Ketentuan Dan Cara Pembuatan PT setelah diberlakukan UU Cipta Kerja

Salah satu wujud usaha yang dikenal penduduk adalah PT atau Perseroan Terbatas. PT bisa diartikan sebagai wujud badan usaha di mana modal dikumpulkan dari investor saham.

Bagi yang mengidamkan memicu PT, telah sewajarnya untuk mencermati keputusan yang tertuang di di dalam UU No. 40 Tahun 2007 berkenaan Perseroan Terbatas. Selain itu, juga perlu mencermati UU No. 11 Tahun 2020 berkenaan Cinta Kerja, gara-gara ada lebih dari satu keputusan di UUPT yang diubah sejak berlakunya UU Cipta Kerja.

Ketentuan Cara Pembuatan PT sehabis diberlakukan UU Cipta Kerja
PT didirikan oleh sekurang-kurangnya 2 orang pemegang saham atau lebih
Masing-masing pemegang saham perlu mengambil bagian saham sehabis PT didirikan. Akan tetapi aturan ini bisa gugur atau tidak berlaku apabila:

PT yang sahamnya adalah milik negara / BUMN


– Badan Usaha Milik Daerah
-Badan Usaha Milik Desa
-PT yang masuk kategori UMKM
– PT yang mengelola bursa efek, Lembaga kliring ataupun Lembaga yang berkecimpung di pasar modal
-PT Dibuat Berdasarkan Perjanjian Tertulis Di Antara Pemegang Saham
-Perjanjian tertera di pada pemegang saham, sekurang-kurangnya 2 orang atau lebih. Perjanjian tertera yang dibikin nantinya akan tertuang di di dalam akta otentik di hadapan notaris. Perjanjijan perlu dibikin bersama gunakan Bahasa Indonesia.

Modal Dasar Pembuatan PT

UU no. 40 Tahun 2007 mensyaratkan bahwa pembuatan sebuah PT perlu modal. Di mana modal dibagi 3, yaitu modal dasar, modal di tempatkan dan modal disetor.

Modal dasar merupakan keseluruhan nominal modal saham PT yang disebut di di dalam Anggaran Dasar.

Sesuai bersama UU No. 11 Tahun 2020 berkenaan cipta kerja, maka besaran modal dasar disesuaikan bersama keputusan pendiri PT. Artinya tidak ada lagi batas minimum modal dasar PT, kalau bagi PT yang melakukan aktivitas usaha spesifik (perbankan, asuransi).


Modal Ditempatkan merupakan jumlah saham yang telah diambil alih oleh pemegang saham/ pendiri sekiranya gara-gara terjual tetapi belum terbayar secara penuh.

Oleh gara-gara itu, pemegang saham yang telah mengambil saham memiliki kewajiban untuk menyetor ke PT.


Modal Disetor adalah modal yang diambil alih oleh pendiri PT akan disetorkan ke Kas PT. Jumlahnya adalah 25% dari modal dasar dan dibuktikan bersama bukti sah penyetoran dari Bank.


Susunan Penanggung Jawab Terbatas
Terdiri dari Direksi, Dewan Komisaris dan Rapat Umum Pemegang Saham. Ketiganya mempunyai tugas dan tanggung jawab yang saling melengkapi demi kelancaran PT.

-Prosedur Pembuatan PT
-Mempersiapkan Data PT

Adapun hal-hal yang perlu disiapkan pada lain :

Nama PT

Nama PT lebih-lebih dahulu perlu diajukan kepada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (DJAHU). Nama yang diajukan perlu orisinil, tidak bertentangan bersama ketertiban lazim dan tidak gunakan alur angka atau huruf yang tidak membentuk kata

Tempat domisili PT

Alamat PT perlu tercantum terhadap pas mendirikan PT. Alamat PT perlu serupa bersama daerah di mana PT berikut beroperasi. Namun pas ini, pemakaian Virtual Office diperbolehkan, bersama catatan aktivitas usaha bukan merupakan yang dilarang untuk beroperasi dari virtual office.

Menjelaskan Maksud dan Tujuan pembuatan PT

Maksud dan obyek pembuatan PT perlu serasi bersama Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang versi terbaru. Saat ini acuan KBLI yang dipakai adalah KBLI tahun 2020.

Tertuang Nama Pengurus PT

Pengurus PT terdiri dari Direksi dan Dewan Komisaris.

Direksi bertugas untuk mengatus jalannya aktivitas sehari-hari PT

Dewan Komisaris adalah pengawas semua aktivitas dan juga jadi penasihat Direksi.

Membuat Akta Pendirian PT

Notaris akan memasukkan data-data yang telah disiapkan tadi ke di dalam proses Administrasi Hukum Umum (AHU) secara online. Saat ini AHU telah terintegrasi bersama OSS.

Pengesahan Status Badan Hukum PT

Perseroan akan memperoleh status badan hukum sehabis didaftarkan kepada Menteri

Mengurus Izin usaha dan Izin Komersial

Dengan kehadiran OSS, maka semua keperluan yang perihal bersama perizinan telah terintegrasi. Jadi prosesnya jadi lebih gampang dan praktis.

Begitulah cara pembuatan PT terhadap tahun 2021. Apabila tahapan di atas telah terpenuhi maka perseroan Anda akan bisa beroperasi bersama lancar dan legal. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *