Tips Merencanakan Catering Pernikahan Berbagai Gaya Resepsi

Tips Merencanakan Catering Pernikahan Berbagai Gaya Resepsi

Tips Merencanakan Catering Pernikahan Sebelum mulai merencanakan catering pernikahan, Anda perlu mengetahui tema dan tempat pernikahan Anda. Setelah Anda memutuskan keduanya, diskusikan gaya resepsi pernikahan dengan tunangan Anda. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda memahami semua pilihan catering yang tersedia sebelum mengambil keputusan.

Gaya Resepsi Pernikahan

Saat ini, Anda tidak perlu terjebak hanya dengan satu pilihan gaya resepsi pernikahan. Baik Anda merencanakan pernikahan yang elegan dan tradisional atau dengan pertemuan kecil yang akrab dengan teman-teman Anda, ada pengaturan catering yang cocok untuk Anda. Lihatlah beberapa gaya resepsi pernikahan di bawah ini untuk memutuskan salah satu yang sesuai dengan pernikahan impian Anda.

Makan Malam Sambil Duduk

Gaya paling tradisional, makan malam duduk biasanya memiliki maksimal 10 kursi per kelompok tamu yang duduk di meja bundar, dengan masing-masing tamu dilayani tiga orang atau lebih.

Siapa yang harus melakukan ini? Pasangan yang menginginkan resepsi pernikahan yang elegan, rapi, dan tradisional.

Jumlah tamu Bervariasi, karena ini dapat disesuaikan untuk pernikahan yang intim atau mewah.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan: Ukuran tempat dan anggaran Anda, karena makan malam berlapis membutuhkan lebih banyak staf untuk menyiapkannya, misalnya dalam menyiapkan piring dan menyajikan setiap hidangan.

Makan malam dengan duduk memberi lebih banyak waktu bagi para tamu untuk bergaul dan berkenalan satu sama lain. Bahkan jika pesta Anda mulai terlambat, tamu Anda tidak akan benar-benar memperhatikan. Karena Anda tahu jumlah pasti tamu, Anda dapat dengan mudah menentukan anggaran dan jumlah makanan yang perlu Anda siapkan, sehingga Anda akan memiliki lebih sedikit sisa makanan. Jenis pengaturan ini juga memberikan kesan elegan dan mewah yang tidak ditawarkan oleh gaya makan lainnya.

Anda perlu memperhatikan pengaturan meja, termasuk centerpieces dan semua alat tulis yang mungkin Anda butuhkan. Hal yang tidak akan dilupakan adalah bagan tempat duduk yang memastikan semua orang akan menikmati suasana atara satu sama lain. Gaya ini sangat cocok untuk pesta pernikahan khusus orang dewasa, tetapi jika Anda memilih untuk mengundang anak-anak, Anda juga harus menyediakan menu yang ramah anak. Perlu diingat bahwa biaya layanan bisa lebih mahal karena setiap hidangan harus dilapisi dan disajikan dengan hati-hati.

Gaya Prasmanan

Berbagai hidangan disajikan di meja sisi panjang, kadang-kadang di tengah, dengan kursi yang tersedia untuk para tamu.

Siapa yang harus melakukan ini? Untuk pasangan yang ingin menyediakan variasi makanan dan minuman yang lebih baik.

Jumlah tamu? Cocok untuk pesta besar dengan 100 tamu ke atas.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan? Perencanaan lantai, staf menunggu, masa simpan prasmanan dan jumlah makanan.

Karena Anda akan menyajikan lebih banyak jenis makanan, tamu Anda tidak akan merasa dipaksa untuk makan sesuatu yang tidak mereka sukai. Dengan demikian, lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan vegetarian, pescatarian, dan pemakan pilih-pilih sambil juga memberikan lebih banyak pilihan untuk para pencari makanan. Biaya layanan dapat lebih rendah, karena tidak seperti dalam pengaturan tempat duduk, Anda hanya perlu beberapa staf menunggu untuk melayani ratusan tamu.

Kekurangn catering pernikahan dengan gaya prasmanan bisa menjadi pemandangan yang berantakan dengan para tamu mengerumuni tempat makan. Makanan bisa menjadi dingin dengan cepat, dan mungkin sulit untuk menyeimbangkan jumlah makanan dengan jumlah alat makan. Karena tidak ada batasan berapa kali seorang tamu dapat memiliki makanan yang sama, hidangan populer dapat cepat habis, mengecewakan banyak tamu, sementara makanan yang kurang populer dapat dibiarkan sebagian besar tidak tersentuh.

Gaya Pesta Berdiri

Makanan disajikan di meja panjang, mirip dengan catering pernikahan bergaya prasmanan, tetapi tidak ada kursi yang tersedia.

Siapa yang harus melakukan ini? Pasangan dengan pesta pernikahan besar dipenuhi dengan banyak teman dan kerabat.

Jumlah tamu? Biasanya untuk 500 tamu ke atas.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan? Staf, rak prasmanan, dan aliran orang ketika berbaris dan makan.

Selain memiliki manfaat yang sama dari makan malam bergaya prasmanan, Anda juga dapat memiliki lebih banyak ruang untuk jumlah tamu yang lebih besar dan lebih banyak di tempat yang sama. Pesta ini juga akan terasa lebih hidup, karena para tamu akan berkeliling mencari hidangan yang berbeda atau hanya bergaul dengan beberapa teman sambil makan.

Baca Juga : Tips Merencanakan Pesta Pernikahan Agar Berkesan

Kekurangannya, masalah yang akan Anda hadapi kurang lebih sama dengan prasmanan. Namun, karena orang-orang akan berdiri di sekitar bahkan ketika makan, Anda perlu memastikan ada cukup ruang di antara tempat makan. Pengaturan ini juga kurang nyaman dari pada pengaturan duduk, terutama untuk tamu yang lebih tua dan anak-anak.

Makan Santai

Resepsi pernikahan non-formal di mana orang dapat menikmati dan bergaul santai tanpa perlu mengikuti pengaturan tertentu.

Siapa yang harus melakukan ini? Pasangan yang lebih menyukai pernikahan intim dengan sekelompok teman yang akrab, diadakan di tempat-tempat informal seperti halaman belakang, taman, atau gudang.

Jumlah tamu: Maksimal 50 tamu.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan: Persiapan makanan, jadwal acara untuk menjaga pernikahan tetap menyenangkan, dan ruang yang nyaman.

Kelebihan: Tidak ada pernikahan yang lebih menyenangkan dari pada pernikahan ini, karena sifat informalnya memberikan perasaan intim yang tidak bisa ditawarkan oleh pengaturan lain. Selain ramah anggaran, bagian terbaiknya adalah menyediakan makanan yang sesuai dengan selera Anda dan tamu Anda. Juga, karena hanya teman dekat dan kerabat yang sebagian besar mengenal satu sama lain diundang, lebih mudah untuk memastikan waktu yang menyenangkan dan santai untuk semua orang.

kekurangn : Meskipun gaya penerimaan ini sangat menyenangkan, mungkin tidak untuk semua orang. Ini tentu saja tidak direkomendasikan untuk lebih dari 50 orang, karena keadaan akan menjadi terlalu berantakan dan banyak tamu yang bosan. Jika Anda memilih untuk mengadakan pernikahan Anda di rumah Anda sendiri, Anda mungkin harus mempertimbangkan apakah Anda memiliki cukup ruang dan Anda juga perlu memutuskan area mana yang harus dibatasi untuk tamu.

Ide Menu pernikahan

Setelah Anda memilih pengaturan katering yang sesuai dengan gaya pernikahan Anda, inilah bagian yang menyenangkan. Saatnya Anda memilih semua makanan yang ingin Anda sediakan pada hari pernikahan Anda. Di bawah, kami telah mengumpulkan beberapa contoh untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda sajikan pada hari pernikahan Anda.

Makan malam sambil duduk

Karena akan sulit untuk memenuhi selera dan persyaratan setiap tamu secara pribadi, sebagian besar jasa catering atau tempat pernikahan sudah memiliki menu paket yang dapat Anda pilih.

Mereka telah memasangkan setiap hidangan dengan sempurna, mulai dari soft drink, makanan pembuka hingga hidangan pembuka dan pencuci mulut. Jangan lupa untuk menyiapkan hidangan khusus untuk tamu dengan alergi makanan dan persyaratan diet tertentu dengan menanyakannya terlebih dahulu.

Prasmanan dan pesta berdiri

Untuk melayani sejumlah besar tamu, Anda membutuhkan jumlah makanan yang sama besarnya. Cobalah untuk mencampur dan mencocokkan hidangan yang berbeda, memastikan jumlah dan variasi yang cukup. Anda juga dapat menambahkan camilan kecil di sudut-sudut atau sisi-sisi tempat Anda, dengan hidangan hidangan Anda berada di tengah. Karena Anda tidak akan dapat memenuhi preferensi masing-masing individu, untuk hasil terbaik, cobalah untuk memiliki berbagai jenis hidangan daging seperti ayam, daging sapi, dan makanan laut. Jangan lupa untuk menyiapkan hidangan sayuran untuk vegetarian dan orang-orang yang tidak suka daging.

Makan santai

Karena ini urusan informal, tidak diperlukan pengaturan khusus. Jika Anda memutuskan untuk mengadakan pertemuan seadanya, cobalah bertanya tentang hidangan khusus yang akan dibawa tamu Anda atau bahkan menugaskan hidangan pembuka dan makanan penutup untuk memastikan ada cukup variasi untuk semua orang. Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan adalah memiliki tempat makanan yang menyajikan makanan ringan favorit Anda, atau Anda bisa mengadakan pesta pernikahan barbeque. Bahkan jika itu adalah acara kecil, Anda tidak harus melupakan kue pernikahan Anda, karena itu membuat hidangan penutup yang hebat yang dapat Anda bagikan dengan semua tamu Anda.

Demikian yang dapat kami bagikan seputar Tips Merencanakan Catering Pernikahan Berbagai Gaya Resepsi. Bagi Anda yang akan segera melangsung acara pernikahan, kami ucapkan selamat dan semoga acaranya dapat berjalan dengan lancar. Jika sedang mencari vendor catering pernikahan profesional, Anda bisa melihat penawaran dari Aisaya Catering yang merupakan salah satu jasa Catering Surabaya yang sudah sangat berpengalaman. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *