Resep Membuat Es Dawet Ayu Sendiri Untuk Keluarga Di Rumah

Resep membuat es dawet ayu siapa sih yang tidak tau ? minuman ini sangat di gemari masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan manis, ada juga dalam isinya yang di sebut cendol menambah cita rasa nya semakin enak.

Pengertian Dawet Ayu

Dawet Ayu adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Dawet ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Es Dawet ayu asli khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

Dawet Ayu dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan dicampur dengan bahan tambahan seperti daun pandan dan tepung tapioka. Es dawet ayu khas Banjarnegara memang terlihat sama dengan dawet-dawet lainnya namun jika dilihat dari bentuk, dawet ayu Banjarnegara ini terlihat lebih kecil dengan tekstur yang lembut

Dawet Ayu dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan dicampur dengan bahan tambahan seperti daun pandan dan tepung tapiokaEs dawet ayu menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat IndonesiaEs dawet ayu, minuman khas Kabupaten Banjarnegara, salah satu kuliner yang sudah dikenal enaknya di nusantara

Resep Membuat Es Dawet Ayu

Bukan hal yang sulit untuk membuat es dawet yang satu ini, saya akan membagikan sedikit resep untuk anda di rumah yang ingin membuat dawet ayu sendiri di rumah untuk keluarga anda atau menu berbuka puasa di malam ramadhan ini.

Saya sedikit membagikan untuk anda resep membuat es dwet ayu agar memudahkan anda untuk membuat dawet ayu sendiri di rumah untuk keluarga anda atau untuk teman anda.

1. Es Dawet Ayu

resep membuat es dawet ayu

Resep di bawah ini sangat membantu anda untuk membuat es dawet ayu sendiri di rumah, anda bisa langsung mempraktikkannya di rumah dengan keluarga anda atau dengan kerabat anda.

Bahan – Bahan :

  • 250 gram tepung tapioka
  • 250 gram tepung beras
  • 600 ml air matang
  • 100 ml air sari daun pandan
  • es batu secukupnya

Bahan Kuah Santan :

  • 1 liter santan
  • 3 lembar duan pandan
  • 1 sendok teh garam

Bahan Larutan Gula Merah :

  • 500 gram gula merah, sisir halus
  • 250 ml air
  • 50 gram gula pasir

Anda juga bisa melihat resep saya yang lainnya.

Cara Membuat Dawet Ayu :

  1. Pertama, campurkan tepung tapioka dan tepung berasa, air sari daun pandan dan air matang. Aduk-aduk hingga merata. Setelah itu, rebus hingga mengental.
  2. Jika sudah matang, cetak adonan dawet menggunakan alat pencetak dawet. Kalau tidak ada, bisa gunakan saringan. Letakkan wadah berisi air hangat di bawah cetakan, biar dawet tidak menggumpal. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, buat kuah santannya. Rebus santan dengan daun pandan dan garam. Aduk santan, supaya tidak pecah. Kalau sudah, dinginkan.
  4. Beikutnya, buat larutan gula merah. Rebus air, gula merah, dan gula putih. Aduk merata dan rebus hingga mendidih. Dinginkan larutan gula merah.
  5. Langkah terakhir, racik es dawet ayu. Pertama, siapkan gelas. Berikan larutan gula merah, lalu masukkan dawet secukupnya. Siram dengan kuah santan dan tambahkan es batu.

Jadi bagaimana ? apakah anda berminat membuat es dawet ayu di rumah dengan kerabat anda atau dengan keluarga anda ? jika anda berminat anda bisa melihat resep di atas ini dengan baik agar dawet ayu anda berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *