Panduan Pembelian AC Untuk Rumah Anda

panduan pemilihan ac untuk rumah anda

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda membeli AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Belakangan ini, sepertinya semua merek AC berlomba-lomba menciptakan fitur keren yang membingungkan. Beragam fitur yang dihadirkan seakan membingungkan konsumen yang lupa bahwa tujuan utama AC adalah untuk mendinginkan ruangan. Fitur lainnya adalah fitur tambahan dan disini kami ingin mengingatkan Anda untuk memilih AC yang sesuai.

Banyak kasus terjadi dimana konsumen membeli AC yang salah sehingga konsumen sendiri dirampas dalam hal penggunaan listrik yang berlebihan dan repotnya menggunakan AC.

Pada artikel kali ini, kami mencoba menjelaskannya dengan mudah agar Anda dapat memahami apa saja yang penting dalam membeli AC dalam skala besar.

Panduan Pembelian AC Untuk Rumah Anda

Berikut 4 hal terpenting dalam membeli AC

  • Pilih PK yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Pastikan memilih PK yang tepat di AC Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaan yang salah akan membuat ruangan Anda tidak nyaman dan menggunakan energi listrik yang berlebihan.

  • Penggunaan listrik.

AC Anda bekerja keras setiap hari. AC di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari. Tentu masuk akal untuk memilih AC yang hemat listrik.

  • Tipe standar, watt rendah atau inverter.

Jangan sampai salah pilih dari ketiga jenis ini karena akan sangat mempengaruhi penggunaan listrik Anda.

  • Fitur tambahan.

AC kini sudah dilengkapi banyak fitur tambahan seperti yang bisa menghilangkan bau tak sedap dan mengurangi virus di udara.

Pilih PK yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Saat memilih AC, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah berapa banyak AC yang Anda butuhkan dari AC Anda. Menggunakan PK yang tidak cukup besar akan menyebabkan ruangan menjadi dingin atau terasa kurang sejuk. Sebaliknya, menggunakan PK yang terlalu besar akan menyebabkan ruangan menjadi sangat dingin dan pemborosan listrik.

Menentukan PK yang Anda butuhkan adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Setelah memilih PK yang benar, Anda dapat membandingkan jenis AC, konsumsi listrik, dan fitur tambahan lainnya.

Secara umum, gunakan rumus ini untuk menghitungnya.

= Luas area dalam meter persegi x 500
= Lebar x Panjang x 500

Rumusnya akan menghasilkan hasil dalam satuan Btu. Maka itu cocok dengan daftar di bawah ini untuk membantu Anda mengubah berapa banyak PK yang Anda butuhkan.

1 / 2PK = 5000 Btu / jam (ukuran ruangan 10m2)
3 / 4PK = 7000Btu / jam (ukuran kamar 14m2)
1PK = 9000Btu / jam (ukuran kamar 18m2)
1 1 / 2PK = 12000 Btu / h (volume ruangan 24m2)
2PK = 18000Btu / jam (ukuran kamar 36 m2)

Baca Juga : Harga Service Ac Solo .

Penggunaan Listrik

Pilih AC yang efisien karena penggunaan AC yang tepat akan sangat memboroskan biaya listrik. AC kamar tidur anda akan bekerja lebih dari 9 jam sehari, tentunya penting untuk memilih AC yang hemat listrik.

Pastikan untuk membandingkan AC setelah Anda mengetahui PK mana yang Anda butuhkan untuk AC Anda. Tidak masuk akal membandingkan 0,5 PK AC dengan 1,5 PK AC karena mirip dengan perbandingan antara apel dan jeruk.

Saat membandingkannya, Anda juga harus mengetahui berapa watt penggunaan AC pada penarikan awal (dinyalakan pertama kali) hingga saat dinyalakan. AC tipe inverter akan menggunakan daya listrik yang lebih tinggi pada penarikan awal. Kami akan menjelaskan ini di poin berikutnya.

Tipe standar, watt rendah atau inverter?

Saat ini AC split dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu Standard, Low Watt, dan Inverter. Tipe low watt adalah tipe standar karena konsumsi daya kompresor dikurangi untuk menghemat listrik. Tipe low wattage cocok untuk rumah dengan daya listrik kecil. Konsep cara kerja tipe watt rendah dan tipe standar adalah sama.

Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja dengan susah payah pada penarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Saat suhu ruangan mencapai suhu yang disetel pada remote control, AC inverter akan menurunkan performanya sehingga penggunaan watt relatif lebih rendah. Inverter jenis ini menggunakan watt yang sangat besar untuk tarikan awal sehingga penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan dingin.

Berikut cara mudah memilih jenis AC ( Panduan Pembelian AC Untuk Rumah Anda )

Rumah Anda hampir tidak memiliki listrik yang cukup -> Gunakan daya AC rendah
Pintu kamar AC sering dibuka-tutup -> Pakai AC standar atau low AC
AC sering menyala -> Gunakan daya AC standar atau rendah
AC Anda hanya berfungsi dalam waktu singkat (2-3 jam untuk sekali pakai) -> Gunakan daya AC standar atau rendah
AC anda bekerja lama (6 jam +) di ruangan yang tidak buka tutup (misalnya di kamar tidur) -> gunakan adaptor AC
Lihat juga artikel di bawah ini:

AC standar, inverter arus rendah atau AC, mana yang cocok untuk Anda?

Cek : Jasa Service Ac Solo Surakarta.

Fitur tambahan

Banyak fitur tambahan yang tidak sesuai dengan AC Anda. Di antara semua fitur ini, kami menyarankan Anda untuk membeli

Beberapa fitur tambahan yang tidak sesuai dengan AC Anda. Di antara semua fitur ini, kami menyarankan Anda untuk membeli AC yang dilengkapi dengan pembersih udara dan deodoran. Fitur ini memiliki nama yang berbeda untuk setiap merek, jadi pastikan untuk menanyakannya terlebih dahulu.

Untuk merk Sharp, teknologi ini dinamakan Plasmacluster. Pastikan Anda mencari teknologi serupa pada merek lain karena AC ini akan membuat ruangan Anda lebih nyaman.

Nah, sekarang kami harap Anda cukup paham apa yang penting dalam memilih AC. Ada pertanyaan lain yang bisa Anda ajukan di kolom komentar agar tim kami bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *