Cara Mencetak Ulang Kartu Suica Anda yang Hilang Ketika Berlibur di Jepang

Baik Anda melakukan solo traveling atau mengikuti paket wisata ke luar negeri, memiliki kartu Suica adalah hal wajib apabila Anda ingin menjelajahi Jepang dengan lebih nyaman.

Suica merupakan sebuah kartu serbaguna, tetapi jika Anda kehilangannya, Anda juga kehilangan uang yang Anda gunakan di dalamnya. Untuk membantu Anda mengatasi permasalah tersebut, maka berikut adalah cara mencetak ulang karetu Suica Anda yang hilang ketika berlibur di Jepang.

Suica merupakan sebuah kartu serbaguna, tetapi jika Anda kehilangannya, Anda juga kehilangan uang yang Anda gunakan di dalamnya. Untuk membantu Anda mengatasi permasalah tersebut, maka berikut adalah cara mencetak ulang karetu Suica Anda yang hilang ketika berlibur di Jepang.

1. Pastikan kartu tersebut milik Anda sendiri

Satu-satunya kartu Suica yang dapat Anda dicetak ulang adalah milik Anda sendiri (kartu di bagian bawah foto), yang memiliki informasi pribadi Anda yang terdaftar di dalamnya. Pikirkan tentang kapan Anda pertama kali membuat kartu Suica. Apakah Anda mendaftarkan nama dan usia Anda? Jika ya, Anda dapat mencetak kembali Suica Anda tanpa masalah.

Jika tidak, akan sangat sulit untuk membedakan kartu Anda dari yang lain, jadi Anda hanya perlu membeli yang baru.

2. Pergi ke stasuin kereta utama atau Booth terminal bus

Di stasiun kereta dan terminal bus, terdapat ruangan tempat pelanggan dapat berkonsultasi dengan staf. Pertama, Anda akan menjalani prosedur yang diperlukan untuk kehilangan kartu. Jika Anda tidak dapat menemukan ruangan tersebut, maka Anda dapat bertanya kepada salah satu staf yang ada.

3. Mengidentifikasi kartu Anda yang hilang

Untuk membatalkan kartu Anda yang hilang, Anda harus mengidentifikasi kartu Anda terlebih dahulu. Anda akan dimintai nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Segalanya akan lebih mudah jika Anda membawa paspor.

Anda juga dapat mengidentifikasi kartu Anda dengan nomor kartu di kanan bawah bagian belakang kartu Suica Anda (dimulai dengan “JE”), jadi sebaiknya Anda mengambil memo saat membelinya.

4. Menonaktifkan kartu Anda yang hilang

Setelah Anda mengidentifikasi kartu Anda yang hilang, Anda telah menyelesaikan prosedur untuk menerbitkan kembali kartu Anda. Kartu Anda yang hilang akan dinonaktifkan, sehingga orang lain tidak dapat salah menggunakan kartu Anda yang hilang. Ini adalah akhir dari proses pencetakan ulang, tetapi Anda hanya akan dapat menerima kartu baru pada hari berikutnya.

5. Terima kartu baru Anda pada hari berikutnya

Setelah meminta untuk menerbitkan kembali kartu Anda, Anda harus mengambil kartu baru Anda di loket tiket perusahaan kereta api kartu IC Anda pada hari berikutnya. Jika Anda tidak dapat mengambilnya keesokan harinya, maka Anda berhak mengambilnya dalam waktu 14 hari sejak pencetakan dilakukan. Anda dapat melalui langkah 1 hingga 4 di stasiun utama di area Suica dan PASMO, tetapi Anda hanya dapat menerima kartu Anda di loket perusahaan kereta api tempat kartu Anda diterbitkan.

Jika Anda mencetak ulang Suica, Anda harus pergi ke stasiun JR, dan membutuhkan ID saat menerima kartu Anda, jadi jangan lupa untuk membawa paspor!

Ada biaya komisi 520 yen, dan Anda juga harus membayar deposit 500 yen untuk kartu baru Anda, dengan total 1,020 yen yang akan Anda bayarkan setelah menerima kartu Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

Prosedur untuk menerbitkan kembali kartu yang hilang adalah seperti di atas, tetapi ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Jika 14 hari berlalu setelah Anda menyatakan kehilangan dan Anda tidak mengambil kartu baru, Anda perlu mengajukan permohonan kembali.
  • Setelah Anda mengajukan permohonan penerbitan ulang, Anda tidak dapat membatalkannya bahkan jika Anda menemukan kartu Anda yang hilang sesudahnya.
  • Apabila kartu Anda tidak dapat diterbitkan ulang di beberapa stasiun, maka Anda harus memastikan untuk bertanya kepada karyawan tentang di mana Anda bisa mendapatkan kembali kartu Anda.

Itulah beberapa cara mencetak ulang kartu Suica Anda yang hilang ketika berlibur di Jepang. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi permasalah tersebut agar aktivitas liburan Anda di Jepang dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *