Macam-Macam Tari Tradisional Jawa Tengah Yang Harus Diketahui Generasi Milenial

Tari tradisional jawa tengah

Tari tradisional Jawa Tengah menjadi salah satu kebudayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan terutama untuk generasi milenial. Mungkin salah satu dari kita ada yang belum mengetahui apa saja jenis-jenis tarian tradisional dari Jawa Tengah. Artikel di bawah ini akan memberikan beberapa informasi untuk menambah wawasan apa saja tarian tradisional di Jawa Tengah.

1. Tari Batik Kawung di Pekalongan

Pekalongan tidak hanya disebut sebagai Worlds City of Batik, di Kabupaten Pekalongan memiliki salah satu tarian tradisional bernama tari batik kawung. Tarian ini berkolaborasi  antara tarian khas sufi dengan tarian Jawa klasik menggunakan batik khas Pekalongan.

2. Tari Langgam Tayub Pati

Tari tradisional Jawa Tengah ini memperlihatkan keindahan dan keserasian gerakan yang dialunkan musik gamelan serta lantunan-lantunan tembang Jawa. Tarian ini biasanya ditampilkan untuk acara pernikahan, khitanan, tasyakuran, sedekah bumi, dll.

3. Tarian Gambang di Semarang

Tarian ini cukup menarik di Semarang karena selain terdiri dari elemen musik, vokal, tetapi juga disertai lawakan atau lelucon. Selain itu, tarian ini memiliki gerakan berpusat pada pinggul si penari. Seni tari Gambang ini biasanya menjadi tontonan atau hiburan bagi warga.

4. Tari Beksan Srikandi Suradewati di Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan makanan khasnya yaitu gudeg, destinasi wisata yang menarik. Kota ini memiliki salah satu tarian tradisionalnya yaitu Tari Beksan Srikandi Suradewati yang menceritakan tokoh pewayangan Suradewati yang merupakan adik dari Prabu Dasalengkara yang ingin mempersunting Dewi Siti Sendari yang sudah dijodohkan dengan Raden Abimanyu.

Di sini terjadi  perkelahian  antara Dewi Srikandi dengan Suradewati. Dalam peperangan akhinya Dewi Srikandhi yang menang.

5. Tari Topeng Kelana di Tegal

Tegal merupakan salah satu wilayah Jawa Tengah yang memiliki logat bahasa yang khas. Di Kabupaten Tegal memiliki salah satu tarian tradisional yang terkenal yaitu Tari Topeng Kelana. Tarian ini menggambarkan tokoh seorang kelana, yang memiliki kepribadian yang berani, gagah, tangkas, dan memiliki sifat yang baik. Gerakannya tegap dan lincah.

Sebagai Warga Negara Indonesia tidak seharusnya melupakan kebudayaan asli Indonesia. Oleh karena semua elemen masyarakat harus selalu menjaga dan melestarikan tari tradisional Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *