Tips Merencanakan Pesta Pernikahan Agar Berkesan

pesta pernikahan

Sophie Paris – Merencanakan pesta pernikahan membutuhkan perhatian yang besar, baik pada saat resepsi pernikahan atau pada saat upacara pernikahan itu sendiri. Resepsi harus berkesan indah dan istimewa seperti juga saat upacara pernikahan. Seharusnya setelah upacara pernikahan, tamu undangan dapat bersantai dan berkumpul untuk makan, menyanyi dan merayakan dengan pengantin baru.

Meskipun merencanakan pesta pernikahan bagi sebagian orang tidak sulit, seringkali karena kesibukan kedua pasangan, tidak mengherankan beberapa detail acara pernikahan yang penting menjadi terlupakan. Jika Anda tidak ingin resepsi pernikahan Anda berantakan, pertimbangkan tips merencanakan pesta pernikahan berikut ini:

Persiapkan Pesta Pernikahan Lebih Awal

pesta pernikahan malam hari elegan

Pernikahan, termasuk resepsi, harus direncanakan berbulan-bulan sebelum hari besar. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih lokasi. Bahkan untuk booking gedung saja, dikota besar biasanya butuh waktu sekitar 1 tahun. Jika Anda tidak mempersiapkannya lebih awal, Anda mungkin tidak akan mendapatkan tempat yang ideal. Juga, pertimbangkan jarak yang akan ditempuh tamu Anda, pertimbangkan juga ruang yang dibutuhkan untuk jumlah tamu Anda, dan tentu saja sesuaikan dengan budget Anda. Pastikan Anda memiliki ruang yang dibutuhkan agar semua tamu bisa berbaur dengan nyaman.

Perhatikan Tema Acara Pesta Pernikahan

Pernikahan biasanya memiliki tema yang mencakup warna dominan, seperti warna senada dari taplak meja, sarung jok, serbet, bunga, dan dekorasi lainnya. Merencanakan ini dengan hati-hati dapat benar-benar menambahkan sentuhan khusus. Hal ini juga mencakup dalam busana yang dikenakan tamu saat pesta pernikahan. Jika Anda ingin acara saat akad nikah lebih berkesan dan hanya dihadiri keluarga terdekat, Anda bisa meminta mereka untuk mengenakan busana model kebaya, atau pakaian serba putih agar nampak lebih senada.

Perhatikan Menu Makanan

Rencanakan terlebih dahulu daftar makanan apa yang ingin Anda sajikan. Anda dapat menyewa katering atau memasak mandiri dengan bantuan keluarga dan teman. Jika Anda mengincar praktisnya, tentu menyewa katering bisa menjadi pilihan. Untuk minuman, serahkan pada pihak katering jika Anda menggunakan jasa katering. Fasilitas Anda juga dapat memberikan pilihan makanan sebagai bagian dari paket pernikahan secara keseluruhan.

Rencanakan Hiburan

Buat daftar lagu yang Anda inginkan untuk tarian dan musik latar. Tentunya Anda akan ingin memilih lagu-lagu cinta favorit Anda. Pastikan MC atau DJ Anda memainkan lagu pilihan Anda, bukan pilihannya! Oh ya, bagian dari perencanaan pesta pernikahan adalah mengatur untuk MC atau DJ, tetapi jika Anda mempunyai teman yang jago menjadi MC, Anda bisa meminta tolong teman Anda untuk menghemat biaya.

Mencari Bantuan Profesional

Merencanakan pernikahan Anda dapat menguras fisik, mental, dan emosional. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, perencana pernikahan profesional atau biasa disebut wedding organizer dapat membantu Anda. Berpengalaman di bidang industri pernikahan selama bertahun-tahun memberi mereka pengetahuan yang baik tentang produk terbaik, misalnya kue pernikahan, souvenir, layanan katering dan lain-lain. Mereka tahu tidak hanya tempat terbaik untuk lokasi pernikahan, tetapi juga cara terbaik untuk memuaskan visi Anda untuk resepsi pernikahan impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *