Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa Yang Mudah

cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa

Cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa sangatlah mudah, bahan-bahan yang digunakan juga terbilang sangat mudah untuk ditemukan. Selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan kerajinan ini bisa dikatakan cukup murah.

Ada banyak barang yang bisa dihasilkan dari olahan sabut kelapa. Salah satunya adalah cocopot atau pot untuk tempat tumbuhan. Bentuk dari kerajinan pot dari sabut kelapa ini juga banyak macamnya. Biasanya kerajinan pot ini digunakan untuk tanaman hias.

Sebelum masuk ke cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa, sebaiknya kita ketahui dahulu apa saja manfaat dari sabut kelapa. Karena sabut kelapa memiliki beragam manfaat yang baik dalam kehidupan sehari hari. Apa sajakah itu?

Manfaat Sabut Kelapa Di Dalam Kehidupan Sehari-hari

cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa

Ada beberapa manfaat sabut kelapa dalam kehidupan sehari-hari, apa sajakah itu? yuk simak dibawah ini!

1. Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki unsur hara dan juga kandungan mineral yang terbilang cukup lumayan tinggi dan baik untuk pertumbuhan tanaman. Sehingga sabut kelapa sangat di anjurkan untuk diolah menjadi sebuah pupuk organik.

Apalagi pupuk organik yang terbuat dari sabut kelapa memberikan 60% air lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa. Pupuk organik ini sangat di rekomendasikan untuk daerah yang memiliki curah hujan rendah, atau di daerah yang sedang mengalami kekeringan.

2. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Ya manfaat sabut kelapa yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita semua, yaitu sebagai bahan dasar kerajinan. Ada banyak macam kerajinan dari sabut kelapa yang bisa kita buat selain pot bunga.

Di setiap daerah biasanya kerajinan yang dihasilkan akan berbeda-beda. Sehingga olahan kerajinan dari sabut kelapa menghasilkan berbagai macam kerajinan yang unik di berbagai daerah. Jenis kerajinan sabut kelapa yang biasanya disukai banyak orang adalah, dompet, tas, serta souvenir untuk dijadikan pajangan dan oleh oleh.

3. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Pada masa sekarang briket juga bisa dibuat dari bahan sabut kelapa. Dan mungkin kita akan merasa asing jika briket berasal dari bahan sabut kelapa. Karena briket yang menggunakan bahan utama sabut kelapa, memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan.

Serta pembuatan briket dengan sabut kelapa akan menekan biaya pembuatan, karena untuk biaya produksi briket sabut kelapa jauh lebih murah dibandingkan dengan briket dari batubara.

Cara membuat briket sabut kelapa juga terbilang cukup mudah, karena prosesnya hampir serupa dengan cara membuat briket dengan bahan tempurung kelapa.

4. Sabut Kelapa Sebagai Penyaring Air Sederhana

Salah satu manfaat penting dari sabut kelapa adalah sebagai alat untuk membantu penyaringan air secara sederhana. Tekstur dari sabut kelapa yang berserat, dapat membantu proses untuk penyaringan air.

Tetapi untuk mendapatkan air yang bersih, kita membutuhkan sebuah proses yang harus dilakukan berulang kali agar mendapatkan air jernih yang maksimal.

5. Sabut Kelapa Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak

Jika anda tinggal di daerah perkotaan, mungkin akan jarang melihat orang memasak menggunakan kayu bakar atau sabut kelapa. Namun bagi anda yang mungkin pernah tinggal di desa atau main ke desa, Pasti sudah sering melihat orang memasak menggunakan kayu bakar atau sabut kelapa.

Hal ini karena sabut kelapa sangat mudah untuk ditemukan, biasanya setelah mengambil isi dari buah kelapa. Mereka akan menjemur sabut kelapa dan setelah kering digunakan untuk memasak di dalam tungku tradisional atau tumpukan batu bata.

kelebihan dari  sabut kelapa daripada kayu bakar adalah karena sabut kelapa yang kering. Karena inilah sabut kelapa memiliki sifat yang mudah untuk terbakar, serta bisa menghasilkan api yang cukup stabil.

6. Sabut Kelapa Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Dan selanjutnya adalah salah satu manfaat sabut kelapa yang paling menarik. yaitu sebagai alat pengendali erosi pada tebing, Slope atau pun Lereng. Media sabut kelapa yang sering digunakan untuk pengendali erosi ini adalah jaring sabut kelapa atau yang biasa disebut dengan Cocomesh.

Penggunaan cocomesh mungkin sudah tidak asing di kalangan para reklamator tambang. Karena cocomesh sangat di rekomendasikan untuk menahan erosi bekas tambang dan Juga mampu untuk menghijaukan kembali area bekas tamban.

Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa Yang Mudah

Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari sabut kelapa, kini saatnya kita untuk masuk ke cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa. Pembuatan kerajinan ini bisa Anda tiru di rumah dengan mudah. Yuk simak cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa dengan seksama agar bisa menghasilkan pot yang bagus.

Alat – Alat Untuk Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan – Bahan Untuk Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa :

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

Cara Membuat Kerajinan Pot Dari Sabut Kelapa :

  1. Ambil sabut dari kulit kelapa yang sudah kering. Lalu gunakan linggis untuk melepas kulit kelapa, agar kupasan sabut kelapa masih tetap terjalin. Di daerah pedesaan kulit kelapa biasanya sudah dikuliti, jadi kupasan dari sabut kelapa masih terjalin. Untuk tahapan ini Anda bisa menggunakan mesin pengolahan sabut kelapa agar lebih mudah.
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex atau benda lainnya sebagai penanda. Karena nantinya bagian ini akan dibor, untuk mengikat belahan sabut sekaligus untuk tali ikatan pada pot.
  3. Lalu Bor bagian yang sudah ditandai tadi secara hati-hati.
  4. Kemudian talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa, sehingga nantinya setiap belahan sabut akan bisa menyatu dengan baik.
  5. Setelah ikatan dalam sudah terbentuk, maka selanjutnya silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal yang sama pada seluruh belahan sabut kelapa. Maka nantinya akan jadi satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang mancung pada bagian atasnya.
  6.  Nah, pot sabut kelapa kemudian siap untuk digunakan menanam tanaman anggrek atau pakis.

Olahan Sabut Kelapa Yang Sangat Bermanfaat Untuk Tanah (Cocomesh)!!

cocomesh

Hasil olahan sabut kelapa yang juga sangat bermanfaat adalah cocomesh. Olahan sabut kelapa ini merupakan sebuah material yang mempunyai bentuk seperti jaring. Cocomesh adalah sebuah material yang ramah untuk lingkungan dalam membantu proses reklamasi suatu lahan tambang, pantai, atau pun hutan.

Sama seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa cocomesh memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya erosi, dan juga bermanfaat untuk penguatan tanah.

Pemanfaatan cocomesh memang benar terbukti bisa menghijaukan kembali lahan bekas tambang, dan lahan hutan yang sudah gundul. Sifat cocomesh yang mampu untuk menyimpan air dalam waktu yang lama, menyebabkan tanah yang tertutupi oleh cocomesh tetap bisa terjaga kelembapannya.

Di masa kini yang jual cocomesh sudah terbilang cukup banyak, alasannya sendiri karena di Indonesia masih cukup banyak lahan industri pertambangan. Untuk mendapatkan olahan sabut kelapa pencegah erosi ini, Anda bisa membelinya di toko-toko yang jual cocomesh, atau juga bisa mencarinya di berbagai online store, situs website, maupun offline store yang ada disekitar Anda.

Saya kira itu tadi adalah beberapa cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa dan manfaat dari sabut kelapa. Jika masih ada kekurangan dalam penulisan artikel, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *