Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong

Gunung Cikuray – Jalur yang bisa dikatakan sebagai jalur pendakian terberat diantara jalur pendakian Cilawu dan jalur pendakian Cikajang. Sebagian besar para pendaki mengakui bahwa Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong merupakan jalur terberat. Hal itu dikarenakan karena medan pendakian dengan tanjakan yang tajam.

Namun tempat wisata ini sebanding dengan kesulitan yang dihadapi, pemandangannya yang sangat cantik membuat lelah akan hilang seketika. Akan membutuhkan tenaga dan mental yang benar benar prima untuk menaklukkan jalur ini. Walaupun merupakan jalur pendakian terberat namun Jalur pendakian via Bayongbong bisa dikatakan merupakan jalur terpendek. Hal tersebut dibanding antara jalur pendakian Cilawu dan Jalur Pendakian Cikajang.

Keseruan Pendakian Gunung Cikuray

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong terletak di Kecamatan Bayongbong tepatnya di Kabupaten Garut. Akses transportasi untuk menuju basecamp nya cukup mudah, untuk menuju basecamp sobat semua bisa menggunakan angkot maupun dengan naik ojek.

Transportasi Menuju Jalur Pendakian via Bayongbong

Dari Jawa Timur : Naik kereta api, sobat semua bisa turun di Stasiun Kiara Condong. Kemudian dari stasiun Kiara Condong, sobat semua bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi angkot ataupun bis dengan tujuan terminal Guntur, Kabupaten Garut. Biaya Transportasi dengan menggunakan Bis dari Stasiun Kiara Condong sampai terminal garut kurang lebih sekitar 25 ribu.

Kalau sobat semua rombongan, mungkin bisa menyewa angkot sampai terminal mungkin biayanya akan lebih murah. Kemudian dari terminal garut sobat semua melanjutkan perjalanan dengan naik ojek menuju basecamp Bayongbong. Biaya ojek dari terminal Garut sampai Basecamp Bayongbong kira-kira sekitar 15 ribu.

Berkemah di Gunung Cikuray
Berkemah di Gunung Cikuray

Perkiraan Waktu Tempuh Pendakian

Untuk sampai puncak Gunung Cikuray melalui Jalur Pendakian via Bayongbong, Sobat semua memerlukan waktu sekitar 4-6 jam. Tergantung fisik, keberanian, cuaca maupun pengalaman mendaki sobat semua. Sobat semua akan melewati 6 pos pendakian yang harus di lalui sebelum sampai puncak Gunung Cikuray. Berikut penjelasan singkat tentang pos-pos yang akan di lalui ketika sobat mendaki Gunung Cikuray melalui Jalur Pendakian via Bayongbong.

Di Pos 1 sampai pos 2 atau paparete kurang lebih dapat di tempuh dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan. Di pos 1 sampai 2 (Paparete) Sobat semua akan melewati jalur ladang dan persawahan milik warga setempat yang indah dengan udara yang sangat sejuk khas udara pegunungan. Dari pos 2 (Paparete) menuju pos 3 (kandang bagong) dapat di tempuh dengan perjalanan sekitar 2 jam. Selanjutnya dari kandang Bagong sampai menuju chatel atau pos 4 lama perjalanan sekitar 30 menit.

Baca Juga : Keseruan Wisata Umbul Ponggok Klaten

Selanjutnya sobat semua akan menuju pos 5 yaitu plesetan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Dari plesetan sampai puncak gunung Ciremay kira-kira msih butuh waktu sekitar 1 Jam atau bisa lebih tergantung pengalaman kita. Rincianya adalah dari plesetan menuju pos 6 atau Sangyang Bengkonang butuh waktu kira-kira 45 menit. Kemudian di lanjut dari Sangyang Bengkonang sampai puncak Gunung Ciremay kira-kira sekitar 30 menit perjalanan.

Jadi Total perjalanan Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong sampai puncak sekitar 6 jam perjalanan. Namun waktu yang dibutuhkan untuk turun gunung membutuhkan waktu yang relatif lebih pendek. Sekitar 3 jam perjalanan kemungkinan sudah sampai basecamp nya.

Para pendaki biasanya mendirikan tenda tepat di Puncak Cikuray. Hal ini di karenakan banyak spot yang masih kosong untuk mendirikan tenda. Selain itu juga ketika mendirikan tenda di puncak Cikuray bisa langsung menikmati sunset di pagi harinya tanpa susah payah mendaki lagi.

Tips Mendaki Gunung Cikuray

Sobat semua harus mencari hari yang tepat dan cuaca yang bagus untuk mendaki, hindari mendaki ketika musim hujan. Usahakan melatih fisik sebelum melakukan pendakian serta sobat semua bisa mencari teman atau tim yang setia kawan (Solid) dalam mendaki.

Dengan tim yang solid ini diharapkan, ketika terjadi hal yang tidak di inginkan bisa bekerja sama, sehingga dapat meminimalisir hal atau sesuatu yang tidak di inginkan. Pakai sandal atau sepatu gunung yang safety dan jangan menyepelekan keselamatan diri sendiri maupun tim atau kelompok. Jika ada teman seperjalanan yang tidak kuat untuk melanjutkan perjalanan, jangan sampai ditinggal sendirian, tetap komunikasi dengan tim perjalanan.

Demikianlah tadi informasi tentang Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua sebelum mendaki ke Gunung Cikuray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *