Cara Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi

Ketua Panitia Nasional Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rochmat Wahab menjelaskan terdapat tiga langkah penerimaan masuk yang sanggup ditunaikan oleh siswa untuk masuk perguruan tinggi negeri 2015. “Ada tiga cara, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri PTN,” katanya di Gedung Pendidikan Tinggi Senayan Senin 9 Februari 2015.

Rochat yang sekaligus Rektor Universitas Negeri Yogayakarta itu menjelaskan ketiga langkah itu. Pada ujian SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, penyeleksian siswa tidak dapat tersedia ujian tertulis. “Seleksi siswa dicermati berasal dari nilai rapor dan penelusuran prestasi,” katanya.

Nilai rapor yang dapat dicermati berdasarkan nilai rapor sekolah menengah atas berasal dari semester 1 sampai semester 5, (dari semester 1 kelas X sampai semester 2 kelas XII).

Penelusuran prestasi yang dapat menjadi pertimbangan seperti prestasi di bidang olahraga dan pengetahuan seni. “Bila tersedia siswa yang hafal Al Quran minimal 15 juz saja atau bahkan 30 juz, pretasi itu juga dipertimbangkan,” kata Rochmat.

Pada SNMPTN, panitia menambahkan kekuatan tampung sebanyak 50 % kuota tiap tiap program studi di tiap tiap perguruan tinggi negeri. “SNMPTN ini seperti PMDK (Program Penelusuran dan Kemampuan) di sementara dulu,” kata Bendahara SNMPTN Ravik Karsidi.

Pengumuman lulus SNMPTN 2015 dijadwalkan pada 9 mei 2015, tetapi pendaftaran kembali peserta yang lulus SNMPTN ini dapat ditunaikan pada 9 Juni 2015.


Kedua, SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi ini ditunaikan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan. Biaya ujian masuk ini dapat disubsidi oleh pemerintah.

Kuota yang dipersiapkan pada kategori ini bersifat 30 % di tiap tiap program studi di perguruan tinggi negeri. Ujian tertulis untuk SBMPTN ini ditunaikan pada 9 Juni 2015.

Cara terakhir adalah Seleki Mandiri Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini ditunaikan sendiri oleh PTN. Biayanya pun dibebankan kepada peserta. Sedangkan kuota yang dipersiapkan adalah 20 % di tiap tiap prodi di PTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *