Pentingkah berbahasa inggris di era globalisasi ini ?

Apa yang membuat bahasa Inggris penting di era globalisasi? Mungkin itu adalah salah satu dari banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita setelah membaca judul artikel ini.

Jawaban atas pertanyaan itu sangat sederhana, yaitu karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal yang digunakan di dunia teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan sebagainya.

Bahasa adalah alat komunikasi paling penting, dan suka atau tidak suka, sekarang Bahasa Inggris telah mendominasi semua aspek komunikasi.

Kita dapat melihat hampir semua perangkat elektronik menggunakan bahasa Inggris. Sebagian besar negara di Asia juga menggunakan bahasa Inggris sebagai ‘media instruksi’ atau membuat bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasional mereka.

Sebut saja Filipina, Singapura dan Malaysia. Bahasa Inggris adalah alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh dunia. Bahasa Inggris adalah ‘Lingua Franca’ global.

Dalam dunia modern ini penuh dengan tantangan dan kompetisi super ketat, semua orang disarankan untuk tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi juga menuntut keterampilan khusus yang umumnya disebut ‘keterampilan’.

Salah satu ‘keterampilan’ yang paling dibutuhkan sekarang adalah bahasa Inggris. Sesuai dengan penjelasan di atas, bahasa Inggris adalah bahasa global, jadi bagi mereka yang ingin menjadi langkah lebih jauh dari pada umumnya, bahkan perlu menguasai bahasa Inggris.

Banyak orang enggan belajar bahasa Inggris karena mereka merasa terlalu tua untuk dapat menguasai bahasa. Tetapi menurut saya, modal utama untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik bukanlah usia seseorang, berapa jumlah tekad seseorang untuk dipelajari.

Sisi penting yang harus kita kuasai pertama adalah perbendaharaan dalam suatu bahasa, atau lebih dikenal dengan kosa kata. Pengetahuan tentang kosa kata dalam bahasa Inggris adalah modal utama dalam mempelajari bahasa ini. Kosakata adalah hal yang paling penting dalam mempelajari bahasa.

Seseorang yang ingin belajar bahasa baru perlu mengeksplorasi pengetahuan tentang kosakata untuk dapat berbicara dengan lancar.

Mempelajari kosakata bukanlah hal yang sulit. Siapa pun dapat mempelajarinya dengan cepat selama setelah dipelajari, kosakata harus digunakan sesering mungkin.

Kosakata harus diperkenalkan atau diajarkan sejak kecil. Namun, tidak pernah terlambat bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya pada usia.

Ketika kita bertaruh, “Kapan waktu terbaik untuk belajar bahasa Inggris?” Sekarang saatnya. Jika kita merasa malu atau gugup ketika berbicara bahasa Inggris, itu bukan kesalahan kita.

Jika kita membuat kesalahan dalam bahasa Inggris, bahkan itu bukan kesalahan. Mengapa? Karena penutur asli hanya sering membuat kesalahan dalam pengucapan (pengucapan) dan tata bahasa.

Cara menangani hal-hal seperti ini hanya sepele, yaitu dengan kepercayaan diri dan penguasaan treasury yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *