Makanan rambut nenek Legit Mudah Dan Praktis.

Makanan rambut nenek ini adalah jajanan legendrais dan juga jajanan ini pernah popular pada tahunnya yaitu tahun 1990-an.cara membuat arum manis rambut nenek ini sangatlah mudah dan sangat praktis.

Asal-Usul Makanan Rambut Nenek Rambut

nenek yaitu jajanan yang terkenal pada tahun 1990-an.selain dikenal sebagai rambut nenek,jajanan ini disebut juga dengan arum manis.tapi, nama yang sebenarnya adalah arbanat. karena awalnya memiliki warna putih seperti uban,maka dinamakan dengan rambut nenek.

Arum manis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’f Fair dengan nama “Fairy Floss” atau dalam bahasa Indonesia diberi nama “Benang Peri”.Pembuatan rambut nenek ini dengan memasukkan gula pasir dan pewarna makanan ke dalam sebuah mesin .

Zaman dulu,rambut nenek pernah dibeli hanya dengan cara menukarkan barang bekas atau barter. Barang bekas itu berupa botol atau kaleng dan masih banyak lagi. Biasanya pedagang rambut nenek itu akan berkeliling dari rumah satu ke rumah lainnya.

Selain itu, penjual rambut nenek selalu menjual jajanannya dengan bermain alat musik rebab.tapi saat ini, penjual rambut nenek sudah tidak melakukan cara itu lagi. Seiring dengan berkembangnya zaman, pedagang rambut nenek makin jarang ditemukan.

Tak hanya di Indonesia, rambut nenek juga ada di beberapa negara, salah satunya Perancis. Di negara Perancis. jajanan tersebut mendapat sebutan Barbe a Papa. Artinya, jenggot ayah.

Tapi, jika dilihat-lihat lebih dalam lagi, bentuknya  sama persis dengan permen kapas. Beberapa pendapat ada yang menyebutkan, rambut nenek berasal dari Kota Malang. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan.

Sebenarnya itu bukan suatu masalah, sebab, kedua daerah yang disebutkan tadi merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Rambut nenek terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air.

Jajanan legendaris satu ini masih menjadi favorit banyak orang sampai sekarang. Bahkan saat ini kemasan dan varian rambut nenek semakin kekinian dan macam-macam.

Peluang Usaha Rambut Nenek

Rambut nenek yaitu sejenis makanan ringan yang dibuat dengan bahan dasar gula pasir yang diproses menggunakan mesin arum manis.rambut nenek mempunyai bentuk dan rasa yang banyak. tapi rasa manis tetap menjadi rasa dominan dari makanan rambut nenek.

rambut nenek dibuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan. tetapi terkadang gulali juga dibuat dari beberapa campuran bahan masakan lainnya. Sebagian besar gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya sangatlah besar banget,bahannya  hanya 1 sendok makan gula pasir saja.

Sebuah rambut nenek biasanya dapat mencapai ukuran besar,sebesar bola basket, bahkan lebih besar lagi. rambut nenek biasanya dijual di stand – stand pasar malam atau bahkan di event – event masyarakat.

Mesin arum manis dari kami bisa menghasilkan arum manis yang mempunyai kualitas kapas yang rasanya tinggi. Tentunya disesuaikan dengan takaran sesuai dengan keinginan kalian.

Dengan mesin arum manis usaha kalian akan lebih mudah dalam memproduksi rambut nenek yang sangatlah berkualitas.

Cara Membuat Makanan Rambut Nenek

Bahan 1:

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram
  • Bubuk vanila secukupnya

Bahan 2:

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya

Cara Membuat Makanan Rambut Nenek:

  • Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata.
  • Masukkan t bubuk vanila , lalu kalian masak hingga berwarna coklat. lalu Matikan api, dan sisihkan.
  • sambil menunggu dingin,kalian buatlah adonan gulalinya menggunakan wajan yang antilengket. Lelehkan gula pasir dengan 400 ml air, panaskan dengan api yang sedang selama  20-22 menit.
  • Sesekali aduk agar gula tidak menempel. Tekstur gula untuk membuat rambut nenek harus pas,jangan terlalu lembek dan jangan juga terlalu keras.
  • apabila gula sudah mengental dan berwarna coklat, matikan api. Siapkan wadah yang berisi air dingin, letakkan wajan di atasnya sambil mengaduk gulali hingga berbentuk bulat. Angkat gulali dan letakkan dalam kneading board. 
  • Tarik beberapa kali hingga teksturnya  lentur, bentuk menjadi lingkaran yang besar.
  • Lumuri dengan adonan tepung yang disangrai dengan minyak yang sudah dingin, lalu kalian bentuk dengan cara dilipat membentuk angka 8  terus ditarik.
  • Ulangi prosedur ini hingga gulali membentuk helaianan yang  tipis-tipis.

Demikian artikel makanan rambut nenek.terika kasih atas waktunya,semoga apa yang kalian baca tadi banyak manfaatnya. bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *