Kasur Busa Vs Kasur Kapuk! Mana yang Lebih Menyehatkan?

Kasur Busa Vs Kasur Kapuk

Membandingkan antara kasur busa vs kasur kapuk memang sangat menarik. Apalagi kedua jenis kasur ini memang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Kira-kira dari keduanya, mana yang lebih menyehatkan?

Jika perbandingannya dilihat dari sudut pandang kenyamanan, rata-rata jawabannya sangat subjektif. Kenapa? Sebab ini kembali lagi soal selera. Ada seseorang yang lebih nyaman tidur di atas kasur busa. Namun ada juga yang justru lebih nyaman tidur di kasur kapuk.

kunjungi juga web tentang cuci springbed bandung

Oleh sebab itu akan menjadi lebih menarik jika perbandingannya dari sudut pandang kesehatan saja. Artinya, dari kedua jenis kasur ini, jenis kasur mana yang lebih menyehatkan?

Kelebihan Kasur Busa

Kasur busa menggunakan bahan material busa yang sebelumnya sudah mengalami proses kimiawi terlebih dahulu. Proses kimiawi ini dikenal dengan polyurethane. Salah satu kelebihan dari kasur busa adalah mudah mengikuti bentuk tubuh orang yang tidur di atasnya.

Wajar saja jika banyak yang mengatakan kasur busa memberikan kenyamanan yang maksimal. Namun yang patutu disayangkan adalah kasur busa tidak memiliki sirkulasi udara. Itulah kenapa banyak yang mengeluhkan panas ketika tidur di atas kasur busa. Utamanya saat malam hati.

Meskipun demikian, banyak ahli tulang dan ortopedis yang menganjurkan menggunakan kasur busa ini. Utamanya untuk mereka yang sering mengalami nyeri otot. Atau untuk mereka yang mengalami kelelahan kronis karena sering tidur di kasur spring bed.

Cara Merawat Kasur Busa

Dari segi perawatannya, kasur busa terbilang cukup mudah. Tugas Anda hanya perlu menjemurnya secara berkala. Jemur kasur busa di bawah terik matahari secara langsung. Tindakan ini dimaksudkan agar jamur dan mikro organisme yang ada pada kasur bisa mati.

Tujuan lain dari menjemur kasur busa adalah agar tidak lembap. Sehingga kasur tidak menjadi sarang mikro organisme yang berpotensi mengganggu kesehatan Anda. Apalagi untuk Anda para penderita asma. Tindakan perawatan lain yang bisa Anda lakukan adalah pasang seprai pada kasur busa. Tujuannya sudah pasti agar kasur tidak mudah kotor.

cek dan baca juga halaman cuci sofa Bandung

Kelebihan Kasur Kapuk

Kasur kapuk dikenal sebagai jenis kasur tradisional di Indonesia. Kelebihan utama dari kasur ini adalah kemampuannya yang sangat maksimal dalam menyerap panas. Sehingga tetap terasa nyaman meskipun cuaca sedang terik-teriknya sekalipun.

Namun ada beberapa kelemahan dari kasur kapuk ini. Misalnya saja seperti cepat kempes dan usianya pun tidak begitu lama. Alias kurang awet jika dibandingkan dengan kasur busa. Belum lagi kasur ini seringkali dijadikan sarang utama berbagai kutu.

Debu juga mudah sekali menempel pada kasur jenis ini. Belum lagi serpihan kapukyang sering keluar dari dalam kasur berpotensi mengganggu sistem pemapasan orang yang tidur di atasnya. Bisa dikatakan jika kasur kapuk sangat tidak bersahabat untuk mereka yang memiliki riwayat alergi debu.

Tips Praktis Bersihkan Kasur Kapuk

Jika dirawat secara benar, kasur kapuk bisa menjadi pilihan untuk mereka yang menginginkan kenyamanan saat tidur. Artinya Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan kasur kapuk. Dengan demikian, potensi bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan kasur jenis ini bisa diminimalisir.

Sebenarnya cara membersihkan kasur kapuk pun sangat mudah dan simpel. Untuk membersihkannya ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

Tahapan pertama, ambil cairan pencuci piring sebanyak satu sendok makan. Setelah itu campur dengan air secukupnya pada wadah yang bersih. Ambil sikat halus lalu sikat permukaan kasur dengan menggunakan larutan pencuci piring tadi.

Tahapan kedua, panaskan kasur kapuk di bawah sinar matahari langsung. Setelah selesai di jemur, pukul-pukul kasur dengan menggunakan penebah atau sejenisnya. Sebenarnya ada cara yang lebih simpel lagi untuk membersihkan kasur kapuk, yakni dengan menggunakan vacuum cleaner.

Pada dasarnya baik itu kasur busa maupun kasur kapuk memiliki kelebihan dan juga kelemahannya masing-masing. Selain itu dari segi kenyamanan, keduanya sama-sama nyaman. Artinya penilaian dari kasur busa vs kasur kapuk bisa dikatakan kurang lebih sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *