Cara Memasak Sayur Sop Sederhana Enak Dan Cepat

makanan yang memiliki varian rasa yang banya,yaitu Cara Memasak Sayur Sop Sederhana Enak Dan Cepat makanan ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Apa Itu Sup

Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa.

Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Manfaat Sayur Sup:

1. Tingkatkan kekebalan Tubuh


Semangkuk sup dapat bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Sup terbuat dari campuran kaldu, daging ayam atau sapi dan aneka sayur-sayuran sehingga bersifat menyehatkan. Karena disajikan hangat, sup dapat melawan berbagai infeksi seperti flu, pilek dan demam.

Sup juga dikatakan sebagai sajian ‘one dish meal’. Dalam seporsi sup mengandung vitamin, mineral, serat, protein dan juga karbohidrat.alat pemotong sayur dan buah.

2. Mudah Dicerna


Sup merupakan salah satu makanan yang mudah untuk dicerna. Sup buatan sendiri lebih sehat dibandingkan dengan Anda membelinya. Jika membuat sendiri, Anda juga dapat mencampurkan beberapa sayuran tinggi serat seperti wortel, brokoli, kentang hingga jamur atau sayuran sesuai keinginan Anda. Sering mengonsumsi sup hangat, pencernaan juga lancar.

Sup buatan sendiri biasanya tidak menggunakan MSG (monosodium glutamat). Anda dapat menambahkannya dengan potongan tomat dan juga jamur untuk menghasilkan rasa umami.

3. Anti Inflamasi


Makanan utama dari sup adalah ayam atau daging sapi. Selain dipergunakan untuk kaldu, dagingnya juga sering dijadikan sebagai tambahan protein dan rasa gurih dari sup. Konon, sup hangat bisa jadi pereda inflamasi ketika cuaca dingin. Pada abad ke-16 sup ayam dikenal sebagai Penisilin Yahudi karena memiliki efek yang menenangkan.

Selain sup bening yang gurih, Anda juga dapat membuat cream soup. Dalam seporsi cream soup, mengandung zat gizi yang juga tinggi. Sayuran dapat dihaluskan dengan tambahan kaldu dan rempah sehingga rasanya semakin nikmat. Untuk menambah karbohidtrat, potongan roti panggang juga bisa dipadukan.

4. Komplet Gizi


Beberapa sumber mengatakan sup merupakan makanan terbaik untuk makanan saat sakit. Kaldu ayam mengandung vitamin, mineral dan beberapa kandungan lemak. Kuah hangat dapat membantu meningkatkan pernapasan dengan menyediakan hidrasi dan merangsang saluran hidung.

Sedangkan sayuran seperti wortel, kol dan brokoli mengandung vitamin A, C dan antioksidan yang dikenal dapat tingkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus. Untuk membuatnya, Anda dapat lihat beberapa resep sup di sini.

5. Menghidrasi Tubuh


Salah satu alasan yang paling penting untuk mengonsumsi sup saat sakit adalah hidrasi. Selama demam, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi sehingga sup kaya akan kandungan air dan mineral sehingga dapat membantu dehidrasi. Selain sup, Anda juga tetap perlu mengonsumsi air mineral untuk membantu proses penyembuhan.

Cara Memasak Sayur Sop

Bahan-bahan:

  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • 1 bungkus kaldu bubuk
  • 1 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 1/2 bagian kol
  • 1 bungkus makroni
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 1 sdm minyak(untuk menumis)
  • 1200 ml air

Cara Memasak Sayur Sop:

  1. Siapkan bahannya
  2. Potong2 sesuai selera & cuci bersih
  3. Iris tipis2 bawang merah & bawang putih,Tumis hingga harum
  4. Didihkan air,masukkan tumisan bawang merah & bawang putih,merica,kaldu bubuk,garam,sayuran & makroni.masak hingga matang
  5. Jadi deh
  6. Cepet ya bund
  7. Walaupun sederhana tapi keluarga suka
  8. Dipanas seperti ini makan sayur sop segerrr deh
  9. Selamat makan

Demikian artikel Cara Memasak Sayur Sop Sederhana Enak Dan Cepat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.sekian terima kasih.



Cara Membuat Permen Milo Setrika Berbagai Varian Rasa

Permen yang memilikira coklat yang kental dan rasa yang manis bentuk yang unik.kalian tidak perlu mencari san-sini kalian bisa Cara Membuat Permen Milo Setrika Berbagai Varian Rasa dirumah kalian.

Sejarah Milo

Minuman susu ikonik asal Australia, yakni Milo, genap berusia 80 tahun dan kota di mana produk ini pertama kali dibuat merayakan ikatan yang selama ini terjalin.

Pameran berjudul ‘Go and Go with Milo’ di wilayah Kempsey, New South Wales (NSW), ini menceritakan kisah hubungan mendalam antara produk susu itu dengan wilayah Macleay Valley.

Milo ditemukan di Sydney selama era Depresi Besar pada awal tahun 1930an oleh Thomas Mayne, seorang ahli kimia industri dan peneliti pangan Australia, untuk memastikan anak-anal mendapat nutrisi cukup dari pola makan mereka sehari-hari.

Produk ini diluncurkan pada acara Sydney Royal Easter Show di tahun 1934, dan tahun ini, stan pameran Milo yang asli turut dibuat ulang untuk menandakan usianya yang ke-80 tahun.

Perusahaan induk produk ini, yakni Nestle, mengatakan bahwa Milo adalah salah satu merek terbaik ketika perusahaan itu merayakan ulang tahun mereka di pameran musim semi tersebut.

Tapi seringkali dilupakan bahwa Milo pertama kali diproduksi, dan masih diproduksi, di sebuah pabrik di wilayah Smithtown dekat Lower Macleay, yang terletak di pantai utara NSW.

Manajer pabrik sekarang ini, yaki Matthew Oram, mengatakan, pameran -yang dibuka untuk umum pada hari Jumat -itu mencakup memorabilia, foto, peralatan teknis, paket dan poster.

Pameran itu juga menampilkan klip dan contoh video dari keterlibatan dan dukungan Nestle dalam banyak proyek komunitas serta dukungan mereka terhadap olahraga.mesin milo bentuknya hampir sama dengan mesin arum manis

“Tak banyak keluarga di Macleay yang tak bisa menemukan keterkaitan dengan produk atau pabrik ini dalam beberapa cara, jenis dan bentuk,” kata Oram.

Manfaat Milo

1.Kaya Protein

Setiap bagian dari tubuh kita membutuhkan protein untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seperti rambut, gigi, dan jantung.

Protein merupakan penyumbang asam amino yang baik dalam pola makanmu, protein juga membantu melindungi sel-sel di tubuh kita. Meminum susu Milo sebagai kudapan atau pelengkap saat makan dapat membuat kamu lebih kenyang.

2.Indeks Glycemic Rendah

Indeks glycemic (GI) ini adalah angka yang mengindikasikan efek makanan pada kadar gula dalam darah manusia. Angka standar indeks ini, yaitu yang setara dengan glukosa murni, adalah 100.

Serbuk Milo memiliki GI 55 bila dilarutkan dalam air. Yang menarik, bila serbuk Milo dilarutkan/dicampurkan dalam susu, GI-nya hanya sekitar 33. Sehingga Milo masih masuk dalam kategori baik dikonsumsi asal tidak eksesif.

Cara Membuat Permen Milo

Bahan:

  1. 4 sdm milo bubuk
  2. Cetakan jelly/permen/es kecil-bahan silikon (tahan panas)

Cara Membuat Permen Milo:

  1. Siapkan bahan (sesuaikan dengan besar cetakan) dan cetakan silikon
  2. Isi cetakan dengan milo bubuk sampai terisi penuh dan ratakan
  3. . Padatkan. Cetakan dihentak-hentakkan ringan sampai milo bubuk masuk ke cetakan semua, bisa ditambah milo lagi jika cetakan belum penuh, kemudian dengan bantuan sendok/plastik diratakan lagi
  4. Panggang dalam oven (yang sudah dipanaskan dulu) suhu 170°C selama 2 menit.
  5. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan. Siap dinikmati. Simpan dalam wadah kedap udara

Demikian artikel Cara Membuat Permen Milo Setrika Berbagai Varian Rasa terima kasih atas waktunya.semoga apa yang kalian baca banyak informasi untuk kalian dapatkan.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini dan  Kalian rindu nggak dengan jajanan legendaris ini,jajanan ini bernama rambut nenek jajanan ini pernah popular pada tahunnya ,yaitu pada tahun 1990-an jajanan ini sekarang jarang ditemukan tapi tenang saja mudah kok Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap.

Rambut Nenek

Rambut Nenek, jajanan yang tak asing bagi kalangan generasi 90an. Arum manis memiliki bentuk yang unik, ditambah cita rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan. Arum manis diminati oleh hampir seluruh kalangan, terutama anak-anak sekolah dasar dan menengah.

Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap juga sering disebut gulali rambut nenek. Hal ini karena bentuk dan warnanya sangat mirip dengan rambut ubanan orang tua. Jajanan ini masih bertahan hingga saat ini, walaupun pola konsumsi snack sachet dan gulali modern semakin bertambah.

rambut nenek dibuat dengan alat sederhana, berbeda dengan arum manis modern yang dibuat menggunakan mesin. Arum manis rambut nenek dibuat dengan bahan tepung terigu, gula, dan telur.

Bahan-bahan itu dimasak dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rambut. Setelah didiamkan beberapa saat, arum manis akan berbentuk kristal gula. Kristal gula tersebut akan mencair dan mengeluarkan rasa manis ketika dimakan.

Rambut Nenek masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan street food karena keunikan. Jajanan ini pada awalnya ditemukan di Italia, namun arum manis rambut nenek merupakan salah satu jenis jajanan arum manis khas Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Jajanan ini masih bertahan dengan romantismenya, walaupun popularitasnya kian surut.

Konsumsi snack/jajanan kini tengah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama pelajar dan pekerja yang membutuhkan asupan ditengah jeda rutinitasnya. Hasil survey yang diadakan oleh Mondelez menemukan bahwa biskuit industri menempati posisi teratas jajanan favorit masyarakat Indonesia. Nilai bisnis konsumsi jajanan masyarakat Indonesia mencapai 243 Trilliun Rupiah, sungguh pasar yang sangat mengiurkan untuk pelaku bisnis snack industri.

Peluang Usaha Rambut Nenek

Rambut Nenek sejenis makanan ringan yang dibuat dari gula pasir yang diproses menggunakan mesin arum manis. Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap mempunyai bentuk dan rasa yang beraneka ragam. Namun rasa manis tetap menjadi rasa dominan dari arum manis.

Gulali dibuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan. Namun terkadang gulali juga dibuat dari beberapa campuran bahan masakan lainnya. Sebagian besar penyusun gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya sangatlah besar, jika mengingat bahannya yang hanya 1 sendok makan gula.

Sebuah arum manis biasanya dapat mencapai ukuran sebesar bola basket, bahkan lebih besar. Arum manis biasanya dijajakan di stand – stand pasar malam atau event – event rakyat lainnya.

Warna arum manis yang paling banyak dijajakan adalah arum manis warna merah jambu, kuning, hijau muda, oranye, dan biru muda. Akan tetapi banyak juga yang menerapkan warna – warna pelangi, bahkan menyatukannya menjadi satu buah arum manis pelangi.

Mesin pembuat arum manis dari kami menghasilkan arum manis yang mempunyai kualitas kapas dan rasa tinggi. Tentu disesuaikan dengan takaran sesuai dengan keinginan anda. Dengan mesin pembuat arum manis usaha anda lebih mudah memproduksi arum manis yang berkualitas.

Tips Yang Bisa Kamu Lakukan:

  1. Untuk membentuk rambut nenek ini, butuh tenaga yang cukup ekstra. Jadi sebaiknya bagi adonan gulali menjadi dua atau tiga agar lebih mudah.
  2. Kamu bisa tambahkan pewarna makanan saat memasak adonan gulali.
  3. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah cairan gula sudah siap untuk ditiriskan.
  4. Siapkan mangkuk kaca berisi air dingin (air es), lalu tuang satu sendok makan cairan gula. Biarkan beberapa detik sebelum diambil. Kalau lembek dan gak bisa dibentuk bola, artinya gulali belum siap.
  5. Kalau teksturnya sudah agak kaku, bisa dibentuk bulat, tapi letoy dan garisnya turun saat ditarik horizontal, artinya gulali masih belum siap.
  6. Kalau teksturnya sudah kaku, bisa dibentuk bulat, dan membentuk garis yang kokoh saat ditarik horizontal, artinya gulali sudah siap dibentuk.
  7. Jika kalian ngak mau ribet,sekarang sudah ada mesin penbuat arum manis rambut nenek.
resep rambut nenek

Cara Membuat Rambut Nenek

Bahan 1:

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram
  • Bubuk vanila secukupnya

Bahan 2:

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya

Cara Membuat Rambut Nenek:

  1. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sejumput bubuk vanila (opsional), lalu masak hingga berwarna kecokelatan. Matikan api, sisihkan.
  3. Sembari menunggu dingin, kita buat adonan gulalinya menggunakan wajan antilengket. Lelehkan gula pasir dengan 400 ml air, panaskan dengan api sedang selama kurang lebih 20-22 menit. Sesekali aduk agar gula tidak menempel.
  4. Tekstur gula untuk membuat rambut nenek harus pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Jika gula sudah mengental dan berwarna kecokelatan, matikan api.
  5. Siapkan baskom berisi air dingin, letakkan wajan di atasnya sambil mengaduk gulali hingga berbentuk bola.
  6. Angkat gulali dan letakkan dalam kneading board. Tarik beberapa kali hingga teksturnya sedikit lentur, bentuk menjadi lingkaran besar.
  7. Lumuri dengan adonan tepung dan minyak yang sudah didinginkan sebelumnya, kemudian bentuk dengan cara dilipat menyerupai angka 8 sambil terus ditarik.
  8. Ulangi prosedur ini hingga gulali membentuk helaian-helaian tipis.

Macam-Macam Olahan Rambut Nenek:

1. Macaron arbanat

Macaron juga salah satu dessert  paling favorit, karena rasanya enak dan penampilannya eye catching. Sama seperti rambut nenek, macaron sering diburu karena punya tampilan retro dan Instagramable banget. Nah, apalagi kalau keduanya disatukan, pasti makin epik abis tuh penampilannya!

2. Es krim dan roti bakar dengan rambut nenek

Sepertinya macam-macam dessert  bisa jadi makin kece hanya dengan tambahan rambut nenek, seperti makanan yang satu ini. Di Bandung, ada kafe bernama Tako Lada yang memadukan rambut nenek dengan es krim dan roti bakar hingga terbentuk karakter unik. Cute banget ya, jadi gak tega memakannya.

3. Roti saimai, rambut nenek ala Thailand

Thailand memiliki jajanan tradisional yang mirip dengan rambut nenek, namanya roti saimai. Bedanya, warna makanan ini lebih beragam dan mencolok, seperti magenta, hijau, oranye, hingga ungu.Selain itu, cara penyajiannya pun unik, yakni menggunakan dadar gulung. Kamu bisa memilih adonan dadarnya yang original berwarna putih atau warna-warni. Gemas ya!

4. Susu papah, paduan gulali, dan susu murni

Aneka susu dengan topping pearl atau puding menjadi minuman yang sudah biasa. Nah, kamu harus coba campuran susu murni dengan arbanat yang cute ini di kedai Susu Papah. Kalau di daerah kamu belum tersedia, kamu bisa bikin sendiri di rumah karena bahannya mudah didapat. Yuk, coba!

5. Chinese style arbanat, dragon beard

Walapun bentuknya mirip kepompong ulat sutra, tapi nama makanan satu ini adalah dragon beard alias jenggot naga. Gulali asal China tersebut berupa lembaran lebih halus daripada rambut nenek dan di dalamnya berisi kacang tanah sangrai. Perpaduan manis, gurih, dan nutty itu dijamin bikin nagih deh!

Demikian artikel resep rambut nenek terima kasih atas waktunya semoga apa yang kalian baca banyak manfaatnya untuk kita semua.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Cara Membuat Permen

Hai kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik ini ya nama permennya ini adalah lollipop.diartikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua cara membuat permen

Asal-Usul Permen

Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu.

Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa.

Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.

Permen coklat pertama didunia diciptakan oleh seorang Belanda,Conrad J. Van Houten yang memeras biji coklat yang dimasaknya yang kemudian dicampur gula hingga menjadikannya permen.

Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet.Penemuannya tak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan hingga ban sepeda namun percobaannya selalu gagal.

Ketika ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Henry Nestle,seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat coklat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan coklat susu pertama didunia Lolly Pop, permen bertangkai ini diberinama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya.

Tak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollipop ini. Nanum mesin pembuat permen Lolly Pop diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

Clarence Crene menciptakan permen mint, ia sendiri sebelumnya membuat permen coklat, tetapi karena permen coklat mudah meleleh pada saat musim panas akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan yang lain.

Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya sudah ada di daratan Eropa namun kebanyakan berbentuk persegi.

Perkembangan Permen

Perkembanan permen lolli pop sebenernya dimulai pada awal abad 20 sejak ditemukannya mesin arum manis. McAviney Candy Company membuat permen padat panas yang diaduk dengan tangkai.

Awalnya,mesin ini hanya mampu membuat 40 permen lollipop per jam.pada tahun 1908 di Racine,Wisconsin,ditemukan mesin produksi permen lolli pop oleh Racine Confectionary machine.

Macam-Macam Permen Yang Ada DiDunia:

1. Lolipop

Lolipop adalah permen yang ditusuk oleh batang sebagai pegangan. Mengonsumsinya mirip seperti sedang menyantap es krim.Ternyata, awal mula permen lolipop ini berawal dari manusia purba yang mengonsumsi madu dengan menggunakan tongkat.

Lalu, di kebudayaan Arab, Cina, dan mesir kuno, lolipop modern dibuat dari campuran madu dan buah-buahan ataupun kacang-kacangan yang kemudian ditusuk dengan tangkai.

2. Marshmellow

Marshmellow kini sering kita temui. Permen ini punya tekstur yang sangat kenyal, dan lembut seperti busa. Permen ini juga mudah meleleh ketika terkena panas.

Teksturnya yang lembut adalah karena bahan utamanya. Marshmellow terbuat dari gula atau sirup jagung putih, telur, gom arab, bahan perasa, dan gelatin yang dikocok sampai mengembang.

3. Permen Karet

Permen karet atau Chewing gum adalah salah satu permen yang populer. Selain disukai anak-anak, permen karet juga biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Permen ini punya tekstur lengket, beragam warna dan rasa, serta bisa dibuat gelembung. Tapi, permen ini sangat tidak disarankan untuk ditelan.

4. Botan Rice Candy

Botan Rice Candy adalah permen dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Namun akan meleleh ketika di mulut. Botan Rice Candy biasanya punya rasa jeruk atau lemon. Botan Rice Candy merupakan permen tradisional Jepang yang kini telah mendunia.

5. Licorice Candy

Permen ini terbuat dari ekstrak licorice atau akar manis Glycyrrhiza Glabra. Permen ini cukup terkenal di Inggris dan juga negara-negara nordik.

6. Turkish Delight

Turkish Delight punya nama asli lokum atau cyprus delight. Permen ini merupakan campuran dari tepung, gula bubuk dengan air mawar atau lemon. Biasanya ditambahkan pula dengna ptongan-potongan kecil walnut, almond, dan juga kacang kenari.

7. Nougat

Nougat adalah salah satu jenis permen yang punya tekstur cukup lunak dan sedikit keras. Tingkat kekerasannya tergantung dari bahan yang digunakan. Namun, bahan utama Nougat adalah gula atau madu, kacang panggang, dan buah kering.

Nougat punya dua macam, nougat putih dan cokelat. Nougat putih biasanya terbuat dari putih telur yang dikocok sampai halus. Sedangkan nougat cokelat terbuat dari karamel.

8. Gummy Bear

Gummy Bear cukup sering kita jumpai. Permen ini biasa disebut dengan permen jelly. Teksturnya yang kenyal dengan warna transparan membuat permen ini cukup digemari oleh anak-anak.

9. Brigadeiro

Brigadeiro terbuat dari susu dan bubuk kokoa. Permen ini cukup populer di Brazil dan biasanya digunakan sebagai hiasan kue dan es krim.

10. Ginger Candy

Nah, kalau Ginger Candy atau permen jahe adalah permen yang populer di Indonesia. Teksturnya kenyal dengan rasa jahe yang sangat kuat. Permen ini pernah dicatat dalam buku yang berjudul Island of Java karya John Joseph Stockdale.

Permen jahe ini dipercaya bisa menyembuhkan perut kembung dan menyegarkan tenggorokan.

Resep Cara Membuat Permen Di Rumah:

1.Cara Membuat Permen jelly

Bahan-bahan:

  • agar-agar plain
  • air matang
  • gula pasir
  • Essens aneka rasa buah
      

Cara Membuat Permen Jelly:

  1. Pertama-tama masukkan bubuk agar-agar, gula pasir dan air. Masak sampai mendidih, lalu aduk sampai gula benar-benar larut.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri essens sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
  3.  Siapkan loyang, kemudian tuang adonan agar-agar lalu diamkan sampai mengeras.
  4.  Potong-potong adonan permen jelly agar-agar yang sudah mengeras, lalu jemur di bawah terik matahari. Bolak-balik agar cepat kering.
  5. . Masukkan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara.
  6. . Permen jelly siap untuk disajikan.

2. Cara Membuat Permen cokelat mede.

Bahan-bahan:

  • 3 blok cokelat batangan
  • Kacang mede sangrai secukupnya

Cara Membuat Permen cokelat mede:

  1.  Potong cokelat kecil-kecil.
  2. Masukkan dalam panci anti lengket. Atau menggunakan wadah kaca.
  3. Tim diatas api sedang hingga cokelat meleleh.
  4.  Siapkan cetakan. Masukkan kacang mede ke dalam cetakan.
  5. Tuang cokelat leleh ke dalam cetakan.
  6.  Diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang.
  7. Masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 10 menit hingga cokelat mengeras.
  8. Keluarkan permen cokelat dari cetakan. Sajikan.

3. Permen cokelat caramel


Bahan-bahan:

  • 1 sdm susu kental
  • 1 sdt vanilla
  • 1/4 sdt garam
  •  100 gram butter
  •  100 gram gula pasir putih
  •  2 sdm sirup jagung
  •  Cokelat blok sesuai selera

Cara Membuat Permen cokelat caramel:

  1.  Panaskan sirup jagung dan gula dengan api sedang.Aduk sampai menjadi karamel, masukkan butter dan susu.
  2. Kecilkan api, aduk terus sampai menyatu. Kemudian matikan api. Masukkan vanilla dan garam sambil diaduk rata.
  3. Lelehkan cokelat, kemudian buat satu lapisan pada cetakan, dinginkan sebentar dengan suhu ruangan sampai mengeras.
  4. Masukkan caramel, kemudian tutup dengan cokelat.Biarkan mengeras, sambil taburkan garam di atasnya.

Demikian artikel cara membuat permen terima kasih atas waktunya.semoga apa yang kalian baca banyak manfaatnya untuk kalian.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Cara Membuat Gulali Gula Pasir Mudah Enak Dan Murah

jajanan apa yang disukai oleh anak-anak? Biasanya mereka makan-makanan yang manis-manis, seperti cake, kue bolu, permen, atau gulali. Teksturnya yang lembut membuatnya jadi makanan favorit.

cara membuat gulali gula pasir Terlihat sepele, tapi peluang usahanya sangat menguntungkan kantong Anda.

Sejarah Gulali Gula Pasir

Gulali pada awalnya dikenalkan oleh William Morrison dan John C. Wharton dengan sebutan peri benang yang menyerupai kapas. Selain terkenal dengan sebutan gulali, peri benang di daerah Indonesia dikenal dengan sebutan arum manis.

Sedangkan gulali di daerah Indonesia yang dimaksud yaitu memiliki tekstur yang padat dengan berbagai jenis dan bentuk.

Gulali sendiri memiliki banyak jenis. Jenis yang paling disukai dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup sehingga menghasilkan bunyi seperti peluit.

Penjual Rambut Nenek Di Indonesia

Di Indonesia, penjual gula kapas masih bisa dibilang sangat sedikit. Hal itu dikarenakan memang banyak yang memandang usaha gula kapas ini adalah usaha rendahan.

Padahal, jika kita perhatikan lagi, profit yang bisa didapat dari usaha gula kapas ini dapat melebihi gaji karyawan kantoran bahkan PNS sekalipun. Para menggunakan pewarna makanan, warna biru ngejreng atau merah muda, sehingga menarik mata calon pembeli.

Bahkan ada pedagang yang menjualnya dengan bentuk unik, misalnya gulali bentuk hati atau anak ayam.Penjual biasanya berjualan di pasar malam atau di depan sekolah TK dan juga SD. Karena konsumennya rata rata adalah anak kecil. Anak anak itu langsung merayu orang tuanya untuk dibelikan gulali.

Peluang Usaha Gulali Gula Pasir

Anda ingin berjualan gulali? Keuntungannya memang cukup tinggi. Karena hanya butuh 1 sendok makan gula pasir untuk setiap arum manis yang dijual.  Tapi, tentu anda harus memiliki kesabaran dan ketrampilan dalam mengoperasikan mesin pembuat arum manis dan juga kemampuan analisa usaha.

Banyaknya saingan penjual juga membuat peluang usaha makin mengecil. Tapi jangan khawatir, rezeki sudah diatur oleh Tuhan. Anda tinggal mempersiapkan mesin arum manis, gula pasir, gerobak dan jangan lupa strategi berdagangnya.

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Bahan-Bahan:

  • gula pasir
  • asam citrunpasta pandan atau pasta stroberi
  • asam citrun
  • air matang

Alat-Alat:

  • centong kayu
  • sendok makan
  • wajan besar

Cara Membuat Gulali Gula Pasir:

  • Pertama masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
  • 2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
  • 3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
  • 4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
  • 5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Macam-Macam Olahan Gulali:

1.Cara Membuat Gulali kelapa

Bahan-bahan:

  •  gula pasir
  •  kelapa potong-potong
  • air
  •  jeruk nipis
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Gulali Kelapa:

  1. Siapkan semua bahan. Pewarna saya pakai red velvet. Sudah beli belum pernah kepakai
  2. Panaskan wajan anti lengket. Masukkan semua bahan. panaskan selama 5 menit
  3. Sambil menunggu 5 menit siapkan wadah olesi minyak. Untuk tempat menuang gulali
  4. Tuang gulali. Tunggu dingin dan ambil dengan lidi sambil di tarik pakai tangan. Pewarna red velvet nggak kelihatan

2.Cara Membuat Gulali Brownies Teflon

Bahan-bahan:

  • Coklat collata(lebar nya seukuran dua ruas jari)
  • 1 sdm gak penuh Margarin filma
  • 1 sdm butter royalkrone gold
  • 1 sdm gula Jawa disisir
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm terigu segitiga biru
  • Seujung sdm baking powder
  • Secukupnya keju parut
  • Air mendidih untuk tim
  • Teflon ukuran ceplok telur

Cara Membuat Gulali Brownies Teflon:

  1. Masukan butter+ margarin+ coklat ke gelas, tim diatas air mendidih sampai mencair, angkat gelas dari air
  2. Masukan gula Jawa+ gula pasir ke gelas, aduk rata, gula Jawa meleleh
  3. Tambahkan terigu, aduk rata
  4. Tambahkan baking powder, aduk rata
  5. Siapkan teflon, oles margarin dan tabur sedikit terigu
  6. Tuang adonan di teflon, ratakan, tabur keju, ratakan
  7. Masak diatas api yang hampir mati selama 10- 13menit, (dalam keadaan ditutup)
  8. Siap dihidangkan selagi hangat

3.Cara Membuat Pisang Goreng Gulali

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang belah 2
  • 5 sdm tepung sasa pisang goreng
  • 50 ml air mineral
  • 1/4 sdm vanili
  • toping
  • 5 sdm mentega
  • 1 gula pasir

Cara Membuat Pisang Goreng Gulali:

  1. Masukan adonan lalu goreng
  2. Isi panaskan mentega lalu masukan gula pasir
  3. Taburkan isi keatas pisang sudah diangkat lalu angkat maka keluar menjadi gulali

Demikian artikel Cara Membuat Gulali Gula Pasir.Terima Kasih atas waktunya,Semoga apa yang kalian baca tadi banyak manfaatnya.bila ada kata-kata atau penulisan yang tidak tepat mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Nasi Box Kekinian Sebagai Makanan Praktis Populer

Dengan kemasan modern yang digunakan didalam penyajian masakan matang yang lengkap, sementara ini bisa saja umumnya orang tetap mengfungsikan kemasan kertas makan coklat, atau styrofoam, untuk mengemas makanan.

Namun dengan jadi berkembangnya zaman, maka banyak orang yang idamkan kemasan yang jauh lebih kecil, dan praktis. Maka berasal dari itu sementara ini banyak sekali beredar menu nasi box kekinian yang mengfungsikan kemasan yang ringan dibawa, kecil, dan juga lebih praktis tidak memakan banyak tempat.

Kemasan nasi box ayam bakar modern yang sementara ini banyak dipakai didalam penyajian makanan di beberapa catering atau tempat makan umumnya mengfungsikan kemasan berbahan basic kardus, atau kertas yang kuat, tebal, dan kokoh. Terlebih juga banyak sekali dijumpai banyak kualitas kertas atau karton yang miliki ukuran ketebalan yang bagus.

Selain itu dengan mengfungsikan kemasan kertas atau karton ini maka harga yang dikeluarkan jauh lebih murah, dan terjangkau, selain itu juga benar-benar ringan di jumpai dengan beraneka ukuran, dan kualitas yang diberikan.

Selain itu juga pemahaman mengenai bahaya pemanfaatan styrofoam wajib dimengerti sebab layaknya yang diketahui sementara ini bahwa, pemanfaatan styrofoam benar-benar tidak baik untuk kesehatan, terutama jikalau makanan yang dapat dikonsumsi benar-benar lama berada di didalam styrofoam, maka tidak styrofoam selanjutnya juga bisa membahayakan kesegaran bagi yang mengkonsumsinya.

Dengan pemanfaatan kemasan kertas bisa lebih ringan untuk dibentuk, dan digambar cocok dengan permintaan para pencetus nasi box kekinian. Bentuk dan format kemasan selanjutnya umumnya miliki susunan bangun yang di dalamnya berwujud kotak,yang dapat memudahkan penyusunan, dan penataan isi lauk, dan nasi yang dapat di sajikan kepada konsumen.

Dengan kepopulerannya selanjutnya maka sementara ini sudah banyak sekali di banyak tempat makan yang sediakan menu nasi box kekinian, lebih-lebih terkandung analisis bahwa banyak nasi box yang mengfungsikan sarana yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan sarana nasi kotak di catering, makan di tempat, dan lain sebagainya,

dengan mengfungsikan wadah berwujud box ini maka para pelanggan dapat jauh lebih dipermudah didalam pembelian nasi box kekinian yang bisa sesuai dengan layanan.

Nasi box kekinian adalah bukan tidak benar satu makanan, lebih-lebih wujud kemasan dengan mengfungsikan kertas karton untuk pembungkusnya, dan di didalam pembungkus selanjutnya maka terkandung makanan utama, lauk tambahan, nasi, dan juga tambahan snack.

Nasi box atau yang sering disebut sebagai nasi kotak adalah paket catering yang jauh lebih praktis, dan juga benar-benar laris di kalangan para pelanggan yang notabene adalah para pemuda “jaman now” yang benar-benar mengutamakan rasa, dan kemudahan, serta kepraktisan.

Nasi box ini juga banyak digemari oleh para pemuda atau beberapa orang yang benar-benar mengutamakan nilai kepraktisan. Nasi box bisa dimisalkan dengan menu prasmanan, dan kita bisa memperoleh banyak lauk,

namun dengan porsi yang kecil dan tidak memakan banyak tempat jikalau kita idamkan menyimpan makanan selanjutnya di tempat yang terbatas, tapi jangan salah, dimakan sendiri pun sudah bisa membuat kekenyangan.

Ini Yang Harus Kamu Tau Tentang Nasi Box Kekinian


Nasi box kekinian adalah olahan nasi kekinian yang sementara ini tengah banyak digemari atau kondang di tengah masyarakat, dengan banyaknya kesibukan, serta padatnya jadwal aktivitas yang kita miliki setiap harinya maka membuat banyak penduduk yang jauh lebih memilih untuk mengonsumsi nasi box kekinian,

nasi box kekinian ini juga benar-benar kondang lebih-lebih berasal dari menu, dan juga lauk yang sederhana, dan cocok sehingga bisa memudahkan untuk dikonsumsi, dan menu satu ini juga benar-benar cocok dinikmati kapan saja, dan di mana saja.

Dan nasi kotak ini berisikan nasi, dan juga beberapa menu lauk rumahan yang sering kita temukan di menu makanan rumahan, layaknya halnya lauk tongkol sambal matah, tumis sambel ijo, rendang, ayam rica-rica, orek tempe, cumi lada hitam, udang asam manis, dan banyak lainnya.

Yang membedakan menu nasi box kekinian dengan nasi bungkus atau nasi kotak pada umumnya adalah nasi box yang dilengkapi dengan esensi kekinian yang cocok dengan zaman sekarang, kemasan nasi box kekinian benar-benar miliki wujud yang elegan, dan mewah,

selain itu juga benar-benar sederhana dibandingkan dengan nasi bungkus, atau nasi kotak pada umumnya. Nasi box kekinian ini benar-benar ringan untuk dibawa kemana saja, yang berisikan beraneka menu lauk pauk atau sayuran rumahan sederhana yang khas berasal dari Indonesia,

namun demikianlah juga nasi box kekinian juga miliki harga yang lumayan terjangkau, maka hal selanjutnya dapat menarik perhatian para pemuda, dan juga para pekerja kantoran. Saat idamkan memadupadankan menu di tiap nasi kotak,

maka hal selanjutnya tidak boleh sembarangan, selain wajib memperhatikan harga, dan juga menu yang ada di didalam nasi box kekinian selanjutnya sehingga bisa menjadi tidak benar satu kolaborasi yang benar-benar unik.

Mengetahui Akan Memasak Makanan Apa


Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia miliki banyak sekali pulau, dan di Indonesia sendiri banyak miliki cita rasa yang beragam, dan juga dengan beraneka rempah yang di sajikan dengan dengan hidangan. Atau jikalau kalian idamkan mengfungsikan cita rasa yang Asia, maka kalian bisa mengfungsikan menu masakan Asia.

Tujuan berasal dari memilih menu berasal dari jenis masakan tersebut, antara lain adalah sehingga kalian lebih dimudahkan untuk mendapatkan resep dan bisa menyaksikan beraneka inspirasi masakan apa saja yang ada di dunia, selain itu juga bisa lebih menjangkau banyak orang untuk tertarik mencoba masakan yang dibuat.

Membuat List Lauk yang Ingin Dimasak


Seperti jikalau kita dapat membuat masakan khas Jawa, maka kalian bisa mengurutkan daftar lauk khas Jawa yang idamkan kalian tambahkan di didalam menu nasi kotak, layaknya jikalau : ayam goreng, gudeg Jogja, sambal goreng, dan banyak lainnya.

Namun, jangan cuma berpangku pada satu menu saja, tapi kalian wajib miliki banyak menu lainnya yang menurut kalian enak, dan menarik. Apabila kalian menyaksikan menu selanjutnya sangatlah umum,

maka kalian bisa kerucut kan ulang menjadi beberapa menu khusus layaknya jikalau menu ayam goreng taliwang, ayam kalasan, ayam goreng pop, dan lain sebagainya. Hal selanjutnya bertujuan untuk menarik minat orang lain, dan juga sehingga menu yang dapat kalian tambahkan jadi bervariasi.

Pada dasarnya orang jauh lebih menyukai menu makanan yang bervariasi, unik, dan jarang ditemukan di tempat lain, dibandingkan dengan menu lauk yang sering di sajikan di beraneka sajian menu pada umumnya.

Mengelompokkan Bahan-Bahan Dasar


Setelah kalian selesai memperoleh daftar lauk yang dapat kalian sajikan, maka sesudah itu kalian bisa mengelompokkan hal selanjutnya dan dibagikan cocok dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan, layaknya halnya daging ayam kalian kelompokkan dengan bahan lainnya dengan dengan daging, lantas bahan sayur mayur kalian gabungkan dengan sayur mayur lainnya.

Seperti yang kita menyaksikan bahwa banyak sekali nasi box kekinian yang membuat daging menjadi tidak benar satu menu utama didalam nasi box yang mereka sediakan, dan nyaris di semua menu terkandung menu utama daging, merasa berasal dari daging ayam, atau daging sapi, jikalau tidak mengfungsikan daging maka pilihannya cuma telur atau ikan.

Selanjutnya adalah menu tambahan layaknya halnya sayuran yang umumnya terkandung di didalam nasi kotak, sayuran selanjutnya miliki manfaat yaitu untuk menyeimbangkan gizi yang sudah terkandung di didalam sajian tersebut.

Menu sayuran juga tidak bisa menjadi menu utama sebagai pilihannya kalian wajib menambahkan daging ikan, ayam, sapi, atau telur sebagai pilihan pertama, terutama penduduk di Indonesia adalah tidak benar satu tipikal orang yang tidak senang mengonsumsi sayur.

Maka berasal dari itu jikalau kalian menjadikan sayuran sebagai menu utamanya maka sudah dipastikan tidak banyak yang tertarik dengan menu tersebut.

Selanjutnya kalian bisa menambahkan menu tambahan layaknya menu lauk pauk lainnya yang tidak benar-benar mahal dengan menu utama yang ada di didalam list menu kalian, hal selanjutnya ditunaikan sehingga isian nasi box selanjutnya selalu ramai dan, kalian juga tidak dapat rugi.

Menu pelengkap ini layaknya halnya tambahan nugget, sausage, karage, dan banyak lainnya, tapi kalian juga wajib memperhatikan menu pelengkap selanjutnya cocok di padu padankan dengan menu utama, dan menu lainnya,

sepertinya jikalau tidak ada menu pelengkap selanjutnya juga nasi box selanjutnya tidak dapat merasa lengkap.

Cara Membuat Kulit Samosa Yang Multiguna

Halo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini mimin bakal membahas tentang cara membuat kulit samosa yang multiguna dan bisa digunakan untuk sajian makanan yang berkulit loh sob. Ya, benar kulit samosa memang bisa dijadikan frozen food yang instan ketika kita ingin menggorengya kembali di lain waktu.

Untuk membuatnya sobat tidak perlu khawatir karena kini mimin bakalan membantu sobat semuanya untuk membuat kulit samosa yang istimewa nih. Jadi mudah sekali sobat tinggal mengikuti arahan yang mimin tulis melalui artikel ini. Rasanya pun gurih serta awet dan tahan lama. Bisa digunakan untuk jangka panjang loh sob.

Saat membuat, perhatikan alat dan bahan. Gunakan selalu alat dan bahan yang bersih untuk menjaga tingkat sanitasi pelat yang akan dibuat. Jangan sampai alat masak menjadi kotor, karena bisa menimbulkan bakteri dan bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, sekalipun tidak menggunakan alat masak, kita harus rajin dalam membersihkan. Cukup cuci dengan sabun dan air mengalir yang bagus, apakah bisa dimengerti sob?

Cara Membuat Kulit Samosa yang Awet

Sebenarnya kulit samosa ini juga bisa digunakan untuk sajian lain seperti martabak, terang bulan asin, dan juga sajian seperti risol dan lumpia. Namun sobat perlu mengetahui karakteristik dasar kulit samosa yang memiliki tingkat air dibawah 20% agar hasil jadinya bisa awet tahan lama dan tidak mudah basi ketika disimpan dalam jangka panjang.

Bahan

  • sejumput garam sekitar 2 sendok teh
  • 170 gr tepung terigu protein sedang merek bebas
  • secukupnya minyak goreng untuk olesan
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 50-60 ml air

Langkah-Langkah Membuat Kulit Samosa

Kulit samosa yang kita buat kali ini menggunakan tepung  terigu dan dicampurkan dengan beberapa bahan lain. Sobat perlu ketahui bahwa resep yang satu ini bisa dikembangkan dengan mudah dan fleksibel. Jadi tidak harus terpatok pada satu sisi saja. Sobat juga bisa mengembangkan sajian dan berkreasi dengan baik. Karena berkreasi itu seru dan menyenangkan sob

Untuk membuat kulit samosa yang multiguna silahkan sobat perhatikan tahap tahap berikut ini :

  1. Masukkan tepung ke dalam wadah, tambahkan garam, minyak dan air. (Aduk rata). Tuangi sedikit air agar bisa empuk ketika diuleni. Untuk mengaduk adonan sobat bisa menggunakan mixer roti yang serbaguna untuk meratakannya.
  2. Uleni selama 10 menit, sampai lembut. Diamkan selama 15-30 menit. Lapisi dengan kain. Jika adonan masih belum terlihat halus, silahkan uleni kembali atau tambahkan sedikit telur.
  3. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama. bulat.
  4. Buka setiap lingkaran dengan lebar 5 inci (12,5 cm).
  5. Lalu, ambil 1 adonan pipih, olesi semua permukaannya, dan taburi tipis-tipis tepung (tujuannya agar tidak saling menempel saat menggulung). Tumpuk kembali dengan adonan, lalu olesi lagi dengan tepung. Sampai habis. Untuk permukaan atas terakhir, Anda tidak perlu mengoles yang atas sendiri lagi (setelah ditumpuk, sebaiknya diamkan minimal 15 menit agar adonan empuk)
  6. Setelah ditumpuk, taburi dengan lapisan tipis tepung, lalu giling hingga lebarnya 9 inchi (22.5 cm), jika ingin lebih tipis bisa di tambahkan lebarnya menjadi 23 cm atau 24 cm
  7. Adonan sudah siap / dipanaskan dalam oven selama 1-2 menit, sampai agak kering. Jangan lupa untuk memutarnya bolak-balik. Jika Anda tidak memiliki wajan, gunakan loyang saja dan panaskan di atas kompor dengan api kecil. Anda juga bisa menggunakannya di oven.
  8. setelah selesai keluarkan dan lalu bisa disimpan dalam kulkas.

Tentang Kulit Samosa

Kulit samosa selain bisa dijadikan sebagai lapisan luar samosa, juga bisa dijadikan lapisan kulit luar lumpia dan lapisan risoles basah. Karena sebenarnya bahan dari lapisannya ini sama dan identik. 

Untuk mengoven sajian tersebut sobat bisa menggunakan oven gas yang sangat powerful dan cocok digunakan untuk memanggang segala jenis makanan sobat.

Perlu Anda ketahui bahwa resep membuat ini dapat dikembangkan dengan mudah dan fleksibel. Karena itu, tidak harus diperbaiki hanya pada satu sisi. Teman juga dapat mengembangkan produk dan menggunakan kreativitasnya. Karena kreasi itu menyenangkan, benar begitu sob?

Baik sobat sekalian, cukup sekian artikel yang dibuat oleh mimin. Jika menurut anda ini bermanfaat untuk sobat, silahkan share artikel ini ke sahabat, keluarga, sahabat atau orang terdekat lainnya. Semoga bermanfaat untuk semua orang. Sampai jumpa di artikel Mimin berikutnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Cara Membuat Bakso Daging untuk menyambut Kurban

Cara Membuat Bakso Daging – Siapa yang tidak kenal bakso? tua dan muda, tentu saja, tahu bakso. Makanan yang terbuat dari daging dan harganya yang cukup terjangkau, menjadikan makanan ini menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Berbagai masalah seperti mengandung boraks, terbuat dari daging tikus, dan masih banyak lagi bakso yang masih populer di Indonesia. Bakso umumnya disajikan dengan kaldu sapi, ditemani mie putih, mie kuning, perisa, bawang goreng, hingga saus dan saus sambal.

Bagi Anda yang mungkin tidak tahu, bakso dibuat dari daging sapi tumbuk dan kemudian ditambahkan bumbu dan dibentuk sehingga menjadi bakso daging yang lezat. Lebih bagus lagi jika ukuran bakso lebih besar dan dicampur dengan daging cincang dan campuran vena. Bagi yang ingin tahu jenis-jenis bakso, mari kita simak jenis-jenis bakso berikut ini:

1. Resep untuk Membuat Bakso Daging Sapi

Terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan tepung dan dibentuk dalam bentuk bulat. Sebagian besar bakso yang dijual di Indonesia adalah bakso sapi, dan merupakan bakso paling populer dan harganya terjangkau.

Jika Anda memiliki tempat yang jauh dari menjual bakso daging sapi, sekarang jangan khawatir lagi karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, tentunya jika menggunakan mesin pencetak bakso akan lebih mudah prosesnya. Berikut ini cara membuat bakso daging sapi :

Bahan:

• 1/2 sendok teh agar biasa

• 500 gram daging sapi

• 1 butir telur

• 20 es batu persegi kecil

• 1 sendok teh baking powder

• 8 sendok tapioka

• 1/2 totole

• 2000 ml air dingin

• 1/2 sendok makan gula

• 5 Bawang putih, diiris, digoreng

• 1 sendok makan garam

• 5 bawang merah, irisan, digoreng

• 1 bungkus lada

Resep untuk Membuat Bakso Daging Sapi

1. Giling daging sapi dengan es batu dan air dingin, lalu tambahkan telur, dan bumbu.

2. Rebus air kemudian bulatkan bakso dan masukkan ke dalam air. Angkat jika bakso sudah mengambang. Sebelumnya Anda bisa mengecek rasanya, cukup tambahkan 1 bakso kecil untuk mengetahui rasa bakso tersebut.

3. Setelah semua bakso matang, masukkan ke dalam air dingin. Biarkan lebih kenyal.

2. Cara Membuat Bakso Ayam

Bakso ayam hampir mirip dengan bakso sapi, bakso ayam cukup populer di kalangan masyarakat. Memang jenis olahan ini tidak begitu populer, terutama bakso dengan tekstur daging yang sedikit “berantakan” meski masih bundar tetapi bakso ini mudah ditemukan di daerah sekitarnya. Berikut ini satu resep bakso ayam:

Cara Membuat Bakso Daging ayam

Bahan:

• 1 sendok teh garam

• 1 kg ayam, tanpa tulang, ditumbuk

• 50 gram pati

• 1 sendok teh lada

• 4 siung bawang putih, haluskan

• 1 butir telur

• 2 sendok makan bawang merah goreng

• 40 gram es batu, dihaluskan

• 1 sendok teh garam

• 2 L air

Resep Bakso Ayam

1. Masukkan ayam giling ke dalam wadah, campur tepung, telur, lada, garam,bawang putih tumbuk dan bawang merah goreng. Uleni dengan tangan sampai semuaya tercampur.

2. Jika adonan masih lunak dan sulit dibentuk, maka tambahkan es batu perlahan-lahan sampai terasa seperti adonan bisa terbentuk.

3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.

4. Ambil adonan dengan tangan lalu bentuk bundar dengan satu tangan ditekan sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan ibu jari.

5. Masukkan adonan yang sudah dibentuk menjadi air panas.

6. Lanjutkan sampai semua adonan habis.

7. Jika bakso sudah melayang maka bakso sudah matang, lalu keluarkan. kamu bisa mendiamkannya dalam suhu ruangan ber ac yang sudah terawat dengan baik oleh tim service ac jogja untuk menjaga baksomu tahan lama.

Cara Membuat Soto Ayam, Hidangan Kuah Segar Di Siang Hari

Cara Membuat Soto Ayam- Siapa yang tidak kenal makanan berkuah yang lezat ini. Soto ayam cocok disantap saat saat cuaca dingin. Kali ini, jika tertarik mencicipi soto ayam, ada baiknya Anda mengenal makanan yang satu ini.  Soto merupakan masakan Indonesia paling populer dan paling banyak ragamnya. Meskipun memakai bumbu yang berbeda, kaldu ayam yang berbumbu merupakan bahan terpenting dalam soto ayam.

Soto ayam dibedakan menjadi dua jenis, berkuah bening dan berkuah kuning. Karena merupakan jenis sup, maka kelezatan soto ayam terletak pada kualitas kaldu ayam yang kemudian diberi bumbu. Rahasia kelezatan soto terletak pada kaldunya. Meskipun terlihat mudah, ada beberapa trik meracik soto yang gurih sedap.

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia sejenis sup dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan memakai bumbu kunyit.

Tidak hanya berwarna kekuningan, soto ayam juga ada yang berkuah bening. Tidak kalah lezat dengan soto ayam yang berkuah kuning. Dua-duanya memiliki rasa yang khas.

Jika mencari resep soto ayam terenak, Anda bisa memilih resep yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Ingin tahu, apa saja soto ayam terenak di Indonesia? Berikut berbagai resepnya,

Bahan:

– 1/2 kilo gram ayam
– 1,5 liter air bersih
– Lembar daun salam
– 2 Batang serai
– 1 Ruas lengkaus
– Minyak goreng secukupnya saja
– Garam secukupnya saja
– Gula secukupnya saja
– Penyedap rasa secukupnya
– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan alat pengupas bawang
– 1 ruas kunyit
– 1 ruas jahe
– 3 buah kemiri
– Merica secukupnya
– 2 ikat so’un (rendam dengan air panas dan tiriskan)
– 1/2 buah kubis (iris tipis-tipis)
– 1 bungkus taoge (siram dengan air panas dan tiriskan)
– 1 batang daun daun bawang
– Kerupuk merah secukupnya
– Sambal kacang/cabai uleg
– Kecap secukupnya
– 2 lembar daun salam
– 1 ruas lengkuas yang digeprek


Cara Membuat Soto Ayam :

1. Rebus ayam bersama dengan serai, daun salam dan lengkuas. Tunggu sampai mendidih.
2. Haluskan bahan bumbu halus lalu tumis dengan minyak hingga baunya harum.
3. Jika rebusan ayam sudah mendidih, masukan bumbu yang telah ditumis tadi, lalu aduk sampai merata.
4. Selanjutnya masukan garam, gula dan penyedap rasa (secukupnya saja). Tes rasanya apakah sudah pas atau belum.
5. Lihat apakah ayam sudah matang. Jika sudah, angkat untuk digoreng.
6. Jika sudah digoreng, suwir dan siapkan ke dalam mangkuk bersama dengan bahan pelengkap seperti kerupuk atau taoge lalu siram dengan kuah soto di atasnya. Tambahkan nasi dari padi yang diolah dengan mesin panen padi.
7. Tambahkan kecap dan sambal sesuai keinginan dan soto ayam buatan Anda siap

Tips Dalam Cara Membuat Soto Ayam

  1. Kamu bisa menghaluskan bumbu dengan blender, menumbuk, atau ulekan. Banyak orang yang bilang kalau menghaluskan bumbu dengan ulekan hasilnya akan lebih wangi dan terasa rempahnya.
  2. Kalau kamu menggunakan food processor, tidak perlu menambahkan ai, cukup minyak saja. Semakin sedikit kandungan air dalam bumbu, makin enak hasilnya.
  3. Menumis jadi langkah yang penting dan perlu diperhatikan. Kalau bumbu belum benar-benar matang, rasanya akan sedikit langu alias terasa agak mentah. Salah satu indikator kapan harus berhenti menumis adalah ketika bumbu sudah mulai berubah warna agak gelap dan ada yang menempel di dasar penggorengan.

Ikan Bakar Seafood Genteng Besar : Makan Ikan Ditengah Lautan Manusia

Modifikasi dari Niyasyah Blog
Assalamualaikum, gengs! Sebelum aku memulai tulisan ini, aku punya satu tebak-tebakan mengenai seafood. Seafood, seafood apa yang dapat nyinden? Jawabannya merupakan : Seafoodteri sinden panggung, datang kemari menurut panggilan Anda (Uut Permatasari – Puteri Panggung). Hihihi. Garing ya? Baikhlah.
Ngobrolin soal seafood, ada satu tempat makan kaki lima di Surabaya yang wajib banget kalian kunjungi terutama para seafood lover yakni Ikan Bakar Seafood Genteng Besar. Tempat makan ini terletak di sekitar Pasar Genteng yang merupakan pusatnya oleh-oleh Surabaya. Jika di siang hari wilayah ini disibukkan dengan pengunjung yang mencari oleh-oleh, maka pada malam harinya wilayah ini akan diramaikan oleh pengunjung yang ingin makan seafood di tempat ini.
Kebetulan sekali hari Minggu kemarin, teman aku yang bernama Anna ngajak makan di Ikan Bakar Seafood Genteng Besar ini. Dan akhirnya aku pun bersama dua teman lainnya (Robik dan Bayu – yang ini pacar sih) mengiyakan ajakan Anna. Kami berangkat sekitar jam tujuh malam lebih dan hingga disana mungkin sekitar jam setengah delapanan.
Saat kami hingga warung ini, seperti biasa, banyak sekali orang yang mengantri makan bak lautan manusia. Ini sudah kesekian kalinya aku kesini, dan tempat ini memang selalu seramai ini. Tapi untung saja antrian malam ini tidak terlalu parah sih. Karena ± 10 menit mengantri, kami sudah dapat memesan makanan.
MENU
Sesuai dengan namanya, tempat makan ini pasti menyediakan ikan dan makan-makanan laut, seperti ikan gurami, ikan baronang, ikan bawal, kepiting, udang, kerapu, bubara, kakap merah, cumi-cumi, kakap putih, patin, kerang, dan ikan ayam-ayam. Dan jangan khawatir untuk para pecinta makanan 4 sehat 5 sempurna, karena selain lauk-pauk, disini juga menyediakan menu Cah Kangkung sebagai sayurnya jika kalian berminat.
Kalau ditanya menu favorite, berhubung aku sukanya udang maka menu favorite-ku merupakan udang goreng mentega. Udang di tempat ini pun ukurannya sedang dan porsinya nggak pelit banget, cukup banget lah buat satu orang. 
RUTE
Ikan Bakar Seafood Genteng Besar ini terletak di Jalan Genteng Besar. Tepat berhadapan dengan café Souklat. Tempat ini nggak sulit di cari, karena hanya berupa warung lepas pasang yang terletak di pinggir jalan. Jika kita berangkat dari gedung Siola, maka kita hanya perlu berjalan lurus beberapa ratus meter hingga menemukan sebuah belokan di sebelah kiri yang menunjukkan jalan Genteng Besar. Setelah beberapa puluh meter masuk di Jalan Genteng Besar, maka nanti kita akan menemukan warung ini dengan spanduk kuning dengan tenda orange di sebelah kiri jalan.

JAM BUKA
Warung ini buka setiap hari, sejak sore hari, yakni sekitar jam 17.00 – 02.00 dini hari. Jadi buat kalian yang suka kelaperan tengah malam, boleh banget mampir kesini.
HARGA MAKANAN
Jika kita melihat menu di warung ini, mungkin kita akan dibuat deg-degan karena nggak adanya harga yang dicantumkan. Tapi nggak perlu khawatir. Meski menyajikan seafood yang terkadang harganya mahal, apalagi sajian disini enak dan porsinya lumayan banyak, tapi harga yang dipasang sangat bersahabat. Harga makanan disini hanya dibandrol mulai dari 5.000 – 40.000. Sementara, untuk menu minuman dapat didapatkan mulai dari harga 3.000 – 10.000. Murah kan?
Kami sendiri kemarin memesan 1 gurami, 1 baronang, 2 udang, 1 cumi, 7 piring nasi, dan 4 es teh. Dan biaya yang kami keluarkan untuk makanan yang segitu banyak hanyalah 125.000. Udah percaya kan sekarang kalau tempat ini punya harga yang nggak bikin kantong kering?
TIPS
Tapi sebelum kalian memutuskan untuk disini, aku punya beberapa tips supaya kalian dapat mempersiapkan jiwa dan raga untuk dapat makan dengan tenang di tempat ini.
Pertama, jangan keburu panik jika melihat warung ini bak dikerubungi lautan manusia. Jika di kepala kalian terlintas pikiran untuk menunggu warung ini sepi, segera hapus pikiran itu. Kalian harus tetap tenang dan jangan kejang, serta bayangkan kenikmatan seafood yang ditawarkan di tempat ini.

Suasana hiruk pikuk di warung Ikan Bakar Seafood Genteng Besar
Kedua, segera antri untuk memesan makanan sehingganya kalian di tempat ini. Jika kalian pergi bersama teman kalian, minta teman kalian untuk segera mencari dan menduduki tempat kosong (atau tempat yang pengunjungnya kira-kira sudah selesai makan) supaya nantinya kalian nggak susah-susah mencari tempat duduk lagi. Jika nggak menemukan tempat juga, usahakan nyempil-nyempil di tempat yang agak lenggang atau segera ndlosor di lesehan supaya segera dapat.
Ketiga, jangan heran jika porsi nasi disini agak sedikit. Mungkin hanya ½ porsi nasi normal. Maka kalian dapat perkirakan di awal, berapa porsi nasi yang kalian butuhkan. Atau kalian juga dapat menambah saat kalian sedang makan, dan nantinya tinggal menyebutkan pesanan tambahan kepada kasirnya saat membayar nantinya.
Keempat, siapkan antiseptic untuk mencuci tangan. Kalian pasti sudah mengerti bahwa makanan seafood terkadang meninggalkan bau di tangan. Jadi kalian harus siapkan bahan-bahan pencuci tangan supaya dapat mengurangi bau tangan kalian setelah makan. Tapi jika kalian nggak mau, tenang aja, karena kalian dapat meminta tambahan kobokan disini. And it’s free (aku sudah tanya langsung ke kasirnya). Hehe..
Kelima, jangan lupa baca doa makan sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah SWT.
Kesimpulannya, tempat ini aku rekomendasi banget sih tempat ini buat orang-orang yang nggak punya alergi dengan seafood. Apalagi meski terkenal ramai, tempat ini nggak butuh waktu lama untuk dapat menyajikan makanannya.

Baiklah, demikian dongengku hari ini, semoga nggak mengurangi selera kalian untuk makan-makanan laut. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Article Source: https://myfriendlypets.com/