Fakta menarik seputar pemanas air tenaga surya

Bagi Anda yang memiliki pemanas air tenaga surya, apa yang Anda ketahui adalah bahwa pemanas air ini menggunakan energi dari sinar matahari sebagai sumber energi utamanya.

Ini benar tetapi ternyata pemanas air juga memiliki beberapa fakta yang mungkin tidak Anda ketahui. Berikut ini adalah fakta menarik tentang pemanas air tenaga surya.

Tentang pemanas air surya yang menarik

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa pemanas air tenaga surya menggunakan prinsip termokital dalam sistem kerja mereka.

Prinsip ini adalah prinsip yang biasa digunakan untuk pemanas tenaga surya.

Cara bekerja dari prinsip ini adalah membuat air panas yang telah dipanaskan melalui bantuan panel surya akan langsung disalurkan melalui pipa untuk ditampung di dalam tangki penyimpanan.

Ketika air panas memasuki tangki penyimpanan, secara bersamaan air dingin yang belum dipanaskan akan masuk ke panel kolektor.

Di panel kolektor ini, air dingin akan mulai dipanaskan. Ini akan terus terus menerus atau berulang kali sampai air di panel kolektor dipanaskan dan kemudian dimasukkan ke dalam tangki penyimpanan dan sebagainya.

Seperti namanya, pemanas air tenaga surya, maka prinsip kerja juga menggunakan lebih banyak energi panas dari matahari dibandingkan dengan pemanas air pompa panas.

Pemanas ini akan sangat cocok untuk diterapkan di negara yang memiliki iklim tropis panjang dan musim kemarau, di mana pasokan untuk energi panas matahari akan sangat banyak.

Ini membuat pemanas air tenaga surya bekerja secara optimal untuk memanaskan air. Namun, penggunaan listrik untuk pemanas air tenaga surya juga diperlukan kapan saja dalam kondisi mendesak.

Listrik di sini digunakan jika dalam dua hari sama sekali tidak ada pasokan sinar matahari untuk memanaskan air misalnya hujan berturut-turut atau cuaca yang mendung. Sedangkan Anda benar-benar membutuhkan air panas, oleh karena itu listrik di sini dibutuhkan sebagai backup.

Fakta selanjutnya dari solar water heater adalah memiliki dua tipe yaitu direct system dan indirect system. Direct system atau sistem secara langsung sendiri merupakan prinsip yang menggunakan satu tangki saja. Jadi air panas yang sudah dipanaskan akan langsung digunakan oleh pengguna.

Cara kerja dari sistem ini adalah dengan air dingin yang masuk ke dalam tangki akan mengisi pipa tembaga pada kolektor, kemudian kolektor akan menerima energi panas matahari dan menyalurkan air panas ke dalam pipa tembaga. Lain halnya dengan sistem indirect, sistem ini kebalikan dari direct sistem dimana menggunakan dua jenis tangki bagian dalam dan luar.

Demikian adalah artikel mengenai fakta pemanas air tenaga surya yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *