Stop! Jangan Gunakan Plugin dan Tema WordPress Nulled

stop gunakan nulled plugins

Menggunakan plugin dan tema nulled bukan lah pilihan yang cerdas dan bijak sebagai pemilik website yang bertanggung jawab. Risiko yang kamu tanggung tidak sebanding dengan apa yang kamu dapatkan.

Jika kamu masih awam, theme dan plugin nulled adalah istilah yang digunakan untuk plugin dan theme premium bajakan . Jadi nulled adalah versi bajakan dari plugin dan theme berbayar yang biasanya dijual di internet atau disebarkan secara gratis.

Mungkin sekilas terdengar seperti hal yang menggiurkan apalagi bagi para pemilik website dengan budget terbatas. Tapi jangan salah dulu, menggunakan theme dan plugin nulled memiliki banyak risiko yang bisa menghancurkan website kamu perlahan-lahan.

Berikut adalah risiko menggunakan plugin dan theme bajakan:

Tidak Aman Digunakan

Menggunakan versi bajakan memberikan ancaman serius terhadap keamanan website kamu. Risiko ini disebabkan oleh script malware yang ada di dalamnya. Pembuat theme dan plugin bajakan bisa menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file berbeda untuk menyamarkan diri, jadi meskipun kamu melihat ke dalam kodenya ada kemungkinan besar kamu tidak bisa menemukan malware apa pun. Tapi bukan berarti malware tersebut tidak ada.

Malware memang didesain untuk sulit ditemukan dan diperbaiki ketika website sudah terserang malware. Akibatnya website kamu mulai kehilangan data-data penting dan lebih parah lagi, website kamu bisa dihapus dari indeks Google dan kemudian tidak bisa ditemukan melalui search engine.

Privasi Terancam

Di dalam website biasanya ada data-data penting seperti e-mail, username dan password dan sebagainya. Data-data privasi ini bisa dicuri hacker melalui malware di dalam plugin dan theme bajakan.

Jadi, jika kamu mengelola website toko online yang memungkin pengunjung untuk mendaftarkan diri, data diri mereka juga terancam akan dicuri hacker. Ketika data dicuri, efeknya tidak langsung terlihat atau bahkan tidak terlihat sama sekali dan website tetap berjalan seperti biasa. Namun, setiap pendaftar baru di website kamu akan menjadi bahan curian baru bagi hacker.

Jika hal seperti ini terjadi, bisa jadi kamu dikenakan dengan untuk mengganti rugi data privasi konsumer yang tercuri. Biaya yang dikeluarkan bisa sangat tinggi dan tentunya jauh lebih tinggi dari pada membeli plugin dan theme premium asli.

Merusak SEO

Membangun SEO untuk website tidak lah mudah, dan menggunakan theme dan plugin nulled bisa merusak SEO dalam waktu yang cukup singkat. Theme dan plugin nulled bisa mengarahkan pengunjung ke website-website terlarang dan berbahaya, sehingga website kamu penuh dengan link spam.

Walaupun terlihat sangat jelas, mendeteksi aktivitas-aktivitas seperti cukup sulit karena tersembunyi rapi dalam file-file tema dan plugin bajakan. Search engine bisa dengan mudah mengetahui aktivitas-aktivitas seperti dan menganggap websitemu sebagai berbahaya dan dihapus dari indeks sehingga tidak bisa lagi ditemukan.

Ketika sebuah website tidak bisa ditemukan, bisa dianggap bahwa website tersebut sudah mati. Mungkin kamu akan terpaksa memulai lagi dari awal dan biayanya pun tidak sedikit.

Tidak Ada Update

Theme dan plugin nulled tentunya tidak bisa diupdate, berbeda dengan versi premium asli yang selali merilis versi terbaru dan memperbaiki semua bugs. Karena software yang kamu gunakan ilegal, kamu tidak akan menerima update, dan pastinya outdated dengan banyak bug.

Solusinya, silakan menggunakan jasa jual Theme WordPress Premium yang sudah terjamin keasliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *