aduk hingga terlarut.
  2. Kemudian tuangkan larutan tersebut ke dalam botol kaca lalu simpan ke dalam lemari es selama 12 hingga 16 jam. Hal tersebut berfungsi agar rasa kopinya lebih kuat.
  3. Jika sudah 12 hingga 16 jam, langkah selanjutnya adalah menyaring larutan kopi tersebut agar tidak tercampur dengan ampas kopi.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan beri gula cair sesuai selera, aduk aduk agar tercampur rata.
  5. Cold brew coffee siap disajikan.

Itu dia 5 resep cara membuat es kopi kekinian. Sangat mudah semua cara membuatnya. Es kopi memang paling nikmat diminum saat siang atau malam hari. Meskipun rasanya sangat nikmat, perlu diingat untuk membatasi minum kopi, terutama di malam hari karena kopi mengandung kafein yang bisa membuat kita tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *