Cara Membuat Kue Bantal Goreng

Bagi kalian pecinta jajanan manis, disini saya akan membagikan cara membuat kue bantal goreng dan resepnya. Berikut lebih lengkapnya

Kue Bantal

Makanan terkenal lainnya yang berasal dari pulau Jawa. Tidak diketahui secara pasti dari mana makanan ini berasal, namun yang jelas makanan ini melimpah di wilayah Banyumas dan dikenal dengan sebutan Kue Bantal asli Banyumas. Karena kue bantan buatan Banyumas rasanya sangat enak. Rotinya lembut di dalam, gulanya keras di luar, tapi manisnya mudah gosong tanpa rasa pahit, menciptakan keunikan tersendiri.

Kue Bantal juga dikenal sebagai Bolang-Baling, Golang-Galing, Galundheng dalam Donat Jawa. Resep Kue Bantal merupakan salah satu resep tradisional yang sudah ada sejak lama, penemu resep kue Bantal tidak diketahui. Yang jelas resep kue bantal masih sama dan masih eksis sampai sekarang. Kue bantal merupakan sebuah jajanan yang sudah diwariskan turun temurun sampai sekarang.

Sekarang ada kreasi Kue Bantal yang ditaburi biji wijen, sehingga disebut Wijen Galundeng atau Wijen Bolang-Baling atau Wijen Golang-Galing. Rasanya sama saja, hanya saja lebih manis tanpa biji wijen karena resep kue bantal asli menggunakan sejumput gula yang menempel di bagian atas kue bantal.

Pembuatan kue bantal Purwokerto atau Banyumas asli sangat sederhana dan tentunya bahan yang digunakan aman untuk semua orang serta harga yang cukup terjangkau. Kue Bantal memiliki rasa yang manis, gula asli dan memiliki tekstur kasar di luar, lembut di dalam, sedikit keras saat digigit, namun sedikit melar dan lembut, rasanya lebih manis di luar dan di dalam, apalagi dengan sejumput gula kering di bagian luar. Bagi yang belum pernah makan Kue Bantal pasti akan ketagihan setelah memakannya.

Cara Membuat Kue Bantal Goreng Empuk

cara membuat kue bantal goreng

Mau tahu cara membuat kue bantal goreng empuk dan manis? Kali ini saya akan share cara membuatnya, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

300 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
11 gram Fermipan
1/2 sendok teh soda kue
200 ml air hangat
Wijen
Gula halus (untuk taburan)

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, gula pasir, baking powder dan soda kue.
  2. Aduk hingga semua bahan tercampur sambil menambahkan air.
    Jika sudah tercampur dan bisa dibentuk, diamkan selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, pipihkan adonan dan olesi dengan air.
  4. Jika sudah diolesi air, taburi biji wijen dan goreng hingga kuning keemasan.
  5. Setelah matang angkat dan tiriskan lalu taburi gula halus diatasnya.
    Sajikan.

Sukses Usaha Kaki Lima

Orang Indonesia harus tahu nama-nama pedagang kaki lima. Dagangan populer ini memang sangat terkenal di seluruh nusantara karena harganya yang murah namun rasanya tidak kalah dengan restoran. Hal inilah yang membuat para pemain street food tidak pernah merasa sendirian. Pedagang kaki lima memang menjadi alternatif pilihan wisata kuliner yang tidak boleh dianggap remeh.

Karena dipandang memiliki potensi, banyak orang memilih untuk memulai bisnis PKL dengan menjual menu dengan resep rahasianya sendiri. Meski tergolong bisnis yang mudah, memulai bisnis jalanan ini membutuhkan persiapan yang sangat matang untuk bisa sukses. Seperti halnya bisnis lain, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memulai bisnis PKL.

Perencanaan dan persiapan untuk memulai PKL juga sangat penting. Meski terdengar mudah, memulai bisnis pedagang kaki lima tidak boleh asal-asalan. Fakta di lapangan menunjukkan banyak pedagang kaki lima yang gulung tikar akibat meremehkan situasi ini. PKL mereka sepi pembeli dan tidak bisa menarik pelanggan.

Jadi bagaimana Anda memulai bisnis makanan jalanan agar sukses?

Siapa bilang PKL tidak bisa sukses? Ternyata kalau dicermati, banyak sekali PKL yang mampu meraup untung jutaan rupiah dalam sebulan lho. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mampu membuka cabang di berbagai lokasi. Tentu saja, ini bukan kebetulan, tetapi bisnis jalanan dimulai dengan baik. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih lokasi yang strategis

Hal yang tidak kalah penting dalam memulai PKL adalah lokasi. Lokasi usaha dapat mempengaruhi keberhasilan PKL yang Anda jalankan. Memilih lokasi yang strategis adalah cara yang tepat. Lokasi strategis biasanya banyak orang yang lalu lalang atau dekat dengan pusat keramaian. Lakukan survei dan tindak lanjut secara berkala untuk mendapatkan tempat yang strategis.

Pastikan Anda tidak melanggar aturan

Seperti diketahui, selama ini PKL identik dengan penertiban dan penertiban oleh Satpol PP. Tentu bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena ada aturan yang dilanggar dan harus ditegakkan. Oleh karena itu, pelajari peraturan daerah terlebih dahulu. Cari tahu tempat mana saja yang boleh dan tidak boleh dijual. Pastikan tempat yang Anda pilih untuk memulai bisnis jalanan tidak melanggar aturan.

Siapkan resep rahasia makanan jalanan

Selama ini para pedagang kaki lima memang dikenal memiliki resep rahasia yang membuat konsumen ketagihan. Hampir semua makanan yang dijual di pinggir jalan memiliki rasa yang khas dan aroma yang menggoda. Ini adalah salah satu atraksi street style yang bisa menggugah selera orang yang lewat. Untuk itu, buatlah resep rahasia Anda sendiri saat akan memulai bisnis PKL.

Buat menu makanan yang inovatif

Selain menyiapkan resep makanan, hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis PKL adalah membuat menu makanan yang inovatif. Hal ini dilakukan agar PKL Anda bisa bersaing dengan pedagang lainnya. Persaingan antar pedagang kaki lima sangat ketat. Salah satu cara untuk menang adalah dengan berinovasi. Buat menu yang berbeda dan bernilai tambah agar tidak terlihat biasa saja.

Bawa pengalaman unik kepada pelanggan

Cara lain untuk memulai PKL adalah dengan memberikan pengalaman unik bagi setiap pelanggan yang datang. Memberikan pengalaman baru yang belum pernah ada sebelumnya dapat membuat pelanggan mengingat bisnis PKL Anda. Contohnya adalah Sate Klathak Yogyakarta yang menggunakan sepeda bar. Dengan cara ini, pelanggan akan memiliki perasaan yang berbeda sehingga mereka selalu ingat yang namanya Sate Klathak.

Gunakan dekorasi mencolok

Salah satu atraksi yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan adalah dengan menggunakan dekorasi yang mencolok. Dekorasi yang mencolok dalam artian bisa menggunakan banner digital printing yang didesain sangat menarik dan menggugah selera. Dalam memulai bisnis jalanan ini sangat penting. Dekorasi yang mencolok dapat menarik rasa penasaran pelanggan untuk mampir dan membeli.

Promosikan di media sosial

Langkah terakhir dalam mendukung kesuksesan PKL yang Anda mulai adalah mempromosikannya di media sosial. Di era digital seperti sekarang ini, media sosial bisa menjadi tempat promosi yang sangat menguntungkan karena dengan biaya yang gratis dan jangkauannya yang luas.

Cara memuat kue bantal goreng pada artikel ini saya selesaikan, namun jika kalian ingin membaca secara lengkap silahkan baca artikel tentang cara membuat bolang baling ini. Atau baca artikel yang ada pada website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *