Cara Membuat Kulit Samosa Yang Multiguna

cara membuat kulit samosa

Halo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini mimin bakal membahas tentang cara membuat kulit samosa yang multiguna dan bisa digunakan untuk sajian makanan yang berkulit loh sob. Ya, benar kulit samosa memang bisa dijadikan frozen food yang instan ketika kita ingin menggorengya kembali di lain waktu.

Untuk membuatnya sobat tidak perlu khawatir karena kini mimin bakalan membantu sobat semuanya untuk membuat kulit samosa yang istimewa nih. Jadi mudah sekali sobat tinggal mengikuti arahan yang mimin tulis melalui artikel ini. Rasanya pun gurih serta awet dan tahan lama. Bisa digunakan untuk jangka panjang loh sob.

Saat membuat, perhatikan alat dan bahan. Gunakan selalu alat dan bahan yang bersih untuk menjaga tingkat sanitasi pelat yang akan dibuat. Jangan sampai alat masak menjadi kotor, karena bisa menimbulkan bakteri dan bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, sekalipun tidak menggunakan alat masak, kita harus rajin dalam membersihkan. Cukup cuci dengan sabun dan air mengalir yang bagus, apakah bisa dimengerti sob?

Cara Membuat Kulit Samosa yang Awet

Sebenarnya kulit samosa ini juga bisa digunakan untuk sajian lain seperti martabak, terang bulan asin, dan juga sajian seperti risol dan lumpia. Namun sobat perlu mengetahui karakteristik dasar kulit samosa yang memiliki tingkat air dibawah 20% agar hasil jadinya bisa awet tahan lama dan tidak mudah basi ketika disimpan dalam jangka panjang.

Bahan

  • sejumput garam sekitar 2 sendok teh
  • 170 gr tepung terigu protein sedang merek bebas
  • secukupnya minyak goreng untuk olesan
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 50-60 ml air

Langkah-Langkah Membuat Kulit Samosa

Kulit samosa yang kita buat kali ini menggunakan tepung  terigu dan dicampurkan dengan beberapa bahan lain. Sobat perlu ketahui bahwa resep yang satu ini bisa dikembangkan dengan mudah dan fleksibel. Jadi tidak harus terpatok pada satu sisi saja. Sobat juga bisa mengembangkan sajian dan berkreasi dengan baik. Karena berkreasi itu seru dan menyenangkan sob

Untuk membuat kulit samosa yang multiguna silahkan sobat perhatikan tahap tahap berikut ini :

  1. Masukkan tepung ke dalam wadah, tambahkan garam, minyak dan air. (Aduk rata). Tuangi sedikit air agar bisa empuk ketika diuleni. Untuk mengaduk adonan sobat bisa menggunakan mixer roti yang serbaguna untuk meratakannya.
  2. Uleni selama 10 menit, sampai lembut. Diamkan selama 15-30 menit. Lapisi dengan kain. Jika adonan masih belum terlihat halus, silahkan uleni kembali atau tambahkan sedikit telur.
  3. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama. bulat.
  4. Buka setiap lingkaran dengan lebar 5 inci (12,5 cm).
  5. Lalu, ambil 1 adonan pipih, olesi semua permukaannya, dan taburi tipis-tipis tepung (tujuannya agar tidak saling menempel saat menggulung). Tumpuk kembali dengan adonan, lalu olesi lagi dengan tepung. Sampai habis. Untuk permukaan atas terakhir, Anda tidak perlu mengoles yang atas sendiri lagi (setelah ditumpuk, sebaiknya diamkan minimal 15 menit agar adonan empuk)
  6. Setelah ditumpuk, taburi dengan lapisan tipis tepung, lalu giling hingga lebarnya 9 inchi (22.5 cm), jika ingin lebih tipis bisa di tambahkan lebarnya menjadi 23 cm atau 24 cm
  7. Adonan sudah siap / dipanaskan dalam oven selama 1-2 menit, sampai agak kering. Jangan lupa untuk memutarnya bolak-balik. Jika Anda tidak memiliki wajan, gunakan loyang saja dan panaskan di atas kompor dengan api kecil. Anda juga bisa menggunakannya di oven.
  8. setelah selesai keluarkan dan lalu bisa disimpan dalam kulkas.

Tentang Kulit Samosa

Kulit samosa selain bisa dijadikan sebagai lapisan luar samosa, juga bisa dijadikan lapisan kulit luar lumpia dan lapisan risoles basah. Karena sebenarnya bahan dari lapisannya ini sama dan identik. 

Untuk mengoven sajian tersebut sobat bisa menggunakan oven gas yang sangat powerful dan cocok digunakan untuk memanggang segala jenis makanan sobat.

Perlu Anda ketahui bahwa resep membuat ini dapat dikembangkan dengan mudah dan fleksibel. Karena itu, tidak harus diperbaiki hanya pada satu sisi. Teman juga dapat mengembangkan produk dan menggunakan kreativitasnya. Karena kreasi itu menyenangkan, benar begitu sob?

Baik sobat sekalian, cukup sekian artikel yang dibuat oleh mimin. Jika menurut anda ini bermanfaat untuk sobat, silahkan share artikel ini ke sahabat, keluarga, sahabat atau orang terdekat lainnya. Semoga bermanfaat untuk semua orang. Sampai jumpa di artikel Mimin berikutnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *