Bahan Bahan Serta Cara Membuat Minyak Cengkeh

cara membuat minyak cengkeh

Minyak cengkih atau minyak Cengkeh adalah minyak atsisri yang dihasilkan dari penyulingan.Berikut cara membuat minyak cengkeh.

Bahan Bahan Serta Cara Membuat Minyak Cengkeh

cara membuat minyak cengkeh

Cara membuat minyak cengkeh

1.

Jika Anda menggunakan bunga cengkih bubuk, Anda mungkin sebaiknya menyaring bagian ampas cengkih setelah pembuatan sari minyak. Namun, langkah yang ini boleh disesuaikan dengan keinginan dari Anda, dan tidak harus untuk dilakukan untuk membuat minyak cengkih yang lebih efektif.

2.

Siapkan sebotol dari minyak zaitun yang extra virgin. Minyak zaitun juga berfungsi sebagai minyak pembawa yang akan membantu untuk mengekstrak khasiat dari cengkih. Anda boleh menggunakan dari minyak zaitun yang virgin atau extra virgin.
Jumlah minyak zaitun yang akan Anda butuhkan untuk membuat minyak cengkih ditentukan oleh berapa volume dari minyak Anda inginkan. Anda tidak akan membutuhkan tidak lebih daripada 30 ml minyak zaitun untuk membuat 30 ml minyak Sari cengkih.

3.

Cari stoples kaca yang gelap untuk menyimpan minyak. Stoples kaca yang gelap dan juga bersih akan mencegah minyak untuk rusak atau terkontaminasi. Gunakan stoples yang dilengkapi dengan pipet tetes untuk memudahkan Anda menggunakannya.
Anda juga boleh menggunakan stoples yang bening yang dilengkapi dengan tutup kedap udara untuk menyimpan minyak. Anda boleh memasukkan stoples kaca ini ke dalam sebuah kantong kertas, kemudian menyimpannya di tempat yang gelap untuk mencegah minyak agar tidak rusak.

4.

Gunakan kain atau saringan keju atau filter kopi untuk menyaring bagian minyak. Setelah cengkih terendam dalam minyak selama beberapa hari atau saat, Anda boleh membiarkan cengkih atau menyaringnya dari bagian minyak.
Anda bisa membeli kain saringan keju di toko peralatan untuk memasak atau membuat saringan sederhana dari filter untuk kopi.

Membuat Minyak Cengkih

1.

Masukkan semua cengkih utuh ke dalam stoples kaca. Jika menggunakan bagian cengkih utuh, dengan tangan yang bersih, masukkan 5-10 butir cengkih ke dalam stoples yang bervolume 30 ml. cengkih yang bubuk, masukkan ΒΌ cangkir cengkih bubuk ke dalam stoples yang bervolume 350 ml.
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan cengkih lebih banyak, ingatlah bahwa minyak yang akan dihasilkan akan lebih poten. Jadi, Anda mungkin juga perlu mengurangi jumlah pemakaiannya pada bagian kulit.

2.

Tuangkan dengan minyak zaitun ke dalam stoples hingga volumenya 2,5 cm melebihi bagian cengkih. Setelah cengkih dimasukkan ke dalam wadah stoples, tuangkan sedikit minyak zaitun perlahan-lahan hingga volumenya 2,5 cm melebihi cengkih.
Jika Anda menggunakan bagian cengkih bubuk, Anda harus menuangkan secangkir minyak zaitun ke dalam stoples bervolume 350 ml hingga penuh. Tuangkan juga minyak dalam cangkir hingga semua habis.

3.

Tutup dan kocok wadah stoples. Pastikan untuk menutup bagian mulut stoples dengan rapat sebelum mengocoknya 3-4 kali. Langkah yang ini bertujuan memastikan minyak dan cengkih tercampur dengan rata.

4.

Biarkan stoples selama kurang lebih w10-14 hari. Minyak zaitun membutuhkan waktu yang agak lama untuk berinteraksi dengan cengkih dan mengekstrak zat senyawa berkhasiatnya. Letakkan stoples di tempat yang gelap dan pastikan untuk menutupnya rapat-rapat untuk menghindari kontaminasi bakteri atau apa yang lain.

5.

Saring cengkih jika anda mau. Setelah 10-14 hari, minyak cengkih Anda seharusnya sudah bisa digunakan. Anda boleh membiarkan bagian cengkih bubuk atau utuh berada di dalam minyak atau menyaringnya. Hal ini bergantung pada selera Anda juga dan tidak diharuskan dalam penggunaan minyak bagian cengkih.
Untuk menyaring cengkih, letakkan kain saringan keju atau filter kopi di atas stoples kaca yang bersih. Pertahankan posisi kain atau filter dengan cara mengikatkan karet gelang di mulut stoples. Tuangkan minyak cengkih perlahan-lahan melalui kain atau filter. Cengkih akan terpisah dari bagian minyaknya.
Jika Anda memutuskan untuk tidak menyaring bagian cengkih dari minyak, Anda bisa menggunakan cengkih yang sama untuk berulang-ulang dengan menuangkan minyak zaitun yang baru kemudian membiarkannya selama 10-14 hari sama seperti yang awal. Setelah digunakan sebanyak 2-3 kali, cengkih sebaiknya diganti dengan cengkih yang baru agar khasiatnya tetap Bagus.

Menggunakan Minyak Cengkih

1.

Berkumurlah dengan air garam yang hangat. Sebelum mengoleskan bagian minyak cengkih ke dalam mulut, Anda sebaiknya berkumur terlebih dahulu dengan air garam yang hangat. Larutan ini akan membersihkan bagian mulut sehingga minyak cengkih dapat bekerja secara efektif meredakan masalah pada bagian gigi.
Jika minyak cengkih yang akan digunakan untuk mengusir nyamuk, Anda tidak perlu berkumur terlebih dahulu sebelum mengoleskannya pada bagian permukaan kulit. Minyak cengkih juga dapat mengusir nyamuk selama 5 jam jika dioleskan bagian permukaan kulit.

2.

Gunakan bola dari kapas untuk mengoleskan minyak cengkih. Basahi bagian bola kapas bersih dengan minyak cengkih. Kemudian, tekan dengan lembut ke gigi atau gusi yang sakit. Usahakan untuk memberikan minyak cengkih yang sebanyak mungkin ke gusi atau gigi yang sakit.
Anda juga boleh menggunakan bahan tisu bersih untuk mengoleskan minyak cengkih. Cukup basahi saja tisu dengan minyak, kemudian tempelkan ke bagian gusi atau gigi yang sedang sakit.

3.

Kunjungi dokter gigi jika masalah Anda sudah berat. Minyak cengkih telah terbukti dapat untuk membantu mengurangi nyeri gigi dan meredakan masalah pada akar kanal dan timbunan plak pada gigi untuk sementara saja. Namun juga Anda sebaiknya tidak menjadikan minyak ini sebagai bagian solusi permanen bagi masalah gigi. Kunjungilah dokter gigi jika masalah gigi yang Anda alami sudah berat dan membutuhkan perawatan dari medis.

Jika kalian ingin membuat minyak cengkeh bisa gunakan Mesin Cengkeh.

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara membuat minyak cengkeh, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *