Urutan Daftar Unicorn Indonesia Berdasarkan Nilai Valuasinya

perusahaan startup

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat cepat perkembangan startupnya. Startup yang berkembang dengan cepat tersebut dapat membantu peningkatan perekonomian di Indonesia.

Adanya empat startup Indonesia telah meraih status Unicorn yang pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kamu yaitu adanya OVO, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Meski keempat startup tersebut telah menyandang gelar Unicorn tetapi masing masing memiliki nilai valuasi yang berbeda beda. 

Diberikannya status Unicorn ini kepada Startup mengandung arti jika startup tersebut telah memiliki nilai valuasi lebih dari $ 1 miliar. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini penjelasan dan urutan startup Unicorn berdasarkan nilai valuasinya dari yang paling tinggi hingga yang terendah. Berikut dibawah ini urutan daftar unicorn Indonesia berdasarkan nilai valuasinya diantaranya yaitu : 

Gojek

Gojek merupakan startup pertama asal Indonesia yang menyandang gelar “Unicorn”. Adanya kabar jika Google, Tencent, dan JD telah melipatgandakan investasi mereka ke Gojek sehingga membuat startup tersebut berpotensi besar mendapatkan tambahan valuasi. Jika ketiganya memang benar telah melakukan kucuran dana, maka startup tersebut diperkirakan memiliki kapitalisasi lebih dari USD 9 miliar.

Traveloka

perusahaan startup

Jika memang kabar tersebut benar, maka perusahaan tersebut akan memiliki nilai sekitar Rp. 136 triliun. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya jika Gojek telah mengamankan sebanyak USD 1,2 miliar. Yang menjadi sumber utama dari investasi terhadap startup tersebut adalah Google, Tencent, dan JD. 

Traveloka merupakan startup besutan Fery Unardi yang mendapatkan suntikan dana dari perusahaan travel asal Amerika Serikat yaitu Expedia pada Juni 2017 lalu sebesar US$ 350 juta atau sekitar Rp. 4,6 triliun. Berkat mendapat kucuran dana tersebut, maka sekarang ini Traveloka telah memiliki nilai Valuasi lebih dari US$ 2 miliar atau setara dengan Rp. 26,6 triliun.

Dikabarkan juga Traveloka menerima suntikan dana sebesar Rp. 6 triliun , tetapi saat itu sang investornya belum diketahui. Melalui kabar tersebut diketahui jika nilai valuasi dari Traveloka bertambah hingga menjadi Rp. 61 triliun. 

Bukalapak 

Dan startup keempat yang berhasil menyandang gelar Unicorn adalah Bukalapak. Startup ini telah berhasil mendapatkan nilai valuasi diatas US$ 1 miliar atau setara dengan Rp. 13,5 triliun.

Tetapi sangat disayangkan karena pihak startup yang didirikan oleh Achmad Zaky ini tidak membeberkan siapa saja investor yang telah bersedia menyuntikkan dananya ke Bukalapak. Tidak dibeberkannya siapa saja sang investor adalah karena memang para investor lah yang meminta identitasnya tidak disebar luaskan ke publik. 

Ovo

Ditahun akhir tahun 2019 lalu OVO dikabarkan telah mendapatkan suntikan dana dari para investor yang belum diketahui kejelasannya. Sekarang ini OVO resmi memiliki nilai valuasi sekitar $ 2,9 miliar atau setara dengan Rp. 41 triliun. Berdasarkan riset yang dilakukan Firma penelitian CB Insight.

Indonesia memang telah memiliki 5 startup atau perusahaan rintisan yang menyandang gelar “Unicorn”.  Seperti yang telah disinggung diatas jika gelar Unicorn tersebut bisa diperoleh oleh sebuah startup jika telah memiliki nilai valuasi diatas 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp. 14,1 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *