Cara Membuat Jus Jeruk Nipis Yang Enak Dan Kaya Manfaat

cara membuat jus jeruk nipis

Cara membuat jus jeruk nipis sangat mudah dan bahan yang diperlukan sangat sederhana. Buah jeruk biasanya dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Tetapi tidak semua jenis jeruk bisa dijadikan jus. Buah jeruk jenis yang satu ini biasanya di olah sebagai campuran sambal atau pengganti cuka atau bisa juga dibuat jus jeruk seperti yang ada di angkringan.

Jus jeruk nipis memang mempunyai banyak manfaat terutama buat yang sariawan. Buah jeruk nipis mempunyai rasa yang lebih masam dari jenis jeruk yang lainnya sehingga dapat mengobati dan memcegah sariawan. Berikut ini cara membuat jus jeruk nipis sederhana yang enak dan menyehatkan bagi tubuh anda.

Cara Membuat Jus Jeruk Nipis

cara membuat jus jeruk nipis

Bahan – Bahan :

Cara Membuat Jus Jeruk Nipis :

  1. Jeruk nipis di potong menjadi dua dan satu belahan di peras untuk di ambil airnya.
  2. Siapkan gelas dan tuangkan gula cair kedalamnya, kemudian isi dengan es batu secukupnya
  3. Air perasan jeruk nipis di siramkan ke atas es dalam gelas
  4. Isi gelas dengan air matang hingga mendekati bibir gelas
  5. Diamkan sejenak hingga dingin dan aduk-aduk perlahan hingga gula menyatu dengan air
  6. Minuman Es jeruk nipis siap di konsumsi

Selain dapat di jadikan sebagai minuman yang menyehatkan. Jeruk nipis mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali. Berikut ini beberapa manfaat dari jeruk nipis yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anda.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1. Meremajakan Kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen. Minum air jerus nipis juga dapat menghidrasi tubuh dan meremajakan kulit. Namun tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit Anda.

2. Meningkatkan Pencernaan

Perasan air jeruk nipis bersifat asam, sehingga dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan.

Keasaman pada jerus nipis juga dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus, sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Selain itu, dua kandungan tersebut juga dapat mempersingkat durasi suatu penyakit.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah membantu mengatur berat badan. Kandungan asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Anda dapat meminum air jeruk nipis setiap pagi atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Menurunkan kadar gula darah

Jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes unutuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat jeruk nipis dapat mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

6. Menyehatkan Jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat di jeruk nipis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Jeruk nipis juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Senyawa limonin pada jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar kolesterol

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari jeruk nipis, jika anda ingin memaksimalkan manfaat dari jeruk nipis. Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan di buat menjadi jus jeruk nipis untuk menjaga tubuh anda dari serangan berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *