Cara Membuat Keripik Ampas Tahu Enak dan Sederhana

Hai guys, resep keripik ampas tahu sekarang menjadi paling banyak dicari oleh orang- orang loh. Nah di kesempatan kali ini, saya ingin membagikan tentang beberapa cara membuat keripik ampas tahu enak dan sederhana. Di simak ya.

Manfaat Ampas Tahu

1. Membantu diet sehat

Para wanita banyak yang merasa kalau badannya terlalu gemuk, sampai ia mencari berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan dengan cara melakukan program diet. Maka kamu para wanita bisa mengonsumsi ampas tahu ini sebagai alternatif untuk membantu dalam mensukseskan program diet kamu. Itu dikarenakan ampas tahu memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tidak membuat kamu gemuk, tapi masih mencukupi nutrisi harian.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain bisa mencegah osteoporosis ataupun pengeroposan tulang, makanan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam ampas tahu ini memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

3. Sebagai sumber energi

Seperti yang kita ketahui, bahwa ampas tahu ini mempunyai kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi. Karbohidrat sendiri memiliki fungsi utama yaitu untuk sumber energi yang utama didalam tubuh, yang nantinya bisa membantu kamu menjalani aktivitas padat sehari- hari.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Makanan ini juga mempunyai kandungan protein nabati yang lumayan tinggi. Protein ini juga bisa berperan sebagai pembantu dan juga mempercepat pembentukan sel- sel didalam tubuh. Oleh karena itu, jika terdapat luka, protein akan langsung berperan untuk mempercepat regenerasi sel- sel didalam tubuh hingga luka akan cepat sembuh.

5. Mencegah kolesterol tinggi

Kolesterol yang tinggi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung minyak banyak dan juga lemak jenuh. Ampas tahu ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh dan juga sedikit minyak, sehingga bisa membantu dalam mencegah tingginya kadar kolesterol didalam tubuh.

Cara Membuat Keripik Ampas Tahu

Baca Juga : Mesin Keripik Tempe

1. Keripik Ampas Tahu

A. BAHAN-BAHAN

  • Ampas tahu yang telah dikukus (2 kg).
  • Tapioka (1 kg)
  • Garam (30 gram)
  • Bawang putih (100 gram).
  • Merica (25 gram)
  • Udang saih kering (50 gram)
  • Monosodium glutamat (20 gram)

B. PERALATAN

  • Pemeras.
  • Pengaduk adonan.
  • Pengukus.
  • Pisau dan talenan
  • Tempat penjemuran.
  • Wajan
  • Kompor atau tungku
  • Timbangan.

C. CARA PEMBUATAN

  1. Pengukusan ampas tahu. Ampas tahu diperas untuk mengurangi airnya. Pemerasan bisa dilakukan menggunakan tangan, atau diperes menggunakan alat peres. Sesudah itu, ampas dikukus sekitar 30 menit.
  2. Persiapan bumbu. Bawang, garam, merica dan juga udang saih digiling hingga halus.
  3. Pengadonan. Ampas yang sudah dikukus (2 kg) campurkan dengan tapioka, dan juga bumbu, lalu diaduk hingga rata, licin serta kompak. Bentuk adonan ini seperti selinder dengan diameter 5 sampai 6 cm dan juga panjang 20 cm. Adonan yang telah dibentuk ini disebut dengan dodolan.
  4. Pengukusan dodolan. Dodolan dikukus sekitar 2 jam hingga bagian tengah dodolan menjadi matang. Dodolan matang ini diangkat dan didinginkan.
  5. Angin-anginkan. Dodolan matang dan diangin- anginkan selama sekitar 3 sampai 5 hari hingga dodolan mengeras serta mudah dipotong.
  6. Pengirisan. Dodolan diiris tipis-tipis setebal 2-3 mm. Hasil pengirisan disebut kerupuk basah.
  7. Penjemuran. Kerupuk basah dikeringkan atau dijemur menggunakan alat pengering hingga kering. Kerupuk yang telah kering akan gemersik jika diaduk- aduk, dan juga mudah dipatahkan. Hasil pengeringan disebut kerupuk kering.
  8. Pengemasan kerupuk kering. Kerupuk kering dapat disimpan lama. Kerupuk ini harus disimpan didalam wadah yang tertutupi dengan rapat, atau dikemas dalam kantong plastik yang di seal dengan rapat.
  9. Penggorengan. Kerupuk kering digoreng menggunakan minyak panas (170°C) sambil dibalik- balik hingga kerupuk matang dan juga mekar.

Nah itu tadi adalah beberapa macam cara membuat keripik ampas tahu enak dan sederhana. Demikian dari saya semoga membantu, cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *