Cara Membuat Permen

cara membuat permen

Hai kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik ini ya nama permennya ini adalah lollipop.diartikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua cara membuat permen

Asal-Usul Permen

Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu.

Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa.

Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.

Permen coklat pertama didunia diciptakan oleh seorang Belanda,Conrad J. Van Houten yang memeras biji coklat yang dimasaknya yang kemudian dicampur gula hingga menjadikannya permen.

Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet.Penemuannya tak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan hingga ban sepeda namun percobaannya selalu gagal.

Ketika ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Henry Nestle,seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat coklat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan coklat susu pertama didunia Lolly Pop, permen bertangkai ini diberinama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya.

Tak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollipop ini. Nanum mesin pembuat permen Lolly Pop diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

Clarence Crene menciptakan permen mint, ia sendiri sebelumnya membuat permen coklat, tetapi karena permen coklat mudah meleleh pada saat musim panas akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan yang lain.

Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya sudah ada di daratan Eropa namun kebanyakan berbentuk persegi.

Perkembangan Permen

Perkembanan permen lolli pop sebenernya dimulai pada awal abad 20 sejak ditemukannya mesin arum manis. McAviney Candy Company membuat permen padat panas yang diaduk dengan tangkai.

Awalnya,mesin ini hanya mampu membuat 40 permen lollipop per jam.pada tahun 1908 di Racine,Wisconsin,ditemukan mesin produksi permen lolli pop oleh Racine Confectionary machine.

Macam-Macam Permen Yang Ada DiDunia:

1. Lolipop

Lolipop adalah permen yang ditusuk oleh batang sebagai pegangan. Mengonsumsinya mirip seperti sedang menyantap es krim.Ternyata, awal mula permen lolipop ini berawal dari manusia purba yang mengonsumsi madu dengan menggunakan tongkat.

Lalu, di kebudayaan Arab, Cina, dan mesir kuno, lolipop modern dibuat dari campuran madu dan buah-buahan ataupun kacang-kacangan yang kemudian ditusuk dengan tangkai.

2. Marshmellow

Marshmellow kini sering kita temui. Permen ini punya tekstur yang sangat kenyal, dan lembut seperti busa. Permen ini juga mudah meleleh ketika terkena panas.

Teksturnya yang lembut adalah karena bahan utamanya. Marshmellow terbuat dari gula atau sirup jagung putih, telur, gom arab, bahan perasa, dan gelatin yang dikocok sampai mengembang.

3. Permen Karet

Permen karet atau Chewing gum adalah salah satu permen yang populer. Selain disukai anak-anak, permen karet juga biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Permen ini punya tekstur lengket, beragam warna dan rasa, serta bisa dibuat gelembung. Tapi, permen ini sangat tidak disarankan untuk ditelan.

4. Botan Rice Candy

Botan Rice Candy adalah permen dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Namun akan meleleh ketika di mulut. Botan Rice Candy biasanya punya rasa jeruk atau lemon. Botan Rice Candy merupakan permen tradisional Jepang yang kini telah mendunia.

5. Licorice Candy

Permen ini terbuat dari ekstrak licorice atau akar manis Glycyrrhiza Glabra. Permen ini cukup terkenal di Inggris dan juga negara-negara nordik.

6. Turkish Delight

Turkish Delight punya nama asli lokum atau cyprus delight. Permen ini merupakan campuran dari tepung, gula bubuk dengan air mawar atau lemon. Biasanya ditambahkan pula dengna ptongan-potongan kecil walnut, almond, dan juga kacang kenari.

7. Nougat

Nougat adalah salah satu jenis permen yang punya tekstur cukup lunak dan sedikit keras. Tingkat kekerasannya tergantung dari bahan yang digunakan. Namun, bahan utama Nougat adalah gula atau madu, kacang panggang, dan buah kering.

Nougat punya dua macam, nougat putih dan cokelat. Nougat putih biasanya terbuat dari putih telur yang dikocok sampai halus. Sedangkan nougat cokelat terbuat dari karamel.

8. Gummy Bear

Gummy Bear cukup sering kita jumpai. Permen ini biasa disebut dengan permen jelly. Teksturnya yang kenyal dengan warna transparan membuat permen ini cukup digemari oleh anak-anak.

9. Brigadeiro

Brigadeiro terbuat dari susu dan bubuk kokoa. Permen ini cukup populer di Brazil dan biasanya digunakan sebagai hiasan kue dan es krim.

10. Ginger Candy

Nah, kalau Ginger Candy atau permen jahe adalah permen yang populer di Indonesia. Teksturnya kenyal dengan rasa jahe yang sangat kuat. Permen ini pernah dicatat dalam buku yang berjudul Island of Java karya John Joseph Stockdale.

Permen jahe ini dipercaya bisa menyembuhkan perut kembung dan menyegarkan tenggorokan.

Resep Cara Membuat Permen Di Rumah:

1.Cara Membuat Permen jelly

Bahan-bahan:

  • agar-agar plain
  • air matang
  • gula pasir
  • Essens aneka rasa buah
      

Cara Membuat Permen Jelly:

  1. Pertama-tama masukkan bubuk agar-agar, gula pasir dan air. Masak sampai mendidih, lalu aduk sampai gula benar-benar larut.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri essens sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
  3.  Siapkan loyang, kemudian tuang adonan agar-agar lalu diamkan sampai mengeras.
  4.  Potong-potong adonan permen jelly agar-agar yang sudah mengeras, lalu jemur di bawah terik matahari. Bolak-balik agar cepat kering.
  5. . Masukkan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara.
  6. . Permen jelly siap untuk disajikan.

2. Cara Membuat Permen cokelat mede.

Bahan-bahan:

  • 3 blok cokelat batangan
  • Kacang mede sangrai secukupnya

Cara Membuat Permen cokelat mede:

  1.  Potong cokelat kecil-kecil.
  2. Masukkan dalam panci anti lengket. Atau menggunakan wadah kaca.
  3. Tim diatas api sedang hingga cokelat meleleh.
  4.  Siapkan cetakan. Masukkan kacang mede ke dalam cetakan.
  5. Tuang cokelat leleh ke dalam cetakan.
  6.  Diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang.
  7. Masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 10 menit hingga cokelat mengeras.
  8. Keluarkan permen cokelat dari cetakan. Sajikan.

3. Permen cokelat caramel


Bahan-bahan:

  • 1 sdm susu kental
  • 1 sdt vanilla
  • 1/4 sdt garam
  •  100 gram butter
  •  100 gram gula pasir putih
  •  2 sdm sirup jagung
  •  Cokelat blok sesuai selera

Cara Membuat Permen cokelat caramel:

  1.  Panaskan sirup jagung dan gula dengan api sedang.Aduk sampai menjadi karamel, masukkan butter dan susu.
  2. Kecilkan api, aduk terus sampai menyatu. Kemudian matikan api. Masukkan vanilla dan garam sambil diaduk rata.
  3. Lelehkan cokelat, kemudian buat satu lapisan pada cetakan, dinginkan sebentar dengan suhu ruangan sampai mengeras.
  4. Masukkan caramel, kemudian tutup dengan cokelat.Biarkan mengeras, sambil taburkan garam di atasnya.

Demikian artikel cara membuat permen terima kasih atas waktunya.semoga apa yang kalian baca banyak manfaatnya untuk kalian.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *