Cara Membuat Sate Taichan Rumahan Yang Enak dan Mudah

Halo semuanya apa kabar Semoga sehat selalu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat sate taichan rumahan

Cara Membuat Sate Taichan Rumahan

Apakah Anda pernah mencoba sate taichan sebelumnya? Sate ini sempat menjadi salah satu hits terpopuler di internet. Sebenarnya, Sate Taichan adalah sate yang sangat sederhana.

Terbuat dari daging ayam yang telah dibumbui dengan garam dan jeruk nipis, kemudian dipanggang di atas bara api atau digoreng dalam wajan dengan sedikit minyak.

Sate ini disajikan dengan sambal pedas, lontong dan irisan jeruk nipis. Berbeda dengan sate biasanya, sate yang satu ini terlihat berwarna putih karena tidak mengandung kecap atau saus kacang.

Namun rasa sate ini yang agak sederhana dan menggarisbawahi rasa ayam yang awalnya pedas, membuat banyak orang jatuh hati dan menjadi ketagihan.

Sate ini bisa disantap hingga puluhan tusuk karena sate ini memiliki rasa yang “ringan” sehingga orang tidak mudah sakit atau bosan. Tak heran jika Sate Taichan kini menjamur bak jamur di berbagai kota dan dengan cepat menjadi makanan populer.

Dari namanya saja, banyak yang mengira kalau makanan hits ini berasal dari Jepang atau Korea. Anggapan tersebut tentu saja salah besar karena Sate Taichan sebenarnya adalah kreasi dari Sate Bersaudara yang berada di kawasan Senayan Jakarta Pusat.

Menurut Pak Amir, salah satu pelopor sate Taichan Senayan, ide pembuatan sate ini berasal dari salah satu pelanggan di stand satenya, seorang pria Jepang dan pasangan Indonesia.

Alih-alih memesan sate seperti pelanggan biasa, tamu ini membumbui sate mereka sendiri dengan garam dan jeruk nipis lalu memakannya dengan sambal yang banyak.

Pak Amir bertanya kepada tamu itu apa nama yang bagus untuk makanan itu dan pelanggan itu menjawab dengan berteriak “Taichan!”.

Manfaat Makan Ayam

Cara Membuat Sate Taichan Rumahan

Baca juga : Cara Membuat Sate Taichan Bakar yang Enak dan Gurih

1. Membantu membangun otot

Kandungan protein yang tinggi pada ayam membantu memaksimalkan pembentukan otot. Selain itu, protein juga membantu memperkuat otot-otot dalam tubuh.

Secara umum, manfaat ayam ini dipilih oleh mereka yang berlatih pembentukan otot di gym. Dalam hal ini, bagian ayam yang cocok untuk menambah massa otot adalah dada dan paha dengan jumlah protein 25-30 gram dalam satu potong.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Banyaknya vitamin B6 yang ada pada ayam ternyata bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan vitamin B6 dalam daging ayam digunakan untuk meningkatkan enzim dan proses metabolisme dalam tubuh, yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi dan untuk membakar kalori.

3. Mengatur kadar kolesterol

Ada yang mengira daging ayam mengandung kolesterol jahat yang tinggi. Sebaliknya, manfaat makan ayam adalah adanya niasin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat.

Oleh karena itu, disarankan untuk makan ayam tanpa lemak dan mengolahnya melalui masakan biasa.

4. Mengurangi gejala PMS

Kandungan magnesium dalam daging ayam juga dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Magnesium mampu melawan berbagai perubahan suasana hati yang umumnya dialami wanita saat menstruasi.

5. Kurangi stres

Manfaat lain dari ayam adalah bahwa kadar vitamin B5 dan triptofan pada ayam memungkinkan mereka untuk menghilangkan stres.

Zat ini dapat memberikan efek menenangkan pada saraf manusia, sehingga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan produksi serotonin di otak.

Cara Membuat Sate Taichan Rumahan

Cara Membuat Sate Taichan Rumahan

Bahan Cara Membuat Sate Taichan Rumahan :

  • 8 fillet ayam (dada ayam juga bisa)
  • bumbu marinasi ayam:
  • 1 bawang putih, haluskan
  • 1/2 jeruk nipis (peras airnya)
  • 3 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bumbu Cabai :

  • 2 cabai merah besar
  • 15 cabai merah
  • 2 bawang putih
  • 2 bawang bombay
  • sejumput garam
  • Hanya sedikit gula1/2 jeruk nipis (peras airnya, campur dengan Disambel)

Cara Membuat Sate Taichan Buatan Sendiri:

  1. Fillet ayam dipotong kotak, lalu direndam dengan bumbu halus dan air jeruk nipis, direndam – + 30 menit
  2. Jika sudah 30 menit, tusuk ayam, lalu goreng sebentar, jangan sampai berwarna cokelat keemasan, goreng bolak-balik.
  3. Apakah Anda ingin membakar / memanggang juga?
    Uleni sampai bahan sausnya lembut, koreksi rasa, karena saya hanya membuat saus untuk saus bawang, saya menggunakan 3 sendok makan untuk saus taichan.
  4. Jika saus sudah siap, tuangkan 1 sendok makan minyak goreng ayam bekas ke dalam saus taichan, aduk rata, lalu tambahkan air jeruk nipis ke saus.

Nah itulah Cara Membuat Sate Taichan Rumahan yang enak dan mudah untuk dibuat dirumah serta bahan-bahannya juga mudah didapatkan.Sekian dari saya,Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *