Mengenal Olahan Sabut Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui

cara pengolahan sabut kelapa

Halo semua bertemu lagi nih dengan saya, nah pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas seputar tentang mengenal olahan sabut kelapa, pokoknya gak akan ada habisnya deh, tapi saya yakin pasti banyak yang belum mengetahui tentang hal yang satu ini.

Oke, kita semua tentu sudah tau apa itu buah kelapa, bahkan mungkin diantara kita ada yang sering mengkonsumsi kelapa, karena memang kelapa itu punya banyak banget manfaat dan kegunaannya, mulai dari air kelapanya bisa diminum, daging kelapanya diolah menjadi santan atau bahan makanan (bisa juga untuk langsung dimakan), dan juga dari kelapa ini kita dapat mengolahnya menjadi minyak goreng.

Tapi kalian tau gak, ternyata manfaatnya gak cuma itu aja loh, bahkan sekarang kulit kelapa yang hanya diamibil sabut nya saja yang sering kali dianggap sepele ada banyak yang memanfaatkan untuk berbagai macam produk olahan dan barang yang akan sangat berguna bagi kehidupan kita sehari – hari.

Tapi sayangnya, masih banyak di kalangan masyarakat yang belum tau akan hal ini, jadi mereka cuma mengambil air dan daging kelapanya saja, setelah itu kulit atau sabut kelapanya cuma dibuang gitu aja. Oke, penasaran apa aja manfaatnya? Makanya lanjutin bacanya ya.

Maka dari itu, pada artikel kali ini saya mau memberi sedikit ulasan mengenai berbagai macam produk olahan dari sabut kelapa ini. Untuk menunjukkan beberapa program diversifikasi yang bisa menghasilkan produk yang bernilai tinggi dan bisa kita hubungkan dengan industri tepat guna dan juga teknologi masa kini.

Karena ini bukan hanya soal peningkatan pada pendapatan secara ekonomi aja, tapi ini juga bisa lebih menambah wawasan yang kita punya mengenai pengolahan daru sabut kelapa.

Kita juga perlu tau, peralatan yang akan di butuhkan dalam pengolahan sabut kelapa ini sekarang sudah banyak tersedia dipasaran, dan tentunya dengan teknologi yang semakin canggih, tapi simpel dan lebih mudah dalam penggunaan, misalnya mesin pengupas dari sabut kelapa, mesin penghancur sabut kelapa, mesin press sabut kelapa, dan masih banyak lagi.

Berbagai manfaat dari sabut kelapa ini yang bisa sangat berguna bagi kehidupan kita, ya pastinya akan sesuai dengan berbagai kebutuhan di beberapa aspek, pemanfaatan sabut kelapa ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Berikut Adalah Contoh Dari Mengenal Olahan Sabut Kelapa yang Ingin Untuk Kamu Ketahui

Serat Sabut (Cocofibre)

coco-fibre-961941

Salah satu hasil olahan sabut kelapa yang paling sering ditemui dan banyak digunakan ini ialah serat sabut, atau kalau dalam perdagangan internasional biasa disebut sebagai Cocofiber, Coir fiber, Coir yarn, Coir mats, serta rugs.

Mungkin banyak dari kita yang sudah paham dan hanya sekedau tahu, pemanfaatan serat sabut ini sebetulnya sudah sering kita lihat dan di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, apa contohnya? Ya gampang, contohnya itu seperti sapu, keset, tali, dan peralatan rumah tangga yang lainnya.

Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, sifat fisika – kimia, dan kesadaran masyarakat untuk bisa balik lagi ke bahan alami, membuat sabut kelapa ini dimanfaatkan ke produk – produk olahan yang lainnya, seperti bahan baku untuk industri karpet, jok dan dashboard kendaraan, kasur, bantal, bahkan hardboard.

Selain itu, sabut kelapa ini di beberapa tempat juga sudah dimanfaatkan sebagai pengendalian erosi. Serat sabut kelapa ini juga sangat bisa diproses serta dijadikan Coir Fiber Sheet yang biasanya sering digunakan sebagai lapisan kursi pada mobil, spring bed, dan masih banyak lagi.

Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)

Coco-Peat

Salah satu hasil olahan sabut kelapa yang selanjutnya yaitu serbuk sabut kelapa atau cocopeat. Nah cocopeat ini merupakan hasil olahan dari selimut atau kulit kelapa yang memiliki material penting dan berdaya guna tinggi.

Untuk yang belum mengetahui, cocopeat ialah sabut kelapa yang diolah menjadi butiran – butiran gabus biasa dan disebut juga dengan Cocopith atau Coir pith, ya pada intinya sama saja.

Cocopeat ini biasanya sering digunakan sebagai media tanam untuk pengganti tanah, sebab kandungan unsur haranya yang tinggi membuat produk yang satu ini sangat baik guna pertumbuhan tanaman holtikultura serta media pada rumah kaca.

Gak cuma itu, cocopeat ini bisa menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk, serta bisa menetralkan keasaman tanah.

Serbuk Sabut Padat (Cocopeat brick)

Coco_Peat_Briquettes

Mungki yang satu ini sangat kedengaran asing bagi kita dan jarang sekali ditemui. Jadi, Cocopeat brick ini merupakan ‘pith’ atau empulur yang dipadatkan dengan ukuran yang sesuai agar mudah digunakan untuk rumah kaca, tanaman pot lapangan golf, lansekap hingga untuk mengendalikan erosi.

Cocopeat brick ini selain ramah lingkungan juga sudah diuji secara luas sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Cocomesh

cocomesh

Cocomesh ini merupakan jaring yang dibuat dari sabut kelapa dan bisa juga disebut dengan cocomesh jaring sabut kelapa. Pada umumnya akam dibuat seukuran sama seperti net bola volly atau juga bisa custom dengan menyesuaikan pada kebutuhan lahan.

Terus apa manfaat yang bisa didapatkan dari cocomesh ini? Oke, jadi penggunaan Cocomesh sudah terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir. Cocomesh jaring sabut kelapa juga bisa berfungsi untuk media tumbuh tanaman seperti Cocopeat dan akan cocok sekali untuk reklamasi pada bekas tambang atau di daerah pantai.

Dengan cara mematok pada ujung – ujungnya, cocomesh di hamparkan ke dalam lahan bekas galian tambang. Pemasangannnya bisa disesuaikan dengan struktur tanah, dapat dalam permukaan miring atau datar.

Nah, setelah mengenal olahan sabut kelapa dan apa saja contoh olahannya, anda tentu sudah faham jika sabut kelapa ini memikili manfaat yang sangat banyak.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga hal dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *