Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi dan Setrukturnya

Contoh teks eksplanasi – Apakah Anda pernah mendengar jenis teks
eksplanasi ? Teks eksplanasi ini akan sangat berguna jika Anda mengakses kurikulum 2013. Apa teks penjelasan yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII. Banyak yang penasaran dan tertarik pada jenis teks penjelasan ini. Mengapa mengingat teks penjelasan ini masih relatif baru dan tidak ada yang tahu teks eksplanasi yang terdengar aneh. Selain itu, masih belum banyak buku referensi yang berkaitan dengan teks eksplanasi yang masih relatif baru.

Namun, jika Anda mempelajari peksplanasi jenis teks ini sangat lucu dan menarik jika dipelajari atau dikupas lebih dalam. Karena itu. Untuk siswa atau siswa yang ingin belajar atau mengeksplorasi lebih banyak tentang teks penjelasan, lebih baik untuk mengetahui lebih lanjut tentang teks penjelasan. Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks penjelasan yang menarik. Mulai dari contoh teks penjelasan dan strukturnya, contoh teks penjelasan tentang pelangi, contoh teks penjelasan tentang fenomena sosial, contoh teks penjelasan tentang bencana alam dan contoh lain dari teks penjelasan.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan teks eksplanasi yang bisa Anda rujuk.

Penjelasan teks eksplanasi

Secara etimologis penjelasan ini berasal dari kata Inggris Eksplanatium. Arti penjelasan ini adalah penjelasan atau penjelasan. tetapi gagasan teks penjelasan pada umumnya adalah paragraf yang berisi informasi tentang tahap “bagaimana” dan “mengapa” yang mencakup berbagai peristiwa. Peristiwa yang dapat diwujudkan sebagai teks penjelasan menyangkut peristiwa sosial, peristiwa alam dan sains.

Setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita tentu memiliki hubungan sebab akibat dan proses di dalamnya. Kita dapat segera mengamati dan mendengar berbagai acara menggunakan aspek “bagaimana” dan “mengapa” yang terkait dengan acara tersebut.

Ciri-ciri teks eksplanasi

Setiap jenis teks tentunya memiliki karakteristiknya. Penjelasan teks tidak terkecuali. Teks penjelas juga memiliki karakteristik yang hanya dimiliki oleh teks penjelas itu sendiri dan tidak dimiliki oleh teks lain. Karakteristik yang sama tentu dapat berguna untuk memfasilitasi perbedaan teks penjelasan. Karakteristik teks penjelas adalah sebagai berikut:

Gunakan penanda sequnce, seperti pertama, kedua, ketiga atau dengan yang pertama, berikutnya dan terakhir.
Ini berisi informasi yang benar-benar sesuai dengan fakta
Ada 3 jenis struktur, mulai dari pertanyaan umum, sebab-akibat, hingga interpretasi. “
Fakta-fakta informasi yang sudah dilampirkan pada teks penjelasan bersifat ilmiah atau ilmiah.
Ini adalah beberapa karakteristik teks penjelasan sehingga kita dapat benar-benar mengatakannya. Bahkan teks penjelasan itu sendiri tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai apa yang dibahas dalam teks. Tetapi teks penjelasan hanya informatif.

Struktur teks eksplanasi

Setiap jenis teks harus memiliki struktur penting di dalamnya. Struktur teks tentu sangat berpengaruh bagi teks yang akan disajikan. Jika tidak ada struktur, pasti sebuah teks akan sangat sulit untuk dipahami. Bahkan kondisinya tidak akan baik jika strukturnya tidak ada. Di bawah ini adalah beberapa struktur teks penjelasan.

Sebab dan akibat
Urutan dalam fase ini adalah untuk menjelaskan fase dari suatu peristiwa yang terjadi. Penyebab dan akibat diatur dalam beberapa tahap, yaitu secara berurutan dari awal acara hingga akhir acara.

Ini terdiri dari pernyataan umum
Pernyataan umum yang dimaksud di sini menyangkut topik dan proses yang dibentuk oleh proses terjadinya suatu peristiwa.

interpretasi
Bagian-bagian interpretasi ini menjelaskan atau memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang dijelaskan dalam teks atau juga dapat disebut sebagai kesimpulan dari teks penjelasan.

Contoh teks eksplanasi dan strukturnya

Gempa bumi

Gempa bumi adalah goncangan yang disebabkan oleh pergerakan lapisan batuan. Getaran ini berasal dari dasar permukaan bumi. Ada beberapa daerah yang sering mengalami guncangan seismik. Area yang sering terkena guncangan adalah area di sepanjang samudera luas dan area vulkanik aktif.

Sebab dan akibat:
Karena pergeseran lapisan dasar bumi dan juga karena letusan gunung berapi yang sangat kuat yang akhirnya menyebabkan gempa bumi. Tidak hanya itu, gempa terjadi sangat cepat dan pengaruhnya sangat kuat bagi lingkungan sekitarnya. Gempa begitu kuat sehingga efeknya menyebar ke segala arah dan, pada akhirnya, semua bangunan yang masih rata di tanah. Bahkan itu juga bisa menjadi peristiwa mengerikan yang bisa merenggut nyawa. Jika menurut penyebab gempa ada 2 jenis klasifikasi, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Apa yang menyebabkan gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh gunung berapi besar yang meledak. Gempa bumi vulkanik umumnya kurang umum daripada gempa tektonik. Dan jika gempa tektonik adalah lapisan kerak bumi yang dapat mengalami perpindahan atau pergerakan.

Menurut teori lempeng, ia menjelaskan bahwa ada beberapa lapisan buatan yang berasal dari sisi bumi kita. Secara umum, area yang tertutup kerak akan tersapu dan mengapung dalam lapisan, mirip dengan salju. Pergerakan lapisan-lapisan ini sangat lambat, sehingga lapisan-lapisan tersebut saling bertabrakan dan akhirnya terfragmentasi. Inilah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Interpretasi
Tanpa mengetahui musim, gempa ini bisa dipanggil kapan saja. Gempa ini sering terjadi hanya di beberapa daerah. Misalnya, tepat di tepi lempeng Pasifik. Karena daerah tersebut dikelilingi oleh gunung berapi. Karena itu tempat itu dikenal sebagai cincin api.

Sumber : https://rumusrumus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *