Penanganan yang Wajib Dilakukan Setelah Digigit Tungau

Gigitan tungau

Gigitan tungau tidak boleh dianggap sepele. Apalagi jika yang digigit itu bayi atau anak yang masih kecil. Gigitan serangga yang super kecil ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Yang paling awal dirasakan tentu saja gatal di bagian tubuh yang digigit tungau. Sering kali, hal ini disertai dengan naiknya suhu badan. Terutama jika bayi atau anak balita yang digigit.

baca juga: vacuum tungau jakarta

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang menjadi treatment khusus yang perlu segera dilakukan setelah digigit tungau. Apa saja itu?

  • Gunakan Obat Oles Khusus Gigitan Tungau

Ada lho obat yang khusus untuk mengatasi gigitan tungau. Ini obat yang ada kandungan antitungau. Misalnya saja crotamiton atau lindane. Kedua obat oles ini tepat sekali untuk diaplikasikan pada kulit setelah digigit tungau. Obat semacam ini bisa mengurangi rasa gatal.

  • Mandi dengan Air Hangat

Jika anak atau siapa saja terasa gatal di bagian tubuh tertentu yang disebabkan oleh gigitan tungau, sebaiknya langsung mandi. Dan mandi seharusnya menggunakan air hangat. Selama gatal itu masih terasa, sebaiknya mandi menggunakan air hangat, jangan air dingin. Ini juga membantu mengurangi rasa gatal setelah digigit tungau. Setelah mandi, Anda bisa oleskan obat oles antitungau.

baca juga: jasa bersih kamar mandi jakarta

  • Oleskan Bedak

Selain obat oles, Anda juga bisa taburkan bedak di sekitar area yang digigit oleh tungau. Terutama jika muncul bentol-bentol di kulit. Di area itulah yang sebaiknya Anda taburi dengan bedak.

Setidaknya tiga treatment itulah yang segera harus Anda lakukan. Namun, Anda harus tahu itu bukan yang utama. Tetap saja Anda harus mencari di mana sarang tungau berada.

Bersihkan tempat tidur Anda. Ganti seprei dengan yang baru. Seprei yang lama sebaiknya dicuci. Kasur atau springbed juga seharusnya dijemur. Akan lebih baik lagi jika Anda meminta bantuan jasa sedot tungau. Karena percuma saja jika Anda mengganti seprei yang baru tapi ternyata tungau masih bersembunyi di sela-sela kasur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *