Langkah Dunia Dalam Menyelesaikan Kasus Kelangkaan Alat Pelindung Diri

Dampak yang terlihat jelas dengan munculnya virus corona baru yang saat ini sudah diumumkan oleh World Health Organization (WHO) menjadi pandemi global adalah kelangkaan alat pelindung diri (APD) pada awal pecahnya virus corona menyerang ratusan negara di dunia. Tampak saat itu banyak tenaga medis yang memakai jas hujan sebagai alternatif perlindungan. Terlihat pula Negara Cina yang sebelumnya merupakan pemasok setengah produksi masker dunia aktif untuk membeli kembali masker tersebut hingga kelangkaan masker terlihat di negara lainnya. Namun fenomena tersebut saat ini sudah hampir tidak terlihat lagi karena setiap negara saling berkolaborasi untuk menjaga agar pasokan yang menjadi kebutuhan dasar bagi tenaga medis selaku garda terdepan dalam pandemi virus corona baru ini tetap terus ada. 


Langkah yang dilakukan oleh mayoritas negara adalah meningkatkan produksi masker kain dan baju hazmat. Beberapa negara memaksimalkan produksi APD oleh para usaha mikro kecil menengah (UMKM). Selain itu, terdapat juga negara yang memeperkerjakan para tahanan penjara untuk memproduksi APD ini seperti yang dilakukan oleh Negara Malaysia, Turki, Thailand, dan India. Terdapat pula kelompok-kelompok yang aktif dalam bidang sosial untuk membantu menyediakan APD di masing-masing negaranya seperti yang dilakukan oleh siswa SMK di Indonesia. Para siswa dengan suka rela menjahit masker dan baju hazmat demi membantu pemerintah mendapatkan pasokan APD yang cukup.


Langkah pemerintah dunia ini didukung pula oleh anjuran World Health Organization (WHO) kepada masyarakat non medis untuk membeli masker kain. Masyarakat juga dibebaskan membeli pelindung tambahan non medis jika masih merasa kurang aman seperti topi anti corona. Hal tersebut cukup efektif dirasakan karena dapat mengurangi panic buying terhadap APD medis seperti yang dilakukan masyarakat awam sebelumnya. Beberapa negara juga saling membantu memberikan pasokan jika terdapat APD berlebih di negaranya sehingga fenomena kelangkaan APD saat ini sudah hampir tidak terlihat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *