Trigliserida Adalah? Dan Cara Menurunkannya Paling Mudah

Pernahkah anda mendengar istilah trigliserida? Jika belum maka anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada dibawah ini. Trigliserida adalah kondisi dimana trigliserida yang terdapat didalam tubuh memiliki batas yang tidak wajar bahkan bisa mencapai batas normal. Sedangkan sebenarnya, fungsi dari trigliserida ini adalah untuk menyimpan energi untuk manusia.

Tetapi apabila kondisinya semakin tinggi maka bisa mengakibatkan berbagai macam risiko pada manusia. Seperti bisa menyebabkan penyakit jantung hingga stroke. Penyakit ini sendiri biasanya lebih banyak terjadi pada pria dengan usia diatas 50 tahun. Kendati demikian, semua orang juga berisiko untuk terkenal penyakit ini. Hanya saja sangat kecil kemungkinannya.

Cara mengatasi tingginya trigliserida

Apabila anda sudah mengetahui trigliserida adalah maka anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit yang satu ini. Sebelum itu, anda harus mengetahui bagaimana gejala yang dialami oleh seseorang dengan gangguan ini seperti sakit perut, muntah, mual, mengalami sesak napas bahkan dalam kondisi yang parah akan mengalami masalah pada kulit.

Jika anda ingin mengobati tingginya trigliserida ini maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut

Menurunkan berat badan

Cara pertama yang bisa anda lakukan agar kadar trigliserida yang terdapat dalam tubuh anda menurun adalah dengan menurunkan berada badan anda. Ini merupakan salah satu cara efektif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit ini. Pasalnya semakin sedikit makanan yang dicerna maka semakin dikit pula kalori yang akan berubah menjadi trigliserida ini.

Bahkan ini juga akan membuat kadar dari trigliserida mengalami penurunan. Untuk itulah bagi anda yang memiliki obesitas maka sebaiknya anda bisa segera menurunkan berat badan anda.

Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik

Cara lainnya yang bisa anda gunakan adalah degan melakukan aktivitas fisik. Sebenarnya cara ini masih berhubungan dengan poin pertama. Mengingat bisa dibilang penyebab dari trigeliserida adalah akibat adanya penumpukan lemak yang berlebih. Nah, lemak berlebih ini bisa anda hilangkan dengan cara melakukan aktivitas fisik.

Adapun aktifitas fisik yang bisa anda lakukan untuk menurunkan trigeliserida didalam tubuh anda adalah berenang, jogging ataupun hanya berjalan santai. Dengan olahraga selama 30 menit setiap hari akan membantu menurunkan trigeliserida.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Selain itu, anda juga bisa menyiasati dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat. Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan kalori yang sesuai dengan tubuh anda. Adapun beberapa makanan yang harus anda hindari adalah makanan manis dan makanan yang mengandung lemak yang jenuh.

Mendapatkan pengobatan dokter

Apabila cara diatas sudah anda lakukan tetapi belum berhasil maka anda bisa langsung melakukan cara yang satu ini yakni melalui pengobatan dari dokter. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes untuk membantu anda menurunkan penyakit tersebut.

Sudah tahukan apabila trigliserida adalah kondisi yang tidak boleh anda remehkan begitu saja. Anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan pencegahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *