Pengembangan Website Toko Online: Panduan untuk Pemula (2019)

Jasa pembuatan website toko online

Website toko online, disini kita menyebutnya E-commerce. Adalah industri yang paling cepat berkembang. Dan paling berharga. Yang telah merevolusi cara hidup.

Ini telah menghubungkan setiap pembeli, penjual, dan pengguna akhir, satu sama lain. Terlepas dari lokasi geografis mereka.

E-commerce adalah platform besar dan memberi Anda kebebasan penuh untuk mendukung barang dan jasa Anda, tanpa batasan apa pun. Pernahkah Anda berpikir bagaimana seluruh siklus hidup pengembangan website eCommerce ini bekerja?

Dalam tutorial pengembangan website toko online untuk pemula 2019 ini, Anda akan belajar tentang langkah-langkah mudah untuk pengembangan situs web eCommerce.

Ketika Anda duduk di rumah, berbelanja daring dan menerima pesanan Anda di depan pintu, Anda mungkin berpikir prosesnya cukup sederhana. Baik? Ya, itu lebih dari apa yang Anda pikirkan. Diperlukan banyak waktu untuk memahami, bagaimana semuanya terjadi untuk berhasil meluncurkan toko online dari awal.

Bagaimana cara kerja pengembangan Website eCommerce?

Ada serangkaian hal yang terjadi untuk menciptakan toko online yang sukses. Dan setiap aspek dari proses ini, memiliki signifikansinya sendiri dan memainkan perannya untuk memberi Anda website toko online yang berfungsi dengan baik. Meskipun Anda dapat menggunakan pembuat website toko online yang kuat, untuk menyelesaikannya dengan cara termudah.

Dalam tutorial ini untuk pemula, saya akan memandu Anda melalui semua langkah yang diperlukan dan penting dari pengembangan website eCommerce. Ini membuat Anda lebih berpengetahuan dan diperlengkapi, untuk menjalankan toko online yang sukses tanpa banyak usaha.

Ikuti 11 langkah di bawah ini untuk memulai Pengembangan website eCommerce

Langkah 1: Finalisasi Model Anda

Anda perlu mengukur kebutuhan Anda sebelum memulai proses pengembangan. Semakin spesifik spesifikasi Anda, semakin baik produk akhir yang akan Anda dapatkan. Jadi, Anda harus memutuskan terlebih dahulu bahwa jika Anda ingin memiliki situs web eCommerce lengkap untuk menjual produk Anda. Atau Anda ingin membuat pasar eCommerce untuk memungkinkan orang lain menjual barang dagangan mereka di situs web Anda.

Perbedaan mendasar antara memiliki situs web eCommerce Anda sendiri dan situs web marketplace adalah otorisasi. Situs web Marketplace adalah platform umum, di mana setiap penjual dapat mendaftar untuk menjual barang dagangan mereka dan siapa pun dapat membeli dari mereka. Itu lebih seperti pasar.

Padahal, situs web eCommerce adalah tempat Anda menjual produk Anda sendiri atau mungkin barang dagangan dari merek tertentu. Di sini, hanya admin yang dapat menambah dan menjual produk, tidak ada penjual lain yang dapat melakukan intervensi. Mirip dengan apa yang Anda lihat di toko pengecer. Buat toko online cantik Anda menggunakan platform eCommerce dan dapatkan bisnis langsung.

Langkah 2: Pilih Platform eCommerce Anda dengan Bijak

Sistem manajemen konten (platform eCommerce) yang Anda gunakan untuk merancang situs web eCommerce Anda akan memiliki efek besar pada keberhasilan atau kegagalannya. Platform CMS atau eCommerce harus dipilih dengan mempertimbangkan skala situs web Anda. Tentu saja, baik dari segi produk maupun pelanggan.

Ada berbagai sistem manajemen konten (CMS) seperti WooCommerce, Magento, PrestaShop, OpenCart, Shopify dll yang tersedia di pasar untuk dipilih. Namun, Anda dapat membuat situs web eCommerce dengan WordPress WooCommerce dan TemplateToaster. WooCommerce pada dasarnya adalah plugin WordPress yang mengubah situs web sederhana Anda menjadi toko eCommerce.

Tapi bagaimana dengan perpaduan indah dari WordPress, WooCommerce, dan TemplateToaster? Iya! TemplateToaster – perangkat lunak pembangun situs web yang memungkinkan Anda membuat templat atau situs web yang berfungsi penuh dalam CMS yang diinginkan. TemplateToaster bisa menguntungkan Anda dalam banyak hal. Ini memberi Anda kebebasan untuk mengganti tema yang dirancang dengan CMS lain pilihan Anda. Lihat tema WooCommerce gratis.

Langkah 3: Desain eCommerce Responsif

Fleksibilitas untuk menggunakan perangkat seluler telah mendorong bisnis eCommerce secara luar biasa. Dengan demikian, sangat penting untuk memastikan bahwa situs web harus dioptimalkan untuk seluler. Situs web harus kompatibel dengan semua perangkat, berapa pun ukurannya. Jika Anda tidak memiliki desain web yang responsif, maka ada kemungkinan besar Anda akan kehilangan lalu lintas maksimum. Selain itu, situs Anda tidak akan muncul di hasil pencarian seluler. Dengan demikian, SEO situs Anda akan terpengaruh. Karena Google sendiri memberikan preferensi ke situs web responsif.

Karena banyak pemirsa cenderung ke perangkat seluler saat ini sehingga Anda tidak dapat mengabaikan pentingnya situs web yang dioptimalkan untuk seluler.

Langkah 4: Aplikasi Seluler yang Mengesankan untuk iOS dan Android

Jangan panik itu bukan aspek wajib pengembangan situs web eCommerce. Padahal, itu hanya saran. Jika Anda ingin menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, maka Anda dapat membangun aplikasi seluler yang menargetkan pengguna iOS dan Android secara khusus. Orang-orang menghabiskan sebagian besar waktu di ponsel mereka dan jika Anda menawarkan aplikasi eksklusif untuk mereka, maka ini dapat meningkatkan bisnis Anda sehingga memberikan lebih banyak lalu lintas yang otentik. Tetapi kadang-kadang membuat aplikasi bisa sedikit berat di saku Anda, tapi percayalah, itu semua sepadan. Selain itu, memiliki situs web yang ramah seluler memang ide yang bagus.

Langkah 5: Pilih Platform Hosting Situs Web eCommerce

Server hosting pilihan Anda dapat memiliki efek besar pada bisnis eCommerce Anda. Kinerja, efisiensi, dan aksesibilitas situs web situs terhubung ke platform hosting yang dipilih. Anda harus memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan dan setelah menganalisis lalu lintas yang mungkin datang ke situs web Anda. Meskipun sulit untuk menganalisis lalu lintas di muka, Anda masih harus memiliki pemahaman sebelum membeli paket hosting apa pun.

Ada berbagai jenis host seperti VPS, Dedicated hosting, Cloud hosting, Semi-dedicated hosting, dll. Tersedia yang dapat Anda pilih untuk situs web Anda.

Virtual Private Server (VPS) adalah server tervirtualisasi yang menyediakan sumber daya khusus untuk Anda. Ini adalah solusi yang aman dan stabil. Ini dapat melayani lalu lintas tingkat menengah dengan cukup baik.

Dedicated hosting adalah jenis hosting di mana server dialokasikan untuk satu pengguna saja. Dengan demikian, lebih banyak keamanan dan kinerja tinggi dijamin.

Cloud hosting pada dasarnya beroperasi di berbagai server dalam rantai. Data Anda di cloud hosting ditampilkan dari berbagai server. Hal terbaik tentang cloud hosting adalah Anda membayar hanya untuk apa yang Anda gunakan. Kebutuhan server Anda dapat berfluktuasi dengan bisnis naik dan turun dan begitu juga harga yang akan Anda bayar ke server.

Ada beberapa hosting WordPress Gratis di luar sana, tetapi Anda pasti membutuhkan paket pembayaran yang baik untuk Pengembangan Situs Web eCommerce. Seperti yang mereka katakan “jika Anda membayar kacang, Anda mendapatkan monyet”.

Jika Anda tidak ingin pusing dengan segala hal tersebut diatas, mungkin Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website profesional, Garuda Web Development rekomendasi saya. Mereka dapat mengaplikasikan segala sesuatu yang dibutuhkan website toko online, hingga dapat bersaing secara global di internet.

Mari kita lanjut, langkah-langkah lain dalam membangun website toko online.

Langkah 6: Beberapa Faktor Penting Lainnya yang Perlu Dicamkan

Pencarian Situs Sempurna

Ini sebenarnya bukan langkah untuk mengimplementasikan komponen kunci yang perlu dijaga dalam siklus pengembangan. Ini membantu Anda meningkatkan keterlibatan pengguna ke situs web Anda. Semakin sempurna hasil pencarian situs, semakin banyak keterlibatan pengguna. Iya! Pencarian situs akan membantu pengguna untuk mencari produk yang diinginkan di situs web tertentu. Mesin pencari situs mencari situs web untuk hasil tertentu. Ketika pengguna tidak dapat menemukan apa yang mereka cari, maka peluang peningkatan rasio pentalan semakin tinggi. Anda harus memiliki pencarian situs yang berfungsi dengan baik untuk menjaga pengguna Anda di situs Anda dan untuk skala situs web WordPress eCommerce Anda dengan mudah.

Menambahkan Item Terkait

Sangat penting bahwa barang dagangan yang ditampilkan lainnya harus terkait dengan produk yang sedang dilihat pengunjung. Tampilan barang yang tidak terkait dapat menyebabkan Anda kehilangan pelanggan potensial. Demikian juga, di situs web multi-produk, Anda harus sangat spesifik tentang item terkait yang Anda perlihatkan kepada pelanggan potensial. Misalnya, Anda dapat menampilkan sampul model khusus untuk pengunjung yang sedang mencari ponsel.

Kategorisasi Sempurna dan penggunaan Tag

Sebuah situs web yang dikategorikan sempurna adalah suguhan bagi mata dan navigasi yang mudah seperti ceri pada kue. Jika semua produk dikategorikan dengan baik maka pengguna dapat dengan cepat menemukan item yang relevan. Dengan demikian, tingkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Sedangkan, untuk situs web multi-produk, menjadi penting untuk memiliki kategori yang jelas untuk menampilkan produk.

Anda juga dapat menggunakan tag untuk menautkan ke barang dagangan Anda. Karena Tag adalah kata kunci yang merujuk ke produk tertentu dan membantunya muncul di hasil pencarian. Setelah suatu produk ditandai, maka mudah bagi pengguna untuk menemukan produk spesifik itu hanya dengan mengetikkan tag itu dalam pencarian. Karenanya, tag adalah alat lain yang sangat membantu untuk mengatur toko Anda.

Jaga SEO

Satu hal yang tidak dapat Anda abaikan dalam pengembangan situs web eCommerce adalah optimisasi mesin pencari. Gunakan praktik SEO terbaik untuk membantu orang menemukan situs web, produk, dan layanan Anda. Situs web yang ramah SEO menarik lebih banyak pelanggan daripada situs web yang tidak dioptimalkan. Demikian pula, menambahkan kata kunci target membuatnya mudah dicari untuk pengguna. Selama siklus hidup pengembangan situs web, Anda akan menemukan banyak strategi SEO yang jika diterapkan dengan benar dapat menarik sejumlah besar pelanggan potensial ke situs web Anda. Ikuti kiat SEO eCommerce ini untuk penjualan dan konversi yang lebih tinggi.

Gunakan Cuplikan Kaya eCommerce

Cuplikan Kaya pada dasarnya adalah sepotong data terstruktur yang membantu pengguna serta perayap untuk memahami lebih banyak informasi tentang konten situs. Cuplikan kaya ini bekerja sangat berbeda untuk situs web Anda. Mereka menarik audiens dengan menampilkan informasi yang diperlukan karena Anda tidak dapat memberi tahu mesin pencari apa yang harus ditampilkan mengenai barang atau halaman Anda. Cuplikan kaya eCommerce memberikan gagasan kepada mesin pencari dan pelanggan tentang apa yang diharapkan dari halaman tertentu. Dan itu akan membantu situs Anda mendapatkan lebih banyak paparan dalam pencarian organik.

Keamanan

Menjadi situs web eCommerce, keamanan adalah masalah terbesar. Transaksi yang dilakukan melalui situs web Anda adalah tanggung jawab Anda dan harus seaman mungkin. Server yang Anda gunakan harus memenuhi Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS). Dan situs Anda harus mendukung Secure Sockets Layer (SSL). Karena tujuan utama SSL adalah menyediakan koneksi yang aman untuk bertukar informasi sensitif seperti rincian kartu kredit, nama, nomor telepon, alamat, dll. Melalui internet. Dengan demikian, menggunakan SSL akan memberi pelanggan Anda rasa aman dan karenanya menjaga data Anda benar-benar aman. Bahkan, sertifikat SSL dasar tersedia secara bebas hari ini. Anda dapat mengikuti instruksi ini untuk mengatur SSL menggunakan Let’s Encrypt.

Optimasi kecepatan

Kinerja situs berbanding lurus dengan kecepatannya. Jika kecepatannya lambat, Anda kemungkinan besar akan kehilangan pelanggan. Itu benar! Secara umum, orang-orang meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari 4 hingga 5 detik untuk memuat. Jadi, Anda hanya memiliki kurang dari 5 detik untuk mengaitkan pengunjung baru ke situs web Anda. Memuat halaman dapat secara signifikan memengaruhi pengalaman pengguna dan kemampuan situs Anda untuk mengonversi pengunjung menjadi pembeli. Ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja situs web WordPress Anda untuk menjalankannya dengan lancar. Pertimbangkan untuk menggunakan kompresi gambar dan caching selama pengembangan. Caching adalah teknik untuk menyimpan salinan halaman statis sehingga server tidak perlu membuatnya secara dinamis setiap kali diminta. Caching adalah alat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda berjalan secara efisien dan memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.

Langkah 7: Pengujian Situs Web

Setelah Anda siap dengan situs web eCommerce atau bahkan bersama dengan proses desain Anda dapat menjalankan pengujian. Ini mungkin merupakan aspek terpenting dalam pengembangan situs web. Pengujian dilakukan untuk:

  • Bug
  • Kenyamanan Pengguna
  • Tautan rusak
  • Kegunaan
  • Pengabaian Daftar Belanja
  • Formulir
  • Naskah
  • Navigasi
  • cek ejaan

Kedua pengujian otomatis dan manual harus dilakukan sehingga seharusnya tidak ada ruang untuk kesalahan. Namun, Anda tidak pernah bisa menguji cukup. Situs web eCommerce yang memiliki kesalahan atau jenis bug apa pun dapat membuat pengunjung Anda tidak puas.

Jadi, inilah beberapa faktor yang perlu Anda fokuskan. Dan Anda perlu menjalankan berbagai pengujian seperti pemeriksaan kompatibilitas lintas-browser, pengujian resolusi, uji beban, skalabilitas, pengujian stres, pengujian integrasi, pemeriksaan kinerja, pemeriksaan keamanan, pemeriksaan fungsionalitas, penggunaan cookie, dan pengujian basis data.

Menurut pendapat para ahli, sekitar 20 hingga 25% dari total waktu pengembangan situs web e-commerce harus diinvestasikan hanya pada tahap ini.

Langkah 8: Pasarkan Situs Web eCommerce Anda

Itu dia. Selamat, toko Anda sekarang aktif. Tapi jangan lupa untuk memasarkan situs web Anda. Pemasaran digital sebenarnya adalah bagian paling penting dari siklus hidup pengembangan situs web eCommerce. Jarang pengunjung akan menemukan situs web eCommerce Anda secara tidak sengaja. Jadi, untuk menghasilkan penjualan, Anda harus secara aktif memasarkan situs web Anda di berbagai platform. Bahkan, Anda harus siap terlebih dahulu dengan rencana pasar Anda, sehingga segera setelah Anda meluncurkan situs web Anda, pemasaran dan promosi online dapat diluncurkan. Kampanye pasar online harus benar-benar efektif agar situs web tidak luput dari perhatian. Strategi yang tepat, implementasi yang tepat pada waktu yang tepat pasti akan menarik calon pengguna.

Untuk mempromosikan produk Anda dan meningkatkan lalu lintas dan mendorong penjualan, ikuti metode pemasaran populer ini.

Itu termasuk:

Metode pertama dan terpenting adalah metode tradisional adalah dengan memberikan iklan di koran, majalah, pamflet, dll.

Pemasaran media sosial (SMM). SMM adalah solusi pemasaran digital yang paling populer dan menarik perhatian yang membantu pemasar untuk memasarkan barang dagangan mereka dengan nyaman. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Linkedin, Google+, Pinterest, dll. Hampir menjadi bagian integral dari setiap strategi pemasaran bisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.

Pemasaran email adalah cara lain yang efektif untuk memasarkan situs web Anda. Anda dapat meminta pengunjung untuk meninggalkan alamat email mereka sebagai imbalan atas beberapa penawaran atau promo yang menarik. Kirim email ke pelanggan Anda pada interval yang ditentukan (tidak terlalu sering) dan beri tahu mereka tentang penawaran baru atau peluncuran baru. Kirimi mereka kupon diskon untuk menjaga minat mereka di toko Anda.

Konten dapat membantu Anda mencapai level berikutnya. Iya! Pemasaran konten adalah ukuran penting pengembangan eCommerce. Ini adalah sesuatu yang dapat membawa situs web lebih tinggi dalam hasil pencarian. Menghasilkan informasi yang otentik, unik, dan dapat dibagikan untuk menarik pengunjung ke toko Anda. Beri mereka sesuatu yang menarik dan asli untuk dibaca dan pertahankan pertunangan mereka.

Gunakan pemasaran viral. Viral marketing adalah tentang seberapa kreatif dan cepat Anda membuat strategi untuk membuat orang mempromosikan situs web Anda melalui media apa pun yang mereka suka.

Langkah 9: Metode Pembayaran

Ini tentu saja merupakan aspek penting dari bisnis eCommerce. Adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggan yang merasa tidak aman saat melakukan pembayaran online. Dengan demikian, penting untuk memasukkan opsi pembayaran yang mudah digunakan seperti cash on delivery, net banking, dompet pembayaran, dan pembayaran kartu kredit atau debit. Pengalaman pengguna terbaik selalu mencakup metode pembayaran yang sederhana dan aman. Dukungan untuk opsi pembayaran ini akan memastikan kredibilitas. Jika Anda ingin melayani pelanggan dari berbagai negara, maka Anda harus mengintegrasikan beberapa opsi pembayaran mata uang untuk memudahkan pelanggan asing Anda. Di sini saya ingin menyebutkan bagaimana metode “Pengiriman Uang” mengubah secara dramatis ekosistem eCommerce di India

Langkah 10: Kebijakan Pengembalian dan Pertukaran yang Efektif

Karena Anda menjalankan situs web eCommerce sehingga kemungkinan Anda akan menghadapi banyak kasus pengembalian dan pertukaran item. Saat ini dengan persaingan besar di pasar, Anda harus memiliki kebijakan pertukaran dan pengembalian yang baik untuk tetap dalam bisnis dan maju dalam perlombaan ini. Anda harus menggunakan kebijakan pertukaran dan pengembalian yang mudah sehingga pelanggan Anda tidak akan pernah mengalami masalah jika mereka ingin mengubah atau mengganti atau mungkin mengembalikan produk. Berikan pengguna Anda ketenangan pikiran ekstra.

Langkah 11: Penawaran, Penjualan, dan Kupon

Ini menarik. Yah, setidaknya untuk para pelanggan. Semua orang suka penawaran, penjualan, dan kupon, Anda yang menjadi pemilik situs web eCommerce perlu mengingat hal ini untuk memperkenalkan berbagai penawaran dan penjualan dari waktu ke waktu dan tetap bersemangat. Dan juga jika Anda cukup beruntung untuk mengumpulkan banyak alamat email pelanggan berharga Anda maka Anda dapat mengirimi mereka kupon diskon melalui email juga. Tidak hanya pelanggan yang sudah ada tetapi penjualan dan penawaran dapat membuat Anda lebih banyak pengunjung organik juga. Jadi terus telusuri kebiasaan penelusuran pelanggan, pola pembelian, dan reaksi pengguna lainnya untuk mempersempit penawaran Anda.

Ikuti 11 langkah ini dan kembangkan situs web eCommerce yang berfungsi penuh dalam waktu singkat.

Anda siap untuk pengembangan situs web eCommerce

Seperti yang Anda lihat, membuat situs eCommerce adalah proses terperinci. Dan panduan ini dengan jelas menyatakan bahwa pengembangan situs web eCommerce membutuhkan dedikasi dan pengetahuan dasar teknologi. Karena untuk menerapkan metode pembayaran, optimasi SEO, langkah-langkah keamanan, dan strategi pemasaran untuk situs web eCommerce Anda, Anda akan memerlukan pengetahuan teknis. Jadi memiliki sedikit pengetahuan sebelumnya akan bermanfaat bagi Anda untuk meluncurkan situs web eCommerce dengan sempurna.

Saya harap panduan terperinci tentang pengembangan situs web eCommerce ini melengkapi Anda dengan informasi berharga untuk membangun situs web eCommerce dengan mudah. Dan saya telah memecah panduan ini menjadi beberapa tahap untuk membuatnya lebih mudah dimengerti untuk Anda. Anda dapat membagikan pemikiran Anda dengan saya di komentar di bawah. Saya menantikan balasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *