Cara Buat Foam Susu Manual

cara buat foam susu manual

Foam Susu

Cara Buat Foam Susu Manual

Pada kesempatan kali ini, akan saya bagikan artikel tentang bagaimana cara buat foam susu manual yang mudah dan praktis. Mari kita simak artikel berikut.

Cara bikin foam susu dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara manual maupun dengan mesin.

Anda dapat membuat buih susu dengan tongkat uap di mesin espresso. Tekanan tinggi akan menghasilkan uap panas yang akan mengaduk susu hingga berbusa.

Atau gunakan milk frother, jika tidak ada bisa juga menggunakan french press untuk membuat buihnya. Anda juga dapat membuat buih / buih susu dengan mengocoknya secara manual dengan pengocok balon.

Agar lebih praktis, Anda juga bisa menyabuni dengan French press. Dengan alat ini, Anda tidak perlu saring atau buang waktu mengaduk susu segar.

Busa susu dapat digunakan untuk membuat minuman kopi seperti cappucino yaitu espresso dengan susu, dan juga dapat ditambahkan dengan busa susu yang lembut dan kental.

Cappuccino ala tradisional Italia asli memiliki komposisi yang sama dengan espresso, yaitu susu dan busa susu. Minuman ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kopi dan krim berbusa.

Jadi Anda juga bisa membuat macchiato. Macchiato merupakan espresso dengan sedikit foam susu yang membentuk noda putih.

Dengan membuat buih susu sendiri, Anda bisa mencicipi berbagai kreasi kopi seperti biasa di kafe modern.

Selain cappucino, jenis kopi lain yang tak kalah menarik dipadukan dengan foam, yaitu kopi gula aren. Sudah tahu bagaimana cara membuat kopi gula aren dengan foam susu yang creamy?

Anda bisa menikmatinya di meja makan atau di teras rumah sambil bersantai menikmati suasana seperti nongkrong di kafetaria.

Jenis-jenis Susu ini Baik Untuk Foam

1. Susu murni

Susu murni mengandung banyak lemak dan protein, yang jika berbusa dapat menghasilkan busa yang lembut.

Tidak hanya itu, suhu susu juga harus diperhatikan, suhu susu akan menentukan baik tidaknya penampakan buih susu.

Anda dapat menggunakan susu murni dingin untuk membuat gelembung kecil atau buih susu (microfoam).

2. Raw milk atau susu mentah

Selain susu murni, ada jenis susu mentah atau raw milk yang berasal langsung dari peternakan sapi perah.

Susu ini bagus untuk membuat busa. Jika busa dari susu mentah bercampur dengan cappucino, Anda bisa merasakan ekstra rasa karamel.

3. Susu HTST

Selanjutnya ada susu HTST yang cocok untuk foam. Susu ini bisa menambah rasa manis pada kopi dan membuat tekstur cappucino lebih kental, jika busa susu dicampur dengan cappucino.

Berikut Beberapa Cara Buat Foam Susu Manual

Cara Buat Foam Susu Manual

Alat yang digunakan di bawah ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Namun, jika kamu memiliki mesin pembuat kopi maka hasil foam akan lebih bagus.

1.Cara buat Foam dengan pengaduk kawat

Tuang susu ke dalam cangkir atau panci.

Tuang susu sebanyak yang Anda butuhkan ke dalam cangkir atau wajan logam yang aman untuk microwave, tergantung apakah Anda ingin memanaskan susu di microwave atau di atas kompor.

Anda mungkin membutuhkan sekitar setengah cangkir susu untuk setiap cangkir / cangkir cappuccino.

Panaskan susu
  • Jika Anda menggunakan microwave, masukkan setengah cangkir susu ke dalam microwave dan panaskan susu dengan suhu tinggi selama sekitar 30 detik atau sampai uap keluar dari susu.
  • Jika Anda menggunakan kompor, letakkan panci di atas kompor yang sudah menyala dan nyalakan api sedang. Panaskan sampai uap keluar dari susu, seperti yang sebelumnya.
Gunakan pengocok untuk membuat busa

Setelah susu menghangat, celupkan pengocok yang sudah disiapkan ke dalam susu dan putar pegangan pengocok dengan kedua tangan untuk membuat buih.

Dikocok terus hingga mendapatkan foam sebanyak yang Anda inginkan.

2.Cara BIKIN Foam Susu dengan toples

Tuang susu ke dalam stoples kaca yang tertutup rapat.

Cara buat foam susu manual yang kedua, yaitu tuang setengah cangkir susu ke dalam stoples kaca.

Anda tidak boleh menggunakan lebih dari setengah botol susu, karena Anda harus menyisakan ruang yang cukup untuk busa mengembang.

Kocok botol selama 30 detik

Tutup toples dengan erat dan kocok kuat-kuat sampai susu berbusa dan hampir dua kali lipat dari jumlah aslinya. Langkah ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 detik.

Buka tutup toples dan panaskan susu dalam microwave

Buka tutup toples dan masukkan ke dalam microwave. Panaskan susu dalam toples dengan suhu tinggi selama sekitar 30 detik atau sampai uap keluar dari susu.

Busa akan mulai stabil dalam microwave dan akan naik di atas permukaan susu sampai sedikit di atas toples.

Nah, itulah rangkuman cara buat foam susu manual yang sangat mudah dicoba di rumah. Sekarang kamu bisa menikmati foam susu kesukaanmu sendiri. Selamat mencoba!

Kamu bisa mendapatkan alat pengolah kopi yang akan sangat efektif dalam mengolah kopi di Rumah Mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *