Yuk Intip Resep Ayam Crispy Sambal Matah Yang Enak Dan Mudah Dibuat

resep ayam crispy sambal matah

Banyak artikel yang sudah membahas resep ayam crispy sambal matah. Apalagi penyuka makanan pedas,biasanya makanan ini akan menjadi salah satu favorit hidangannya.

Sebelumnya kita pernah membahas cara membuat ayam crispy. Jika sekarang ini kita padukan ayam crispy dengan sambal matah. Simak artikel berikut ini !

Daging Ayam

Artinya, bahan pangan yang baik untuk kesehatan manusia dan bergizi tinggi. Meski beberapa orang bereaksi saat mengonsumsi ayam setiap hari memiliki efek negatif bagi tubuh.

Pendapat ini sangat berbeda dengan pendapat Times of India 2018 bahwa seseorang perlu memahami cara-cara pengolahan ayam yang benar. Jangan menggunakan banyak krim, bumbu dan mentega dalam masakan sehari-hari.

Mengolah daging ayam dengan cara di bakar atau di bakar akan lebih baik.

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

1.Mengandung Banyak Protein

Ayam berprotein tinggi memperkuat fungsi otot dalam tubuh. Selain itu, ada kandungan lemak yang konon bisa membuat seseorang kenyang lebih lama karena bisa menekan nafsu makan. Kalau begitu, olahan ayam sehat bisa dijadikan menu diet.

2.Asam Amino

Kandungan asam amino yang ada di dalam tubuh ayam disebut triptofan. Fungsinya untuk meningkatkan kadar serotonin di otak dan memiliki manfaat positif dalam meredakan depresi.

3.Mencegah Pengeroposan Tulang

Orang lanjut usia seringkali mengalami pengeroposan tulang, sehingga membutuhkan asupan makanan yang dapat mencegah hal tersebut terjadi. Salah satu bahan gizi untuk mencegah osteoporosis dan masalah persendian adalah daging ayam.

4.Lindungi Hati

Disebutkan dalam pengertian ayam di atas, jika dimakan dan diolah dalam jumlah yang tepat banyak manfaatnya. Jantung Anda terlindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular. Makanan ayam dapat menekan dan mengontrol zat homosistein.

5.Mengandung Fosfor

Fosfor dikenal dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Zat ini juga terdapat pada daging ayam. Fungsi lain dari fosfor adalah menunjang kesehatan sistem saraf, ginjal, dan hati.

6.Kandungan Mineral

Mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sistem imun. Daging ayam mengandung selenium, mineral penting untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan mempercepat kinerja kelenjar tirod. Selain itu, terdapat vitamin B6 yang dapat menurunkan risiko obesitas karena dapat membantu proses pencernaan makanan yang lebih baik tanpa cadangan lemak.

7.Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan banyak kematian. Ayam mengandung niasin, vitamin yang mencegah berbagai jenis kerusakan DNA dan kanker.

Untuk mendapatkan tujuh manfaat memahami ayam, Anda perlu memahami aturan makan ayam. Konsumsi yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh. Perhatikan aturan makan ayam berikut ini.

Resep Ayam Crispy Sambal Matah

resep ayam crispy sambal matah

Bahan-bahan :

  • 500 gram ayam potong, potong-potong
  • Tepung bumbu secukupnya
  • Potong 3 putih telur2 siung bawang putih, parut
  • 1 buah jeruk nipis, diperas
  • garam
  • lada
  • 20 buah cabai rawit, iris
  • 2 batang serai, cincang halus
  • 15 batang daun bawang, iris
  • 5 lembar daun jeruk, buang batangnya, potong tipis-tipis
  • Gula
  • garam
  • Kaldu bubuk
  • Pasta udang
  • 1 buah jeruk nipis, diperas
  • 6 sdm minyak goreng panas

Cara Membuat Ayam Crispy Sambal Matah :

  1. Cabuti bulu ayam menggunakan mesin pencabut bulu ayam,kemudian cuci ayam, campur dengan bumbu yang sudah direndam. Diamkan di lemari es setidaknya selama 1 jam.
  2. Tutupi ayam dengan tepung berbumbu, celupkan ke dalam putih telur, lalu tambahkan ke tepung berbumbu. Ulangi sekali lagi, putih telur dan tepung bumbu, cubit hingga menggulung. Goreng dengan api sedang hingga kecokelatan, tiriskan.
  3. Campur semua bahan menjadi satu.
  4. Sajikan ayam renyah (bisa dicincang) dengan sambal.

Demikian merupakan artikel resep ayam crispy sambal matah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian. Selamat untuk mencobanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *