Cara Membuat Kue Gandos Rangin

Membuat Kue Gandos Rangin Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Kue Rangin dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue Rangin adalah Kue yang sangat mudah dibuat, sehingga banyak orang yang ingin mempraktekkannya. kue ini terbuat dari tepung ketan dan kelapa serta. Kue rangi atau juga disebut sagu rangi adalah kue kelapa Indonesia atau makanan ringan tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan berbahan dasar kelapa dan pati dan dimasak dalam wajan cetakan khusus. Ini adalah salah satu jajanan khas Betawi Jakarta. cari tau juga cara membuat kue gandos kelapa

Bahan untuk Membuat Kue Gandos Rangin

kue gandos ragin

Untuk bisa memasak Kue Rangin pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 8 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  • Tepung beras – 250 gr.
  • Siapkan Tepung tapioka – 1 sdm.
  • Kelapa setengah tua – 1/2 butir.
  • garam – 1 sdt.
  • santan kara ukuran 65 ml – 2 bungkus.
  • air – 350 ml.
  • Bahan Taburan : – .
  • Gula pasir – .

Kue Rangin adalah salah satu jajanan yang sudah ada dari jaman kakek nenek kamu masih muda. Kue rangin ini memiliki nama yang berbeda di berbagai daerah, biasa disebut juga sebagai kue pancong. Kue rangin merupakan salah satu makanan yang bahan bakunya dari parutan kelapa, susah mudah untuk menjalankan bisnis ini, rasa yang dibuat harus benar – benar. Pastinya saya akan jawab kue rangi/kue rangin.

Panduan Membuat

Jika kalian sudah menyiapkan 8 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Kue Rangin dibawah ini.

  1. Siapkan semua bahan bahanya,,parut kelapa dan sisihkan,,masak santan dan air beri garam aduk hingga rata.
  2. Masukan dalam wadah,,tepung beras,tapioka,kelapa parur aduk rata,,lalu tuang santan sedikit demi sedikit,dan aduk dengan wisk hingga rata,,.
  3. Panasi cetakan sembari olesi dengan minyak atau margarine,,adonan tadi tuang dlm teko air suapay mudah waktu nuang,,lalu tuang adonan di cetakan,,masak dengan api kecil dan tutup.
  4. Masak kurleb 15 menit sampai pinggir pinggir bewarna kecoklatan,,angkat dan sajikan dengan taburan gula pasir.

Siapa yang tak tergoda dengan kelezatan kue ini? Jajanan ini biasa disantap hangat-hangat ditemani secangkir teh hangat, sambil duduk di beranda. Kue Gandos ada yang menyebutnya kue rangin ataupun kue pancong. orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong. Kue Rangin, Jajanan Legendaris Masa Kecil. Kue ini sering disajikan pada upacara adat atau tasyakuran karena dianggap sebagai makanan kesukaan para dewa.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Kue Rangin ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat sukses

Baca Juga :Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa Simple Ekonomis

Apa Itu Gandos Ragin

Rangin merupakan adalah jajanan khas yang dapat ditemukan di Jawa.  Rangin terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Rangin  dibuat di dalam cetakan loyang dengan api di bawahnya. Pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini. Bagi penyuka rasa manis biasanya cukup meminta sedikit taburan gula tebu di permukaanya.
Kue rangin ada yang menyebutnya kue gandos ataupun kue pancong. orang Surabaya   menamakannya kue rangin, orang Jakarta mengistilahkan, kue pancong,  orang      Bandung menyebutnya bandros, orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, dan orang Bali memberi nama daluman.
Bagaimana asal usul Rangin?Rangin merupakan makanan tradisional yang  sudah ada bahkan sudah terkenal sejak sebelum tahun 50-an yang terpusat di kecamatan wonosalam, yaitu Desa Lempuyang, ploso, karangsambung dan sekitarnya yang sudah menjadi tradisi tahunan, yaitu setiap menjelang lebaran idul fitri atau syawalan, bahkan setiap menjelang puasa masyarakat sudah mempersiapkan bahan – bahan guna pembuatan kue rangin dalam rangka menyambut kedatangan bulan penuh berkah untuk dihidangkan di ruang tamu, bahkan hampir setiap rumah ada kue rangin dan bisa membuat kue rangin terutama ibu-ibu, dan kue rangin juga sudah mulai menjadi tradisi oleh-oleh atau buah tangan setiap bertamu atau berkunjung ke rumah saudara yang ada di luar kota/jawa seperti : lamaran, pernikahan, kunjungan tamu, tunangan, oleh- oleh dari demak bahkan sering dibawa oleh-oleh para TKI ke luar negri untuk oleh-oleh dari kampoeng/demak. Sehingga rangin sangatlah cocok sebagai makanan khas demak karena mempunyai ciri khas dan sejarah yang cukup lama bahkan cocok dengan filosofi sejarah sunan kalijaga dan raden fattah demak yang dulu demak juga terkenal dengan lumbung padinya dan kecamatan wonosalam terkenal dengan pohon kelapanya. Dengan perpaduan itu akhirnya masyarakat wonosalam memberikan nama kue rangin (angin – angin, ilir – ilir) karena bentuknya juga seperti kipas berbentuk kotak., dan pembuatan kue rangin pun masih sangat tradisional dan mempunyai ciri khas tersendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *