6 Cara Mengencangkan Kulit yang Kendur

6 Cara Mengencangkan Kulit yang Kendur

Cara Mengencangkan Kulit – Kulit kendur terjadi ketika faktor-faktor internal atau eksternal mempengaruhi molekul-molekul utama yang membantu menjaga kulit tetap elastis, kencang, dan terhidrasi.

Kebanyakan orang mulai mengalami kelemahan kulit atau kulit yang mengendur, antara usia 35 dan 40 tahun. Kelonggaran kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia sebagian besar disebabkan oleh hilangnya jaringan kolagen, serat elastin, dan asam hialuronat – molekul yang membantu kulit mempertahankan kelembaban.

Penurunan berat badan, terutama penurunan berat badan yang signifikan atau cepat, dan kehamilan juga dapat melonggarkan kulit dengan meregangkan molekul kulit atau mengubah struktur kulit.

Beberapa faktor kesehatan dan gaya hidup lainnya juga dapat berkontribusi pada kulit kendur, misalnya saja :

  • mati haid
  • kerusakan sinar ultraviolet (UV)
  • penyamakan buatan
  • obat-obatan tertentu, seperti steroid dan kortikosteroid
  • produk kulit atau deterjen yang mengandung bahan kimia keras
  • merokok
  • minum alkohol

Pada artikel ini, kami membahas cara populer untuk mengencangkan kulit longgar dan cara-cara untuk mencegah kulit kendur.

1. Latihan

Berolahraga secara teratur adalah cara penting untuk tetap sehat dan awet muda. Beberapa jenis olahraga juga dapat membantu mengurangi efek penuaan kulit.

Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa jenis olahraga daya tahan mungkin mengurangi efek perubahan kulit terkait usia pada tikus dan manusia. Para penulis mencatat bahwa latihan ketahanan mengurangi perubahan kulit dengan meningkatkan metabolisme jaringan, terutama dengan merangsang pelepasan hormon yang disebut interleukin-15 dari otot rangka.

Wanita yang memiliki kulit kendur akibat kehamilan harus konsultasi dengan dokter tentang cara terbaik untuk melakukan aktivitas fisik yang aman dan latihan yang harus dihindari.

2. Produk Pengencang

Banyak gel firming yang berbeda, krim, tambalan, dan produk lainnya tersedia untuk perawatan topikal dari kasus kecil kulit yang kendur.

Orang yang ingin membeli produk pengencangan harus mencari produk yang mengandung senyawa retinoid. Retinoid adalah antioksidan kuat yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Namun, para ahli tidak menganggap produk pengencangan efektif secara keseluruhan, dan penetrasi kulit mereka mungkin tidak cukup dalam untuk membantu mengangkat kulit yang kendur.

Menurut American Academy of Dermatology, sebagian besar produk pengencangan menawarkan hasil yang halus paling baik, sebagian besar dengan bertindak sebagai pelembab. Orang yang mengamati hasil dengan produk ini mungkin perlu terus menggunakannya untuk terus melihat hasilnya.

3. Suplemen

Diet memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Suplemen nutrisi mungkin memiliki manfaat untuk kulit yang longgar, termasuk efek anti-penuaan dan antisagging. Beberapa suplemen kulit yang paling menjanjikan meliputi:

Hidrolisat kolagen

Banyak orang berpikir bahwa suplemen kolagen mengurangi efek penuaan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen.

Peptida kolagen dalam bentuk suplemen oral dapat meningkatkan:

  • Penghalang kelembaban kulit dengan meningkatkan kadar asam hialuronat
  • Produksi kolagen, yang mengarah ke jaringan kolagen yang lebih kuat
  • pertumbuhan fibroblast kulit – sel yang membantu membuat senyawa ikat
  • Penyembuhan luka

Sebuah studi yang ditampilkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 10 gram kolagen peptida oral dalam minuman pada waktu tidur mengalami peningkatan kadar kolagen kulit dan struktur keseluruhan setelah 4 minggu. Selain itu, mereka mengalami tingkat hidrasi kulit yang lebih baik setelah 8 minggu.

Antioksidan

Antioksidan dan enzim antioksidan dapat membantu mengurangi kulit kendur dan keriput dengan menetralkan spesies oksigen reaktif (ROS). ROS adalah senyawa yang dapat mengaktifkan jalur yang akhirnya menurunkan kolagen.

Antioksidan juga dapat membantu merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin. Contoh-contoh antioksidan hadir dalam beberapa makanan, minuman, dan suplemen gizi termasuk:

  • vitamin A, C, D, dan E
  • koenzim Q10
  • selenium
  • seng
  • epigallocatechin gallate (EGCG)

Banyak orang mendapatkan antioksidan yang cukup melalui makanan mereka. Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa mengambil suplemen antioksidan membantu mencegah atau mengurangi kondisi kulit.

Mengambil terlalu banyak vitamin tertentu terlalu lama, terutama vitamin A dan E, dapat menyebabkan efek samping, termasuk mual, muntah, dan sakit perut. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan efek samping yang lebih parah.

Penting untuk mengikuti dosis pada label ketika menggunakan suplemen. Orang-orang dengan kondisi kesehatan harus mendiskusikan mengambil suplemen dengan dokter mereka terlebih dahulu untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan atau interaksi dengan obat lain.

4. Pijat

Pijat dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fibroblas. Fibroblast adalah sel yang membantu menghasilkan jaringan ikat, seperti kolagen dan elastin, yang menjaga kulit tetap kencang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijatan dapat meningkatkan produksi mitokondria. Mitokondria memainkan peran penting dalam metabolisme jaringan dan seluler, dan ada hubungan antara disfungsi mitokondria dan penuaan kulit.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan cara terbaik menggunakan pijatan untuk mengencangkan kulit. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa menggunakan alat pijat kulit ringan selama 1 menit dua kali sehari selama 10 hari meningkatkan ekspresi molekul kulit, seperti procollagen-1, fibrillin, dan tropoelastin.

Studi yang sama juga menemukan bahwa menggunakan alat pijat setelah menerapkan krim anti-penuaan komersial pada wajah dan leher memperkuat efek produk.

5. Prosedur non-bedah

Dokter kulit dan ahli bedah kosmetik dapat melakukan prosedur nonsurgical yang dapat membantu mengurangi kulit kendur. Namun, prosedur ini tidak berguna untuk kasus kulit longgar yang parah karena hasilnya cenderung halus.

Prosedur non-bedah tidak melibatkan pemotongan atau tusukan dan biasanya hanya menyebabkan pembengkakan dan kemerahan sementara. Sebagian besar prosedur aman untuk digunakan pada semua warna kulit dan cocok untuk semua bagian tubuh.

Baca Juga : Dr Laser Merupakan Alat Terapi Akulaser Yang Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Banyak prosedur nonsurgical mengobati kulit kendur dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin di berbagai lapisan kulit, biasanya dengan menggunakan berbagai perangkat untuk mengirim panas di bawah kulit.

Contoh prosedur nonsurgical termasuk yang berikut:

Ultrasonografi

Ultrasonografi bekerja pada lapisan kulit terdalam. Kebanyakan orang melihat pengangkatan dan pengencangan secara halus dalam 2-6 bulan setelah perawatan pertama mereka dan melaporkan hasil yang lebih signifikan dengan perawatan tambahan. Efek dari perawatan dapat bertahan hingga 1 tahun.

Perawatan laser

Perawatan laser fokus pada lapisan luar kulit, yang disebut epidermis. Kebanyakan orang membutuhkan antara tiga dan lima perawatan untuk melihat hasilnya, dan perubahan biasanya terlihat 2-6 bulan setelah perawatan terakhir. Perawatan laser sangat berguna pada lengan atas dan perut.

Frekuensi radio non-bedah

Dalam bentuk frekuensi radio non-bedah, dokter kulit akan menempatkan alat pada kulit untuk memanaskan jaringan di bawahnya. Kebanyakan orang yang menggunakan metode ini melihat hasil setelah satu kali perawatan.

Dibutuhkan sekitar 6 bulan untuk perawatan guna mendapatkan efek penuh, tetapi beberapa orang merasakan pengetatan segera setelah prosedur. Dengan perawatan kulit yang tepat, hasilnya bisa bertahan selama 2-3 tahun.

Prosedur Nonsurgical di atas dapat Anda lakukan dengan cara mengunjungi klinik kecantikan di kota Anda. Saat ini sudah banyak tempat perawatan di kota-kota besar yang menyediakan layanan tersebut. Misalnya saja klinik kecantikan surabaya, jakarta dan Bandung.

6. Prosedur invasif minimal

Beberapa prosedur yang sedikit lebih invasif, yang sering menggunakan ilmu atau perangkat yang sama dengan prosedur non-bedah, dapat membantu mengurangi kulit kendur.

Contoh prosedur invasif minimal meliputi yang di bawah ini:

Frekuensi radio bedah

Bentuk frekuensi radio minimal invasif melibatkan memasukkan tabung kecil melalui sayatan kecil di kulit untuk mengirim panas ke daerah yang membutuhkan pengetatan.

Dokter sering melakukan prosedur ini pada leher atau lengan atas, dan itu dapat memberikan hasil dalam 1 bulan. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan anestesi lokal, dan kebanyakan orang perlu memakai perban kompresi selama 4-5 hari sesudahnya.

Cahaya berdenyut intens

Orang-orang sering menjalani perawatan dengan cahaya berdenyut intens dalam kombinasi dengan frekuensi radio untuk merawat kulit pada tingkat yang berbeda secara lebih efektif. Seseorang mungkin memerlukan serangkaian perawatan cahaya berdenyut intens untuk melihat hasilnya, dan kadang-kadang tidak cocok untuk mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap atau kulit kecokelatan.

Laser Pelapisan ulang

Laser resurfacing mungkin menjadi salah satu yang paling efektif dari semua prosedur non-bedah dan minimal invasif untuk mengobati kasus kecil kulit yang kendur.

Kebanyakan orang memerlukan 5-7 hari istirahat setelah prosedur dan biasanya melihat hasil 2 minggu setelah mereka sembuh. Pelapisan kembali dengan laser membawa risiko kecil untuk mengalami jaringan parut.

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai 6 Cara Mengencangkan Kulit yang Kendur. Semoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit cantik dan kencang.

sumber : alamatjalan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *