Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap

Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini dan  Kalian rindu nggak dengan jajanan legendaris ini,jajanan ini bernama rambut nenek jajanan ini pernah popular pada tahunnya ,yaitu pada tahun 1990-an jajanan ini sekarang jarang ditemukan tapi tenang saja mudah kok Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap.

Rambut Nenek

Rambut Nenek, jajanan yang tak asing bagi kalangan generasi 90an. Arum manis memiliki bentuk yang unik, ditambah cita rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan. Arum manis diminati oleh hampir seluruh kalangan, terutama anak-anak sekolah dasar dan menengah.

Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap juga sering disebut gulali rambut nenek. Hal ini karena bentuk dan warnanya sangat mirip dengan rambut ubanan orang tua. Jajanan ini masih bertahan hingga saat ini, walaupun pola konsumsi snack sachet dan gulali modern semakin bertambah.

rambut nenek dibuat dengan alat sederhana, berbeda dengan arum manis modern yang dibuat menggunakan mesin. Arum manis rambut nenek dibuat dengan bahan tepung terigu, gula, dan telur.

Bahan-bahan itu dimasak dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rambut. Setelah didiamkan beberapa saat, arum manis akan berbentuk kristal gula. Kristal gula tersebut akan mencair dan mengeluarkan rasa manis ketika dimakan.

Rambut Nenek masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan street food karena keunikan. Jajanan ini pada awalnya ditemukan di Italia, namun arum manis rambut nenek merupakan salah satu jenis jajanan arum manis khas Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Jajanan ini masih bertahan dengan romantismenya, walaupun popularitasnya kian surut.

Konsumsi snack/jajanan kini tengah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama pelajar dan pekerja yang membutuhkan asupan ditengah jeda rutinitasnya. Hasil survey yang diadakan oleh Mondelez menemukan bahwa biskuit industri menempati posisi teratas jajanan favorit masyarakat Indonesia. Nilai bisnis konsumsi jajanan masyarakat Indonesia mencapai 243 Trilliun Rupiah, sungguh pasar yang sangat mengiurkan untuk pelaku bisnis snack industri.

Peluang Usaha Rambut Nenek

Rambut Nenek sejenis makanan ringan yang dibuat dari gula pasir yang diproses menggunakan mesin arum manis. Resep Rambut Nenek Yang Praktis Murah Dan Mantap mempunyai bentuk dan rasa yang beraneka ragam. Namun rasa manis tetap menjadi rasa dominan dari arum manis.

Gulali dibuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan. Namun terkadang gulali juga dibuat dari beberapa campuran bahan masakan lainnya. Sebagian besar penyusun gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya sangatlah besar, jika mengingat bahannya yang hanya 1 sendok makan gula.

Sebuah arum manis biasanya dapat mencapai ukuran sebesar bola basket, bahkan lebih besar. Arum manis biasanya dijajakan di stand – stand pasar malam atau event – event rakyat lainnya.

Warna arum manis yang paling banyak dijajakan adalah arum manis warna merah jambu, kuning, hijau muda, oranye, dan biru muda. Akan tetapi banyak juga yang menerapkan warna – warna pelangi, bahkan menyatukannya menjadi satu buah arum manis pelangi.

Mesin pembuat arum manis dari kami menghasilkan arum manis yang mempunyai kualitas kapas dan rasa tinggi. Tentu disesuaikan dengan takaran sesuai dengan keinginan anda. Dengan mesin pembuat arum manis usaha anda lebih mudah memproduksi arum manis yang berkualitas.

Tips Yang Bisa Kamu Lakukan:

  1. Untuk membentuk rambut nenek ini, butuh tenaga yang cukup ekstra. Jadi sebaiknya bagi adonan gulali menjadi dua atau tiga agar lebih mudah.
  2. Kamu bisa tambahkan pewarna makanan saat memasak adonan gulali.
  3. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah cairan gula sudah siap untuk ditiriskan.
  4. Siapkan mangkuk kaca berisi air dingin (air es), lalu tuang satu sendok makan cairan gula. Biarkan beberapa detik sebelum diambil. Kalau lembek dan gak bisa dibentuk bola, artinya gulali belum siap.
  5. Kalau teksturnya sudah agak kaku, bisa dibentuk bulat, tapi letoy dan garisnya turun saat ditarik horizontal, artinya gulali masih belum siap.
  6. Kalau teksturnya sudah kaku, bisa dibentuk bulat, dan membentuk garis yang kokoh saat ditarik horizontal, artinya gulali sudah siap dibentuk.
  7. Jika kalian ngak mau ribet,sekarang sudah ada mesin penbuat arum manis rambut nenek.
resep rambut nenek

Cara Membuat Rambut Nenek

Bahan 1:

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram
  • Bubuk vanila secukupnya

Bahan 2:

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya

Cara Membuat Rambut Nenek:

  1. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sejumput bubuk vanila (opsional), lalu masak hingga berwarna kecokelatan. Matikan api, sisihkan.
  3. Sembari menunggu dingin, kita buat adonan gulalinya menggunakan wajan antilengket. Lelehkan gula pasir dengan 400 ml air, panaskan dengan api sedang selama kurang lebih 20-22 menit. Sesekali aduk agar gula tidak menempel.
  4. Tekstur gula untuk membuat rambut nenek harus pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Jika gula sudah mengental dan berwarna kecokelatan, matikan api.
  5. Siapkan baskom berisi air dingin, letakkan wajan di atasnya sambil mengaduk gulali hingga berbentuk bola.
  6. Angkat gulali dan letakkan dalam kneading board. Tarik beberapa kali hingga teksturnya sedikit lentur, bentuk menjadi lingkaran besar.
  7. Lumuri dengan adonan tepung dan minyak yang sudah didinginkan sebelumnya, kemudian bentuk dengan cara dilipat menyerupai angka 8 sambil terus ditarik.
  8. Ulangi prosedur ini hingga gulali membentuk helaian-helaian tipis.

Macam-Macam Olahan Rambut Nenek:

1. Macaron arbanat

Macaron juga salah satu dessert  paling favorit, karena rasanya enak dan penampilannya eye catching. Sama seperti rambut nenek, macaron sering diburu karena punya tampilan retro dan Instagramable banget. Nah, apalagi kalau keduanya disatukan, pasti makin epik abis tuh penampilannya!

2. Es krim dan roti bakar dengan rambut nenek

Sepertinya macam-macam dessert  bisa jadi makin kece hanya dengan tambahan rambut nenek, seperti makanan yang satu ini. Di Bandung, ada kafe bernama Tako Lada yang memadukan rambut nenek dengan es krim dan roti bakar hingga terbentuk karakter unik. Cute banget ya, jadi gak tega memakannya.

3. Roti saimai, rambut nenek ala Thailand

Thailand memiliki jajanan tradisional yang mirip dengan rambut nenek, namanya roti saimai. Bedanya, warna makanan ini lebih beragam dan mencolok, seperti magenta, hijau, oranye, hingga ungu.Selain itu, cara penyajiannya pun unik, yakni menggunakan dadar gulung. Kamu bisa memilih adonan dadarnya yang original berwarna putih atau warna-warni. Gemas ya!

4. Susu papah, paduan gulali, dan susu murni

Aneka susu dengan topping pearl atau puding menjadi minuman yang sudah biasa. Nah, kamu harus coba campuran susu murni dengan arbanat yang cute ini di kedai Susu Papah. Kalau di daerah kamu belum tersedia, kamu bisa bikin sendiri di rumah karena bahannya mudah didapat. Yuk, coba!

5. Chinese style arbanat, dragon beard

Walapun bentuknya mirip kepompong ulat sutra, tapi nama makanan satu ini adalah dragon beard alias jenggot naga. Gulali asal China tersebut berupa lembaran lebih halus daripada rambut nenek dan di dalamnya berisi kacang tanah sangrai. Perpaduan manis, gurih, dan nutty itu dijamin bikin nagih deh!

Demikian artikel resep rambut nenek terima kasih atas waktunya semoga apa yang kalian baca banyak manfaatnya untuk kita semua.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *