Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa Simple Ekonomis

Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa sangat mudah,karena selain ramah lingkungan, sabut kelapa biaya porduksinya bisa di katakan cukup murah.sabut kelapa juga sangat banyak manfaat nya.pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu beberapa Manfaat dari sabut kelapa.dan saya juga akan

memberikan cara membuat pot sabut kelapa.dan produk apa aja sih yang bisa di manfaatkan dari sabut kelapa.Menarik bukan?ayo kita simak baik baik.

Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa (Sabut Kelapa)

Tanaman kelapa mempunyai beberapa manfaat. Seluruh  tanaman dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.yaitu bagian sabut kelapa.Sabut kelapa yang sudah kering dapat digunakan untuk berbagai kerajinan.Kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh kegunaan sabut kelapa kering.

Salah satu manfaat Sabut kelapa kering yaitu di digunakan untuk membuat  pot gantung, pot gantung terbuat dari sabut kelapa yang bersifat lembab dan mudah menyerap air, maka manfaat pot gantung bisa digunakan untuk menanam jenis tanaman  contohnya pakis kadaka, tanduk rusa, suplir dll.

Selain di gunakan untuk menananam jenis tanaman pakis,pot gantung juga bisa di gunakan untuk menanam anggrek, tentunya hal tersebut akan memiliki kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek.

Cara menghilangkan zat tanin dalam sabut kelapa

Para pecinta tanaman anggrek pada umumnya sudah memahami cara menanam anggrek dengan sabut kelapa dan cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek. Sabut kelapa mengandung zat tanin yang berfungsi mencegah hama atau predator memakan kelapa. Namun, keberadaan zat tanin ini tidak baik bagi pertumbuhan tanaman anggrek.

Hal ini terjadi karena zat tanin yang termasuk ke dalam senyawa polifenol mengandung senyawa lainnya, yaitu galotanin. Senyawa inilah yang bersifat alelopati atau dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Jadi jangan heran jika tanaman anggrek pertumbuhannya terhambat, bahkan terkesan mengerdil

Anda dapat menghilangkan zat tanin ini dengan menjemur sabut kelapa hingga benar-benar kering atau dilakukan perendaman di dalam air tawas. Perendaman di dalam air tawas dilakukan selama semalam. Air rendaman akan berubah berwarna kemerahan.

Hal ini menandakan bahwa zat tanin sudah lepas dari sabut kelapa. Selanjutnya, cuci sabut kelapa dengan air bersih yang mengalir dan tiriskan lalu jemur sampai kering.

Pilihlah sabut kelapa dari kelapa yang sudah tua dan kering untuk membuat pot bunga anggrek dari sabut kelapa. Warna sabut kelapa dari kelapa yang sudah tua dan kering biasanya berwarna coklat. Anda dilarang menggunakan sabut kelapa dari kelapa yang masih muda. Sabut kelapa tersebut kurang baik dan rentan sebagai tempat hidup jamur

Cara memilih sabut kelapa yang baik untuk pot bunga anggrek

Sabut kelapa sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk media tanam anggrek saja. Sabut kelapa juga dapat digunakan untuk membuat pot bunga anggrek. Lalu, bagaimanakah cara membuat pot bunga anggrek dari sabut kelapa?

Sabut kelapa yang akan digunakan untuk membuat pot bunga anggrek adalah sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering bersifat lembab dan mudah menyerap air.

Jadi pot dari sabut kelapa ini cocok untuk bunga anggrek. Sebenarnya sabut kelapa ini juga cocok untuk jenis tanaman lainnya seperti tanduk rusa, suplir, dan sejenisnya. Jika Anda tertarik dengan tanaman tanduk rusa dan suplir, Anda dapat mempelajari cara menanam paku tanduk rusa dan cara merawat tanaman hias daun suplir.

Cara membuat pot gantung bunga anggrek dari sabut kelapa

Pot dari sabut kelapa yang akan dibuat adalah jenis pot gantung, sehingga cocok untuk bunga anggrek. Hali ini karena anggrek adalah salah satu jenis bunga yang cocok untuk pot gantung di rumah kamu. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara merawat bunga anggrek gantung agar tanaman anggrek yang Anda rawat dapat tumbuh dengan baik.
Jika anda ingin cepat membuatnya memerlukan mesin pengolah sabut kelapa dan jika anda ingin membelinya berada di rumah mesin.

Setelah memahami cara menghilangkan zat tanin yang terkandung dalam sabut kelapa dan cara memilih sabut kelapa yang baik untuk dijadikan pot bunga anggrek, selanjutnya akan dibahas cara membuat pot gantung dari sabut kelapa untuk tanaman anggrek. Cara membuat pot bunga anggrek dari sabut kelapa tersebut adalah:

Alat Alat Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar (golok)
  • Bor
  • Linggis
  • Spidol 

Bahan Bahan Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk atau sejenisnya
  • Cara pembuatan

Langkah Langkah Cara Membuat Pot Bunga Anggrek Dari Sabut Kelapa

  1. Ambilah sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah kering. Gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar sabut yang dikupas tidak rusak atau tetap terjalin.
  2. Lebarkan sabut kelapa atau belah sabut kelapa menjadi 4 bagian dan potong seperempat bagian atas sabut kelapa dengan menggunakan pisau besar.
  3. Tandai bagian bawah dan bagian atas menggunakan spidol pada setiap belahan sabut kelapa. Bagaian ini akan dilubangi dengan cara dibor. Lubang bagian atas dan bawah berfungsi untuk mengaitkan belahan sabut kelapa dan sekaligus untuk tali ikatan pot.
  4. Lubangi bagian yang sudah diberi tanda menggunakan bor dengan hati-hati.
  5. Masukkan tali ijuk ke dalam lubang dan kaitkan setiap lubang dari sabut kelapa supaya setiap belahan dapat menyatu.
  6. Ikatan dimulai dari luar dan menyilang ke arah dalam, sehingga ikatan antar belahan sabut kelapa terjalin dengan kuat.
  7. Setelah ikatan dalam terbentuk, selanjutnya silanglah ikatan pada bagian luar. Lakukan hal yang sama pada seluruh belahan sabut kelapa, sehingga terbentuk satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atasnya.

Manfaat Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa manfaat sabut kelapa yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar kebun kelapa, berikut diantaranya kami sampaikan dibawah ini

1.Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

sabut kelapa mepunyai usur hara dan juga kandungan mineral yang lumayan tinggi dan baik untuk pertumbuhan tanaman, jadi sabut kelapa sangat di rekomendasikan untuk dibuat menjadi pupuk organik.Apalagi pupuk organik yang dibikin dari sabut kelapa memberi 60% air lebih banyak

dibandingkan pupuk biasa.Jadi pupuk organik dari sabut kelapa sangat di rekomendasikan didaerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.Bahkan untuk di  daerah pantai yang berpasir, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, bisa sebagai media tanam

yang ditaburkan begitu saja. Menarik bukan?

2. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru selesai dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang enak di cium. Hal ini tentunya membuat budidaya ikan memjadi terhambat.Salah satu cara alami yang bisa untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu  dengan cara menggunakan sabut kelapa.

Bagaimana caranya?Caranya cukup simple, yaitu cukup dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa dicampur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama 1 sampai 2 minggudan nantinya Air akan berwarna kecoklatan hingga warna kehijauan.

warna air yang berubah tersebut menandakan kolam sudah siap untuk media ternak ikan.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Ada juga kerajinan lain yang di buat dari sabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi di lingkungan kita, yaitu sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau marchandise Kerajinan dari sabut kelapa ada banyak jenis nya apalagi Indonesia memiliki banyak suku daerah.

Sehingga dapat menghasilkan berbagai macam kerajinan – kerajinan yang unik dari berbagai daerah.tetapi kerajinan dari sabut kelapa  yang cukup diminati banyak orang adalah kerajinan yang berupa dompet, tas, dan souvenir – souvenir untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat pariwisata.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda tentu sudah tidak asing mendengar briket berasal dari batubara atau juga tempurung kelapa bukan? Tentunya sekarang, briket juga bisa dibuat dari bahan sabut kelapa. Dan mungkin anda akan terasa asing jika briket berasal dari sabut kelapa.

Briket yang bahan utama nya sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta anda akan menekan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibanding dengan briket dari batubara.

cara pembuatan briket sabut kelapa juga mudah karena prosesnya hampir mirip dengan cara pembuatan briket tempurung kelapa.

5. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakar Pengganti Minyak Fosil Atau Juga Kertas

Manfaat umum dari sabut kelapa yaitu seringnya digunakan oleh para pengusaha arang dari tempurung kelapa yang menjadikan sabut kelapa sebagi media pembakaran.Selain sabut kelapa di gunakan sebagai bahan untuk pembakaran.Sabut kelapa juga sering digunakan rumah makan tradisional.

yang masih menggunakan tunggu trasional untuk memasak.Bahkan industri–industri seperti pembuatan keramik dan genteng juga sering menggunakan sabut kelapa, karena sabut kelapa yang sudah kering mudah terbakar dan juga menghasilkan api yang stabil.

6. Sabut Kelapa Sebagai Penyaring Air Sederhana

Salah satu manfat yang penting dari sabut kelapa yaitu sebagai alat untuk pembantu penyaringan air secara sederhana. Tekstur sabut kelapa yang berserat dapat membantu proses penyaringan air.Lalu bagaimana caranya untuk proses penyaring?

berikut kami sampaikan cara simpel dan sederhananya.Langkah awal nya adalah sabut kelapa harus dikupas terlebih dahulu dari kulit arinya kemudian baru dapat digunakan untuk menyaring air.Air yang melewati saringan sabut kelapa akan

terpisah oleh sampah atau kotoran hal ini akan mudah  medapatkan air yang semakin jernih.Tetapi proses ini harus dilakukan berulang kali agar mendapat air jernih yang maksimal.

7. Sabut Kelapa Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak

Jika anda tinggal di perkotaan, mungkin jarang kali anda melihat orang memasak pake kayu kabar atau sabut kelapa. Tetapi bagi anda yang pernah tinggal di desa atau main ke desa, Pasti orang memasak memakai kayu bakar atau sabut kelapa.Sabut kelapa tentunya sangat mudah

ditemukan, biasanya setelah meraka ambil kelapanya.Kemudian sabutnya dijemur dan setelah kering dipakai untuk masak di dalam tungku tradisional atau tumpukan batu bata.kelebihan dari  sabut kelapa sebaga pengganti kayu bakar adalah karena sabut kelapa  yang kering,

maka dari itu sabut kelapa memiliki sifat yang mudah terbakar,serta dapat menghasilkan apinya yang cukup stabil.dari proses ini banyak mengeluarkan asap, tetapi jangan salah, biasanya masakan yang dimasak dengan cara alami begini, serasa sangaat nikmat. Mau coba?

8. Sabut Kelapa Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Dan inilah manfaat sabut kelapa yang paling menarik. yaitu sebagai alat pengendali erosi pada tebing,Slope atau Lereng.Media sabut kelapa yang  sering dipakai dalam teknik ini caranya dengan membuatnnya menjadi jaring sabut kelapa ( Cocomesh ) .

Pembuatan cocomesh ini diawali dengan cara sabut kelapa dibentuk menjadi tali sabut.Kemudian proses kedua adalah mengayam tali tersebut dengan ukuran mash atau jarak tertentu.Ukuran cocomesh biasanya yaitu 2×25 meter atau 1,2 x 15 meter, tergantung kondisi kebutuhan kita.

Dan jarak antar talinya bisa dimulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm.Penggunaan cocomesh mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan para reklamator tambang, Karena di rekomendasikan untuk menahan erosi bekas tambang dan Juga mampu menghijaukan kembali

area bekas tambang yang dipadukan dengan penumbuhan cover crop, atau biji-bijian penutup lahan.

Aneka Jenis Produk Turunan Sabut Kelapa

Sabut kelapa memiliki banyak manfaat serta produk yang bisa di hasilkan. ini  merupakan anugerah Tuhan yang diberikan kepada kita. Maka kita juga  harus memaksimalkan potensi tersebut Untuk lebih mensyukuri nikmat Tuhan saya akan memberikan sedikit informasi beberapa manfaat sabut kelapa

dalam bentuk produk unggulan yang memilii nilai ekonomi yang tinggi.

1. Matras Sabut Kelapa

Matras Sabut Kelapa tersebut berfungsi sangat baik untuk matras kesehatan, orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat di saran kan untuk memakai produk matras ini.Sifat yang dimiliki matras tersebut sangat lah lentur, tetapi tidak mudah tertekan,aman bagi orang yang sakit pinggang.

Bahan ini juga cocok sebagai matras untuk bayi, sifatnya yang mampu menyerap bau, menjadikannya tetep nyaman jika pun diompoli berkali-kali. dan juga  untuk matras ini bisa digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

2. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif yang terkenal  di dunia, contohnya seperti  Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel di  negara Eropa, ternyata mereka  juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan ada beberapa  yang di gunakan untuk jok pesawat terbang.

Salah satu Kelebihan sabut kelapa untuk pengisi jok mobil yaitu sabut kelapa berisifat mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan mempunyai tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa merupakan perpaduan antara sabut kelapa dan lateks karet, yang bisa menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi.karena kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas/per,  kelebihan kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami.

Hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki kepegasan serta kelenturan alami.Kelebihan dari kasur ini juga mempunyai anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering.jadi bisa dipastikan aman  untuk bayi dan anak-anak

Demikian pembahasan cara membuat pot sabut kelapa yang bisa kalian praktikkan sendiri. Semoga dengan menggnakan sabut kelapa dapat mengurangi pemakaian pot plastik dan menjaga kelestarian alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *