Cara Mengembangkan Usaha Kue Kering Agar Semakin Maju

Bagi kalian yang senang dalam membuat aneka roti kering, memulai usaha roti kering seperti di saat seperti ini menjadi pilihan yang tepat. dan berikut ini adalah beberapa cara mengembangkan usaha kue kering

Kalian tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, dan pada saat ini pasarnya pun sedang dalam kondisi yang sangat bagus.

Banyak orang orang yang sedang mencari roti kering untuk di jadikan hampers lebaran untuk pengganti karena tidak bisa mudik tahun ini.

Untuk memulai usaha roti kering ini ada hal hal yang dapat kalian persiapkan sebelum memulai usaha ini.

Berikut ini terdapat beberapa saran dari owner sebuah toko roti kering Enaz Cookies yang bernama Eny Kurniawati.

Cara Mengembangkan Usaha Kue Kering

Usaha Roti Kering

1. Menyusun Rencana Bisnis Untuk Usaha Roti Kering.

“Untuk memulai usaha roti kering yang pertama adalah niat. Niat yang baik, maksudnya adalah niat untuk membahagiakan orang orang yang kita cintai dan orang orang yang ada di sekitar kita. Jika niat awal sudah baik pasti akan di beri jalan oleh Allah” begitu ujar Eny Kurniawati.

Jikalau kalian sudah berniat baik saatnya untuk menjalankan rencanamu. Mulailah untuk menyusun sebuah perencanaan bisnis semacam apa yang di inginkan jangan lupa petakan juga modal yang di miliki untuk memulai usaha roti kering ini.

2. Tidak Memerlukan Peralatan Canggih

Usaha Roti Kering
various kitchen utensils on wooden table

Yang kedua anda dapat langsung untuk memulai usaha roti kering karena anda tidak perlu peralatan peralatan yang canggih. Eny Kurniawati hanya memakai oven gas dan juga mixer yang sederhana pada saat mulai untuk merintis usahanya pada tahun 2015.

“membeli alat yang sederhana saja. Kalau hanya punya oven tangkring ya pakai oven tangkring itu saja. Terus untuk mixernya beki yang seratus ribu atau yang dua ratus ribuan saja juga sudah bisa di gunakan untuk membuat kue kring” ujar Eny.

3. Tambah Peralatan Usaha Roti Kering Secara Perlahan

Anda tak memerlukan peralatan yang sangat sangat canggih untuk membuat kue kering yang begitu lezat. Minimalisir pengeluaran modal yang berlebihan di awal dan tambah peralatan yang di butuhkan secara perlahan.

Hal ini yang di lakukan oleh Eny Kurniawati. Seiring berjalannya waktu Eny mulai bisa untuk menambah peralatan untuk menunjang bisnis kue kring miliknya.

Saat ini dia sudah dapat membeli dua oven deck dan juga satu mixer besar untuk meningkatkan produktivitas dari bisnis kue kering miliknya.

Yang awalnya hanya dapat membuat 350-400 stoples kue dalam bulan Ramadhan saat ini dia dapat memproduksi hingga 700 stoples kue pada bulan Ramadhan.

4. Berikan Tester Terlebih Dahulu

Sebelum memulai untuj menjual kue ke masyarakat, anda dapat memulainya dengan memberikan tester terlebih dahulu kepada orang orang terdekat. Berikan sedikit tester kepada mereka lalu mintalah pendapatnya tentang kue buatan anda.

Jika rasanya sudah pas dan cocok biasanya mereka akan memesan kue kering yang anda buat. Setelah itu pasti mereka akan menyebar luaskan tentang kue kring buatan anda kepada orang lain. Dengan cara ini anda mendapat promosi gratis.

5. Gunakan Bahan yang Berkualitas Pada Adonan

Usaha Roti Kering

Hal yang terpenting untuk memulai bisnis ini adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas untuk membuat adonan.

Penggunaan bahan baku yang berkualitas akan sangat berpengaruh pada hasil kue kering. Terutama untuk penggunaan margarin serta butter.

Eny mengklaim kalua kue kring buatan Enaz Cookies hanya menggunakan bahan baku yang berkualitas. Dengan demikian kue kering buatannya mempunyai tekstur yang lumer namun tak menempel di mulut.

6.Bereksperimen Sendiri

Untuk dapat menemukan sebuah resep yang pas, anda harus mau untuk melakukan eksperimen sendiri pada setiap komposisi bahannya

“Coba coba saja butter ini di campur sama ini rasanya seperti apa, komposisinya coba di ubah ubah sendiri. Kadang perbedaan antara brand kue yang satu dengan brand kue yang lain itu dari mix butter sama margarin” begitu kata Eny.

7. Manfaatkan Sosial Media

Manfaatkanlah sosial media sebagai sarana untuk promosi usaha anda. Eny pun menggunakan sosial media Instagram dan juga whatsapp untuk mempromosikan usaha kue miliknya.

Dengan cara seperti itu anda dapat menjangkau target pasar yang sangat luas. Bahkan bisa sampai keluar kota.

8. Cara Menentukan Harga Kue Kering

Yang terakhir yaitu cara untuk menentukan harga jual dari roti kering. Hal itu tergantung dari bahan baku yang di gunakan oleh anda serta target pasar yang ingin anda jangkau.

“Kalau saya yang di hitung dari bahannya dulu baru di tambah dengan tenaga, gas, dan listrik juga. Setelah itu baru nanti di bagi jadi berapa stoples. Juga di tambah dengan keuntungan yang mau di ambil. Mau ambil 30%, 40%, atau 50%” ujar Eny.

Ya itu tadu beberapa tips untuk memulai usaha roti kering yang di berikan oleh Eny Kurniawati. Semoga dengan tips ini usaha roti kering anda menjadi usaha kue rumahan yang laris. Untuk menambah varian anda dapat juga mencari tahu tentang resep usaha kue rumahan yang laris

Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *