Manfaat Pisang Ambon

Haloo kawan kawan bertemu lagi dengan saya, pada artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang manfaat pisang ambon kepada kalian. Yuk simak sampai selesai.

Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Bunch of bananas on grey wooden background

Sebagai sumber energi

Manfaat pisang ambon yang pertama adalah sebagai sumber energi. Gizi yang ada pada pisang seperti kalori 99 kkal / 100gr, dapat membantu tubuh dengan memberikan kalori ekstra untuk proses metabolisme.

Meski kalori dalam pisang ambon tidak terlalu besar, namun bisa dijadikan sebagai makanan alternatif untuk mengisi perut saat lapar.

Kaya akan asam folat

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah kandungan asam folatnya yang tinggi. Ahli gizi sering menganjurkan ibu hamil untuk makan pisang. Hal ini karena nilai gizi pisang ambon mengandung salah satu nutrisi yaitu asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui rahim, yang berguna untuk membantu perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Kurangnya asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Hal ini bisa berdampak dan menyebabkan kerusakan otak, jaringan otak, bahkan yang terburuk dapat menyebabkan keguguran. Untuk itu, seorang ibu hamil harus selalu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya.

Pengobatan anemia

Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat membuat orang merasa lemas dan lesu. Hal itu disebabkan karena sel darah yang ada pada tubuh sedang menurun atau sedikit.

Manfaat zat besi atau Fe pada pisang ambon yang cukup tinggi sangat baik untuk mengatasi gejala penyakit anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Mengurangi penyakit usus

Bagi penderita penyakit usus dan organ lambung, kandungan manfaat pisang ambon dipercaya memiliki khasiat penyembuhan yang baik untuk kedua penyakit tersebut.

Caranya cukup sederhana dan mudah dengan mengkonsumsi jus pisang ambon setiap hari yang telah dicampur dengan susu untuk alasan kesehatan. Pisang ambon dan beberapa jenis pisang lainnya diketahui dapat menetralkan asam di lambung, sehingga sangat baik untuk menenangkan lambung.

Mengobati penyakit liver

Untuk para penderita penyakit liver sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang ambon setiap hari yang dicampur dengan madu setiap hari.

Hal itu dikatakan dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan memberikan stamina lebih kepada penderita penyakit liver.

Mengurangi risiko diabetes

Selain manfaat kesehatan dari pisang ambon yang disebutkan di atas, buah yang rasanya manis ini juga ternyata efektif untuk mengobati diabetes, termasuk diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan kandungan gula pada pisang ambon cukup sederhana yaitu mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Menurunkan berat badan

Untuk seseorang yang sedang diet memakan pisang ambon dapat membantu untuk kalian. Kandungan karbohidrat kompleks pada pisang ambon membuat atau tidak mempengaruhi pada peningkatan atau kenaikan gula darah pada tubuh.

Pisang ambon juga dikenal rendah lemak, sehingga aman untuk membantu program diet. Serat pada pisang ambon dapat membantu untuk penurunan berat badan dan dapat mempercepat metabolisme pada sistem pencernaan.

Membantu mengobati tekanan darah tinggi

Manfaat pisang, termasuk pisang ambon, dianjurkan untuk penderita darah tinggi atau darah tinggi. Buah ini mengandung senyawa potasium, yang penting untuk mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf dan aktivitas otot.

Kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, serta menjaga tekanan darah dalam kondisi normal. Kandungan serat pada pisang ambon juga berfungsi untuk mengikat lemak pada pembuluh darah.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Gangguan pada sistem pencernaan tubuh manusia dapat disebabkan oleh kebiasaan makan dan kebiasaan makan yang kita konsumsi. Pisang ambon sangat tinggi serat, yang dapat membantu pencernaan.

Selain itu, manfaat vitamin B yaitu vitamin B-6 dapat membantu menangkal diare. Pisang ambon juga memiliki sifat anti asam dan mudah dicerna sehingga baik untuk penderita gangguan asam lambung.

Menurut berbagai penelitian, orang yang rutin makan pisang memiliki dinding perut yang lebih tebal dibandingkan dengan orang yang menghindari pisang.

Manfaat Pisang Ambon

Okee mungkin itulah manfaat dari pisang ambon yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, bagi kalian yang ingin membaca atau membuat olahan dari pisang ambon seperti pisang goreng, bisa membaca artikel atau produk menarik yang dapat membantu proses pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *