Yuk Simak, Cara Mengeringkan Buah Plum Dengan Mudah!

Cara mengeringkan buah plum– Buah kering merupakan sumber nutrisi yang baik dan mengandung vitamin dan mineral. Buah-buahan kering juga kaya akan gula alami.

Anda dapat membuat buah kering dari berbagai buah, termasuk anggur (sultana, kismis semak, atau kismis biasa), apel (irisan apel kering), aprikot, pir, persik, buah ara, kurma, plum, dan pisang.

Buah-buahan kering bisa menjadi makanan musim panas yang bisa dinikmati saat musim dingin atau musim hujan. Plus, Anda bisa belajar cara membuat buah kering dengan cepat.

Nah, kali ini mimin akan membagikan cara mengeringkan buah plum. Penasaran bukan? Yuk simak caranya dibawah ini !

Cara Mengeringkan Buah Plum Menggunakan Oven

Cara Mengeringkan Buah Plum
  1. Sebelum mengeringkan buah plum, rendam terlebih dahulu potongan buah plum, agar buah tidak berubah warna menjadi coklat saat dikeringkan.
  2. Pastikan Anda memilih buah yang sepenuhnya matang. Buah yang dihancurkan dan mentah (atau terlalu matang) biasanya kekurangan nutrisi, dan tidak mengering dengan baik.
  3. Cuci bersih buah yang akan digunakan. Bilas buah dengan air dingin dari keran dan gosok perlahan dengan jari Anda untuk menghilangkan kotoran yang terlihat.
  4. Letakkan buah di atas loyang datar yang telah dialasi kertas roti khusus memasak. Pastikan plum ditempatkan secara terpisah (tidak boleh ditumpuk), dan tidak saling menempel.
  5. Tempatkan loyang di oven. Panaskan oven dengan tingkat panas paling rendah (sekitar 50 derajat Celcius). Setelah oven dipanaskan, masukkan loyang yang berisi potongan buah-buahan ke dalamnya.
  6. Keringkan buah selama 4 hingga 8 jam tergantung pada jenis buah, suhu oven yang tepat, dan ketebalan irisan. Perhatikan buah yang dipanaskan untuk memastikan buahnya mengerut, tetapi tidak gosong.
  7. Keluarkan buah dari oven setelah airnya cukup keluar. Buahnya harus terasa kenyal saat dimakan, tidak renyah atau berair.
  8. Selesai. Buah plum kering siap dinikmati atau disimpan dahulu.

Baca Juga : 7 Resep Cara Membuat Manisan Buah Kering (TERLENGKAP) 

Mengeringkan Buah Plum dengan Sinar Matahari (di Luar Ruangan)

  1. Keringkan buah plum dalam cuaca panas. Suhu udara yang dibutuhkan untuk mengeringkan buah di luar ruangan adalah 30 derajat Celcius (minimal). Juga, perlu diingat bahwa metode pengeringan ini bisa memakan waktu beberapa hari, jadi pastikan buah mendapat paparan panas yang konsisten. Tingkat kelembaban cuaca harus di bawah 60% saat Anda mengeringkan buah. Selain itu, pastikan selama pengeringan, cuaca cerah dan berangin.
  2. Tempatkan buah di atas nampan. Pilih nampan yang terbuat dari stainless steel, fiberglass dilapisi teflon, atau plastik. Juga, letakkan buah di atas nampan datar. Anda juga bisa menggunakan nampan kayu, tetapi jangan gunakan nampan kayu hijau, pinus, cedar, oak, dan redwood. Juga, jangan menggunakan kawat (kawat logam galvanis) sebagai tempat meletakkan buah.
  3. Tempatkan nampan di tempat yang cerah. Tempatkan baki di atas tumpukan dua batu bata sehingga baki tidak duduk tepat di atas tanah. Tutup nampan dengan kain tipis dan biarkan buah di bawah sinar matahari langsung.
  4. Cobalah melapisi nampan atau loyang dengan foil atau aluminium agar lebih banyak sinar matahari yang terpantul sehingga proses pengeringan lebih cepat.
  5. Pindahkan nampan ke tempat yang teduh pada malam hari karena udara malam yang sejuk dapat mengembalikan kelembapan buah.
  6. Selesai, ambil buah plum kering setelah cukup dikeringkan selama beberapa hari. Pengeringan dengan cara ini biasanya memakan waktu beberapa hari. Amati perkembangannya beberapa kali sehari sampai buahnya tampak keriput dan kenyal.

Pengeringan Buah Plum Menggunakan Dehidrator

Cara Mengeringkan Buah Plum simak
  1. Atur perangkat ke pengaturan buah (berlabel “fruit/buah”). Jika perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki pengaturan ini, atur suhu perangkat ke 57 derajat Celcius.
  2. Keringkan buah plum selama 24 hingga 48 jam. Tempatkan buah plum berjauhan di rak dehidrator dan jangan menumpuk potongan buah di atas potongan lainnya. Waktu pengeringan akan bervariasi tergantung pada jenis buah yang dipilih dan ketebalan potongan. Namun, biasanya setelah satu atau dua hari, buah kering Anda sudah siap dinikmati.
  3. Periksa buah setelah 24 jam pertama untuk mencegah buah hangus. Setelah itu, periksa setiap 6 hingga 8 jam.
  4. Ambil buah kering. Jika sudah matang, buah akan terlihat mengkerut namun terasa kenyal. Tekan atau peras buah dengan hati-hati. Saat ditekan atau diperas, buah akan terasa cukup kaku karena kandungan air pada daging buah sudah hilang.
  5. Selesai, buah plum kering siap di sajikan maupun disimpan terlebih dahulu.

Demikianlah cara mengeringkan buah plum , semoga arikel ini bermanfaat untuk kita semua yaa, selamat mencoba dan semoga berhasil ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *