Tips Memilih Alamat Website Agar Seo Friendly

Berdasarkan sifat terdapat 2 jenis web yaitu statis yang memuat informasi tetap dan dinamis dimana isinya selalu berubah.

Sedangkan berdasar kegunaannya terdapat 2 jenis, berikut penjelasannya.

  1. Alamat atau URL Absolut
    Alamat website lengkap yang menyertakan nama domain. Dalam penggunaannya URL absolut akan langsung menuju pada lokasi direktori yang sedang dicari. Jadi tidak melalui halaman utama dari situs.

Contoh URL absolut adalah: https://www.namagaleri.com/image/image.jpg. Anda akan langsung menuju pada koleksi gambar dari situs bersangkutan. Contoh lain https://www.namaperusahaan.com/profile, Anda akan langsung menuju halaman profile.

  1. URL Relative
    Menunjukkan lokasi dari alamat file yang sedang aktif pada saat digunakan. Dilihat dari komponennya memang tidak tertulis secara baku. Contoh alamat situs website https://www.contoh.com/landing.html. URL relatifnya hanya:var1.html, atau

Tips Memilih Alamat Website


Jika berhasil menentukan nama identitas situs yang Anda bangun dengan tepat, tidak akan sulit mendapatkan pengunjung. Berikut 6 hal yang perlu Anda perhatikan agar situs Anda mudah dikenal.

  1. Gunakan Ekstension .com
    Ekstension ini paling banyak digunakan dan berlaku umum. Anda bisa menggunakannya karena lebih mudah. Tapi jika target lokasi dari situs Anda spesifik bisa menggunakan ekstension lokal misalnya .id, .us atau merujuk pada kota seperti .boston.
  2. Singkat dan Praktis
    Alamat web yang singkat dan mudah diingat akan sangat membantu pengguna lain untuk menemukan alamat website Anda dengan mudah. Selain itu, situs juga akan lebih mudah masuk dalam SERP (Search Engine Result Page).
  3. Membeli TLD
    Fungsinya untuk menghindari orang lain menggunakan domain sama namun ekstension beda. Reputasi situs Anda terlindungi dari kemungkinan pencurian data dari situs palsu, juga menjamin keamanan data pengunjung situs.
  4. Tidak Menggunakan Tanda Hubung dan Huruf Ganda
    Hindari penggunaan tanda penghubung dan huruf ganda. Ini bisa menyebabkan alamat sulit diingat dan dicari melalui internet. Selain itu saat diucapkan bisa salah bunyi yang mengakibatkan salah penulisan.
  5. Mudah Dieja
    Hindari membuat nama dengan rangkaian huruf yang sulit pengejaannya meski terlihat kekinian. Ini akan menyebabkan salah dalam penulisan akibatnya pengunjung tidak bisa menemukan situs Anda justru situs lain.
  6. Research Nama Domain
    Penting untuk research sebelum mendaftarkan nama domain. Anda perlu memastikan tidak ada yang menggunakannya lebih dulu sebagai merek dagang. Dengan kata lain alamat website harus unik dan tidak melanggar hukum kepemilikan.

Mau meranking website mu ? coba saja kesini : Jasa SEO

Contoh dan Penjelasan


Dari bagian-bagian yang wajib ada bisa langsung dibuat alamat web. Untuk memudahkan Anda dalam pembuatan nama domain, perhatikan contoh berikut ini.

1.  https://www.webmu.com/bisnis-umkm/budidaya-monstera/

  • https: merupakan protokol aman yang digunakan oleh portalekonomi.
  • www: host untuk mengenali sumber daya yang digunakan
  • id: domain utama situs
  • bisnis-umkm/budidaya-monstera: lokasi file spesifik dari situs yang dicari

2.  https://www.galerifuto.com/image/planet-image

  • https: protokol yang digunakan oleh galeri foto (pemilik website)
  • www: host
  • com: domain utama
  • image/planet-image: lokasi file spesifik, disini contohnya pengguna mencari koleksi gambar dari situs bersangkutan.
  • Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Website Hosting Gratis dan Berbayar?

Contoh diatas bisa Anda modifikasi sendiri berdasarkan tipe situs yang akan dibangun apakah untuk kebutuhan personal, company profile, komunitas, komersial dan lainnya. Jika pembuatannya mengikuti struktur yang benar, alamat website Anda akan sangat menjual. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *