Rajin Sholat Tahajud Tapi Sholat Wajib di Lalaikan

Ada banyak dari kaum muslimin yang melaksanakan sholat wajib masih tidak sempurna, yaitu tidak melaksanakan tepat waktu, melaksanakan sholat wajib tapi di rumah (bagi laki-laki), sering mengakhirkan sholat wajib di penghujung waktu. Tapi disisi lain orang tersebut rajin melaksanakan sholat tahajud, bahkan melaksanakan sholat isya setelah bangun dari tidur dimalam hari dan di lanjutkan dengan sholat tahajud, apakah ini di benarkan?.

Tentu keadaan ini sangat menyedihkan dan tidak di benarkan dalam syariat islam, dikutip dari penaungu.com bahwa, walau bagaimanapun keutamaan sholat wajib adalah lebih utama dan lebih besar pahalanya di bandingkan dengan sholat sunnah bahkan di bandingkan dengan sholat tahajud yang membutuhkan efort lebih besar untuk melaksanakannya, karena sholat tahajud ini di laksnakan pada malam hari disaat manusia lainnya sedang terlelap tidur.

Talbis Iblis atau Tipu Daya Syetan

Rajin Sholat Tahajud Tapi Sholat Wajib di Lalaikan

Jika ada orang yang melaksanakan amalan seperti itu maka itu dipastikan sebagai talbis iblis atau tipu daya setan dalam menyesatkan manusia, seolah-olah kita melaksanakan ketaatan yang sangat besar padahal nyatanya kita berada di dalam kesesatan dan kesalahan yang bisa membinasakan kehidupan akhirat kita, inilah pentingnya ilmu sebelum beramal.

Seharusnya seorang muslim paham mana amalan yang perlu di prioritaskan dan mana amalan yang perlu di akhirkan, lagi-lagi inilah peran ilmu dalam agama islam, inilah sebabnya ilmu mempunyai peranan besar dalam amal seorang muslim, dan sudah seharusnya seorang muslim menjadi tholabul ilmi atau orang yang mempelajari ilmu agama.

Ini juga yang menyebabkan kecintaan manusia kepada dunia lebih besar daripada kecintaan manusia kepada agama dan akhirat, sehingga orang lebih paham dan pintar dalam masalah dunia tapi jahil atau bodah dalam masalah akhirat atau agama, dan orang semacamini adalah orang yang di benci oleh ALLAH Subhana huwataala.

Perbaiki Sholat Wajib Lebih Utama Daripada Sholat Tahajud

Kembali kepada masalah orang yang rajin sholat tahajud tapi lalai dan abai terhadap shalat wajib,maka perlu untuk di beritahukan bahwa kewajiban kita adalah untuk menunaikan sholat wajib dengan sempurna jauh lebih penting daripada keadaan saat ini.

Karena jika kita sudah melaksanakan kewajiban sholat lima waktu, maka kita tidak mendapatkan dosa, walaupun kita tidak sholat tahajud.

Tapi kalau keadaan seperti saat ini, kita abai dalam sholat wajib tapi sangat rajin dan banyak sholat tahajud maka kita berdosa.

Dan perlu juga di pahami bahwa sholat wajib yang lima waktu bagi seorang laki laki adalah sholat berjamaah di masjid dimana adzan di kumandangkan, kecuali ada udzur syari, tidak menunda nundanya dan tidak melalaikannya dari sholat jamaah ini.

Jika kita sudah melaksanakan sholat wajib dengan sempurna,maka kita boleh beranjak ke amalan sunah yang utama yaitu sholat tahajud, ingat yah syarat sholat tahajud adalah harus tidur terlebih dahulu, kalau tidak tidur terlebih dahulu maka ini bukan dinamakan sholat tahajud tapi sholat malam biasa atau qiyam lail.

Semoga kita dimudahkan oleh ALLAH dalam memahami ilmu agama dengan pemahaman yang benar sepertipemahaman para salafus sholeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *