Cara Menyimpan Kelapa Parut di Freezer

cara menyimpan kelapa parut di freezer

Cara menyimpan kelapa parut di freezer – Kelapa parut adalah bahan masakan dan juga bahan makanan yang keberadaanya dibutuhkan. Biasanya dijadikan bahan untuk membuat santan dan diproses untuk membuat suatu masakan. Selain di buat santan, kelapa parut juga dipakai untuk makanan makanan tradisional caranya yaitu di taburi diatas kuliner tersebut sebagai toppingnya.

Untuk pembuatan kelapa parut ternyata mudah hanya saja saat proses memarutnya memakan waktu yang agak lama. Biasanya menggunakan kelapa yang sudah tua dan di ambil dagingnya. Setelah daging kelupas, langkah selanjutnya yaitu proes pemarutan.

Namun perlu di ketahui bahwa kelapa parut ternyata mudah basi dan berbau jika tidak di simpan dengan baik serta benar. Perlu ada tindakan saat kelapa parut tidak dipakai, jika tidak sudah pasti kelapa parut tersebut akan basi dan hanya terbuang sia sia.

Saat ini banyak cara simpan kelapa parut agar tahan lama salah satunya yaitu di simpan di freezer, cara ini mudah dan sangat cocok untuk ibu ibu rumah tangga maupun pengusaha pengusaha kuliner. Adapun penjelasan cara simpan kelapa parut sebagai berikut.


Cara Menyimpan Kelapa Parut di Freezer

1. Dimasukkan Langsung

Cara yang pertama ini mungkin cara termudah menyimpan kelapa parut, untuk caranya yaitu jadikan satu ke dalam wadah maupun plastik. Jangan lupa di beri tutup yang rapat menghindari kelapa parut berantakan nantinya, setelah itu kelapa parut langsung di masukkan ke freezer.

2. Diberi Tambahan Garam

Cara selanjutnya yaitu sebelum dimasukkan ke freezer kelapa parut di campuri sedikit garam kemudian diaduk hingga campur merata. Tujuan di campurnya garam yaitu supaya kandugan kelapa parut bisa bertahan aman karena telah ada garam tersebut. Setelah tercampur rata kelapa parut dimasukkan ke dalam freezer kulkas.

3. Kelapa Parut Beku

Tips yang satu ini sedikit berbeda dengan yang atas, Anda perlu mengepal ngepal kelapa parut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas menggunakan tangan. Setelah berbentuk bulat seperti kepalan baru di masukkkan ke kulkas. Tujuan di bentuk kepalan terlebih dahulu yaitu agar kelapa parut membeku dengan baik dengan begitu bisa awet hingga beberapa minggu.

Cara Menyimpan Kelapa Parut Tanpa Kulkas

1. Simpan Didalam Plastik Tertutup

Pertama tama ambil plastik yang masih segel dan mudah diikat supaya tidak tercemar dengan udara, masukkan parutan kelapa ke dalam plastik perlahan lahan supaya tidak berceceran usahakan dibentuk pipih atau rata supaya mudah ditata. Jika kita menyimpannya ke dalam ruangan terbuka biasanya awet hingga 5-7 hari tergantung dari kualitas kelapanya, apabila kita memasukkan ke dalam kulkas itu bisa lebih awet bahkan bisa sampai 6 bulan parutan kelapa masih terlihat segar.

2. Kelapa Parut Kukus

Cara yang satu ini membutuhkan proses terlebih dahulu, parutan kelapa tersebut di kukus terlebih dahulu. Saat pengukusan kelapa parut dimasukkan ke dalam plastik, kemudian lubangi kecil kecil plastik tersebut dengan tujuan supaya ada udara yang bisa masuk. Kukus lah dengan menggunakan api kecil kurang lebih 15 menitan. Biasaya cara ini digunakan untuk membuat makanan tradisional yaitu digunakan sebagai toppingnya. Kelapa parut di taburi di atasnya sebagai bahan tambahan yang nikmat.

3. Segera Gunakan

Tips yang terakhir yaitu segera gunakan parutan kelapa untuk bahan makanan. Kelapa yang segar dan langsung di olah itu juga mempengaruhi kualitas masakan, menjadi semakin enak dan lezat.

Sekian ulasan tentang cara menyimpan kelapa parut lengkap, mudah kan? Selamat mencoba semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *