Jual Mesin Kopi Espresso, Berikut Bagian dan Tipe-tipenya

Jual Mesin Kopi Espresso, Berikut Bagian dan Tipe-tipenya

Anda mungkin sering mendengar atau melihat istilah mesin kopi espresso yang ada di BAR atau cafe sekitar Anda. Mesin ini berfungsi untuk membuat kopi secara cepat, guna melayani pelanggan atau konsumen yang membludak dibandingkan dengan manual. Beberapa perusahaan kini telah banyak yang jual mesin kopi espresso dengan berbagai tipe.

Bagian dan Tipe-Tipe Mesin Kopi Espresso

Berbagai inovasi mesin espresso kini dapat Anda jumpai dengan berbagai tipe beserta bagian-bagiannya:

Tipe-Tipe Mesin Espresso

  • Mesin Espresso Super Otomatis
  • Mesin Espresso Otomatis
  • Mesin Espresso Semi Otomatis
  • Mesin Espresso Mesin Espresso
  • Mesin Espresso Profesional

Bagian-Bagian Mesin Espresso

Portafilter

Subbagian daripada portafilter antara lain handle, spouts, dan basket. Bagian ini berfungsi sebagai tempat atau wadah bubuk kopi yang akan difilter.

Water Boiler

Water boiler adalah sebuah tabung untuk tempat menyimpan air panas yang akan digunakan untuk menyeduh kopi espresso dan membuihkan susu.

Group Head

Group head merupakan bagian mesin espresso yang berfungsi untuk menyatukan kopi dengan air yang akan difilter. Group head dan portafilter terdapat pada semua mesin espresso, kecuali pada mesin espresso super otomatis. Karena dalam mesin espresso super otomatis, pengguna cukup memasukkan bubuk kopi kemudian menekan tombol saja.

Extraction Switch

Extraction Switch adalah tombol yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan proses ekstraksi. Beda mesin beda pula prosesnya, kecuali pada mesin manual, tidak ada bagian Extraction Switch ini.

Steam Wand

Khusus untuk kopi dengan paduan susu dan moccacino, Steam Wand berfungsi untuk menyemburkan uap guna memanaskan kopi dan membuihkan susu. Pada proses ini sering dikenal dengan istilah frothing.

Steam Knob

Steam Knob adalah tombol yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan semburan uap pada steam wand.

Tamper

Tamper serupa dengan stempel atau alat cap yang berfungsi untuk memadatkan bubuk kopi pada portafilter dengan cara ditekan.

Drip Tray

Drip Tray adalah wadah untuk menampung air, sisa-sisa bubuk kopi atau ampas yang tercecer.

Knock Box

Meskipun tidak menyatu dengan mesin, namun Knock Box juga merupakan bagian dari mesin kopi espresso. Knock Box berfungsi untuk tempat membuang sisa kopi pada portafilter setelah proses ekstraksi.

Semakin banyaknya peminat kopi espresso, tempat jual mesin kopi espresso kini sudah banyak ditemui di kios pinggir jalan. Namun jika Anda ingin mendapatkan mesin kopi yang sudah teruji kualitasnya, Anda bisa mendapatkannya di https://jayaagungmesin.com/. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *